triplet's mom...

Thursday, September 27, 2007

hobby baru balqiz

balqiz lagi seneng ndorong-ndorong sepedanya.
kalau cuaca lagi bagus, dan AlifBa sehat biasanya pagi dan sore mereka pasti keluar rumah sekedar buat jalan-jalan di seputaran rumah. biar gak suntuk-suntuk amat di dalam rumah dan biar banyak juga teman mainnya.

biasanya mereka berdua naik ke sepeda gandengnya dan didorong sama si suster atau si mbak Ida. tapi akhir-akhir ini balqiz gak mau naik, dia mau dia yang ngedorong thu sepeda. alhasil si kakak dibuatnya tak berdaya didorong-dorong deh sama adiknya. kadang biarpun si alifah udah teriak-teriak protes pengen turun dari sepeda, bosen. tetep aja kalo balqiz belum puas ngedorong ya teteup kekeuh surekeuh maunya ngedorong terus!!

dan balqiz tahu kalo misalkan dia dibantu buat ngedorongnya.... wah pasti deh langsung teriak protes nunjukin kalo dia gak mau dibantu....


video

Labels:

Sunday, September 23, 2007

pe-er (lagi?!!)

Duh shella, masa seh aku kudu ngerjaiin pe-er nya mpe 2x ya..... kan sama aja gitu aku-aku juga yang ngerjain, katanya gak aci..., hiks hiks hiks.... tapi gak papa deh, sebagai murid yang baik hati dan tidak bandel, teteup nurut kok ma bu guru shella, jadi nih aku kerjaain lagi deh pe-ernya :

Undang-undang Tag:

  1. Each blogger must post these rules
  2. Each blogger starts with eight random facts/habits about themselves
  3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their eight things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names
  4. Don't forget to leave them a comment telling them they've been tagged and to read your blog.

8 Facts About Me:

  1. Selalu positif thinking terhadap orang lain, jadi terkadang dimanfaatin ma orang-orang tertentu. kalo dah gitu Lilies sahabatku suka ngomelin aku... disuruh jadi orang jahat aja.
  2. Gampang ngelupain kesalahan orang, ya udah kalo emang dia udah ngakuin kalo dia salah, ya udah buat aku dah selesai titik. bahkan terkadang walopun gak ngaku pun, aku juga suka lupain ya mungkin karena berkaitan dengan yang nomer 1 itu tadi.
  3. Gampang banget keringetan, terutama kalo lagi panik.... duh pasti deh langsung basah semua badanku ma keringet sampe nempel di baju gitu, jadi suka malu kalo terjadinya di depan khalayak ramai.
  4. Sehari bisa bolak-balik mandi, gara-gara gampang keringetan itu jadinya sehari bisa 3-4 kali mandi, terutama kalo mau pergi keluar rumah. makanya suka sebel kalo harus mendadak pergi... dan waktunya mepet, gak bisa mandi dulu.
  5. Plin plan, ini salah satu sifat yang suka bikin si abang sebel ma istrinya, sedang berusaha buat ngilanginnya.
  6. Doyan makan coklat dan ice cream, pasti ada stock-nya di kulkas, dikasih seberapa pun pasti abis.... (shella, coklat-mu kan yg ngabisin aku, bukan anak-anak hehehehe...)
  7. Badan ku keik punya weker sendiri, kadang duluan aku yang bangun daripada weker-ku bunyi... pasang weker mah cuma buat jaga-jaga aja supaya gak bablas tidur lagi.
  8. Maniak ma teh panas, hehehehe.... bune salma mpe heran pas satu saat cetingan eh, aku cerita kalo lagi minum teh panas padahal sebelumnya aku udah bilang kalo udara lagi panas banget.... dah gitu gak tahu kenapa ya kalo bukan aku yang bikin sendiri pasti deh gak bisa pas rasanya.
Shella!! Puas sudah ya dikau..... dan karena semua udah pada dapet pe-er yang ini, gak aku terusin ya... cukup deh sampai di sini aja.

legakah diriku?......hohoho rupanya tidak temans!!! masih ada pe-er satu lagi neh di timpuk ma mpok Novee yang bikin mikir bin ngubek-ngubek memori di dalam lemari otakku, mencari-cari arsip lama. dan pe-er nya akhirnya aku ubah dikit ya... bukan Anak Kecil waktu Tahun 80-an (soale pas 80-an aku udah bukan Anak Kecil lagi...) jadi inilah yang ada di arsip memori-ku :

Anak Kecil waktu Tahun 70-an;
TV cuma ada TVRI doang, kalo punya yang warna udah bagus banget... soale punya nenek-ku masih item-putih dah gitu yang model lemari buffet gede begitu, di bagian layarnya keik ada lemari lipetnya. Ada session iklan-nya setengah jam sebelum Dunia Dalam Berita. dan kalo udah Dunia Dalam Berita berarti waktu tidur-ku juga sudah dimulai. Jam 9 malem

Minum Susu-nya susu KLIM, kalengnya gede banget dan warnanya kuning terang dengan tulisan warna coklat. masih beredar gak ya thu susu?

Sepedanya sepeda mini warnanya biru, bagian sadelnya thu panjang cukup buat berdua dan di bagian belakangnya keik ada sandarannya. trus di setangnya kiri kanan ada rumbai-rumbai pitanya

Tas sekolah yang ngetop waktu itu merek President, model tas koper gitu pake bukaan klep di bagian kiri kanan warnanya kalo gak item ya coklat, punya ku warna hitam. dan saking gedenya thu tas bisa ditaruh di tengah-tengah meja buat batas supaya temen sebangku gak nyontek ato kalo pas lagi marahan (hehehehe... konyol gak seh!)

Majalah anak-anak judulnya SI KUNCUNG dan BOBO. gak terlalu inget juga ma isi si kuncung keiknya sih model majalah ilmu pengetahuan dan aku pernah menang ngisi TTS-nya dapet hadiah langganan gratis selama 3 bulan-an. trus karakter di BOBO masih ada bibi Titi Teliti, paman Gembul, Kakek-Nenek, Bona, Nirmala-Oki, dan wujud karakternya blom keik sekarang ini, dan kok aku lebih seneng ma yang jadul itu, lebih nyeni aja.

Jajanan seru ada permen cicak, permen karet bulet-bulet yang warna warni dan gak ada bisa boong kalo abis makan thu permen karena warnanya-nya nempel di lidah, ada lagi permen karet yang bentuknya kotak kecil di tiap kemasannya ada gambar tato-tatoan gitu, coklat superman yang tipis dan manis banget, ada lagi permen rokok manis banget dan emang bentuknya plus kemasannya keik rokok bikin aksi-aksian ngerokok, ada lagi permen kojek yang juga warna warni

Duit, 5 perak dan 10 perak masih laku buat dibeliin jajanan dah gitu dapet banyak lagi... bentuk duit 10 perak itu lho yang kecil banget warnanya perak/ tembaga gitu... sepupuku pernah ketelen thu duit saking kecilnya (ada yang sempet koleksi gak ya thu duit?) mpe kudu ke dokter sgala.

ngefans banget ma chicha koeswoyo, mpe dibelain juga manjangin rambut dan dikepang dua biar keik chicha koeswoyo

belum ada mall, adanya ya pasar dan toko-toko kecil biasanya tiap toko cuma jual 1 jenis barang aja, keik toko sepatu, toko baju dah gitu tengah hari pasti pada tutup buka lagi menjelang sore.

di sekolah masih diterapin yang namanya hari senin periksa kuku telinga dan rambut, nyiapin tangan di atas meja dan sang guru keliling kelas sambil bawa penggaris kayu atau rotan yang siap buat mukul kuku tangan yang tidak terpotong.

gak usah pake diomelin, dimarahin ma orangtua kalo punya salah atau kebandelan, baru juga dipelototin mata ma ibu-bapak udah mengkeret takut....!! sekarang? duh alifah mah malah ketawa cengar cengir yak kalo dipelototin ma bundanya.

Olahraga favorit, kasti. benernya namanya juga anak kecil ngkali ya demen aja lari-lari jadi bukan maennya yang dipentingin tapi larinya. warna bolanya merah dari karet isinya sabut kelapa, kerasnya minta ampun dan kalo kena lemparan thu bola lumayan bikin memar memar di badan.

Tempat maen, belum ada timezone jadi tempat maennya di pematang sawah, pinggiran sungai mpe pernah kecebur segala, trus yang namanya lapangan masih luas banget (ato karena aku anak kecil ngkali jadi liatnya luas banget). Jenis permainannya juga lebih banyak dimaenin rame rame plus di luar rumah, keik petak umpet, engklek (apa bahasa indonesianya?), galasing, ada juga loncat karet whuaaa bikin roncean karetnya panjang dan kalo bisa punya yang roncean double mpe 3 bangga deh... ada juga maen congklak yang bijinya masih asli ngumpulin dari biji sawo ato srikaya, maen bekel - keik yang dimaenin ma ais - yang bolanya warna warni dan biji bekelnya mpe 10.

udah ya novee... kelar kan pe-ernya!! dan keiknya pe-er ini aku limpahkan kepada ;
  1. shella (bukan balas dendam lho shell...)
  2. bune salma
  3. isma
  4. evan
  5. wulan

kira-kira yang ada dimemori masa kecil mereka keik apa ya? hehehehe...

Friday, September 21, 2007

posting borongan....

setelah hampir seminggu terkapar dengan sukses karena serangan "asma" yang lumayan parah, yang sempat membuat aku harus berargumen dengan dr.Iwan,SpP supaya tidak perlu njalani rawat inap di rumah sakit!! yang sempat juga bikin aku harus menguras dompet lumayan dalem karena obatnya mahal banget!! yang membuat aku harus kembali terpasung dengan sukses di tempat tidur, yang membuat aku harus "tidak puasa".... Alhamdulillah, sekarang aku sudah sehat kembali, udah nggak sesak napas lagi, udah bisa puasa lagi, udah bisa nge-blog lagi!!! hore........

Senin, 17 September 2007
hehehe... setelah rencana ini rencana itu, plan A, plan B dan plan Z yang akhirnya gak ada yang cocok dengan budget yang mepet, akhirnya bunda putusin aja bikin goodie bag's buat dibagiin ke teman-teman alifah-balqiz dan sepupu2-nya. isinya ya biasalah cemilan anak-anak gitu plus tambahannya kotak kue, trus ada juga lho coklat warna warni dari tante shella... asli enak lho dan bentuknya yang lucu-lucu!! (shell, dibantuin promosi neh). karena ulang tahunnya pas di bulan puasa jadinya ya goodie bag itu dianter-anterin aja ke rumah temen2nya alifah-balqiz. pas malamnya aja setelah shalat taraweh, ya cuma keluarga yang deket aja yakni kung&titi, keluarga adik-adikku aja ngumpul buat baca doa, dan potong kue sekaligus buka kado. Alhamdulillah, tahun ini berkah banget karena dapat kado-nya banyak banget dari mana-mana. dan yang lebih penting lagi lebaran gak perlu beli baju!! hehehehe.... (asyik kata ayah... hemat duit thr).

ucapan terimakasih alifah dan balqiz buat semua sanak keluarga, sahabat yang udah kasih ucapan selamat dan doa buat alifah balqiz lewat sms, email, SB, Comment Blog.... muach... muach... sun sayang dari alifah balqiz.

terimakasih juga buat :
ayah, asyik balqiz bisa dengerin musik lagi, alifah punya rumah-rumah dong!
titi&kung, kado bajunya dan "kado"-nya
lik dias, kado bajunya buat lebaran ya... banyak banget
lik nna, doain aja alifah balqiz cepet gede badannya jadi bisa cepetan dipake baju tidurnya
bude ninda & mbak salma, tahu aja deh kalo alifah lagi seneng ma strowberry shortcake dan balqiz suka banget ma lagu&doa religi
tante shella, udah direpotin ma pesenan coklat-nya dan kado baju tidurnya keiknya masih nunggu ya buat dipakenya, kegedean hehehehe...
adik zua, waaa pas balqiz lagi suka pake rok... tapi sabar dulu ngkali buat dipakenya...
michele, boneka pandanya lucu
mas aryo, hehehe.... drum-nya buat rebutan thu!!








Selasa, 18 September 2007
pas bangun sahur.... whuaaaa kok badan rasanya semakin aneh gini ya!! emang seh semalam thu setelah selesai beres-beres bubaran acara potong kue-nya kembar, sempet aku yang mun*** dan dengan segera disusul dengan sesak napas. tidurpun dengan susah payah baru bisa lelap. langsung aja feeling, nih sesak napasnya udah gak keik biasanya... sempet manggil tukang pijet buat pijet, tapi bukannya makin enak tapi sebaliknya badan kok makin remek gitu rasanya. akhirnya sore berangkat juga ke rs Haji buat ke dr. Iwan, SpP setelah disuntik emang sesak napasku jadi reda dan karena aku ngotot gak mau dirawat akhirnya dibekelin dengan segepok obat diantaranya obat buat inhalasi..... duh sempet terbelalak aja seh begitu nebus ke apotek, mahal banget.... tapi ya daripada dirawat ya sudah dengan rela hati thu obat diambil juga. pokoke kudu bedrest di rumah, kudu inhalasi tiap 8 jam... dan banyak banget kudu-kudu yang udah di warning ma si dokter itu!! huuh....

Rabu, 19 September 2007
Alhamdulillah setelah 3 kali inhalasi.... lega juga akhirnya dadaku, udah gak terlalu sesak napas. whuaaa... sempet dapet sms dari Shella, mau nengokin!! hehehe.... ya monggo deh....

Kamis, 20 September 2007
Alhamdulillah semakin membaik, udah sempet ke rumah ibu sebentar walopun akhirnya cepet cepet pulang lagi gara-gara sempet sesak napas lagi.... lagian seh sok hebad!! udah pecicilan gitu...

Jumat, 21 September 2007
Alhamdulillah semakin membaik lagi, udah gak sesak napas sama sekali, tapi pagi ini tadi masih kudu inhalasi 1x lagi... selesai deh!! semoga gak ada lagi ya serangan keik begini. sebenernya seh aku jarang banget yang kena serangan asma keik begini, bahkan udah lupa deh kapan terakhir kali serangan parah begini. paling-paling kalo pun sesak napas, dengan obat yang emang selalu sedia di rumah dan beberapa semprotan dari Bricasma Turbohaler udah ketolong.... ya mungkin juga kecapeanku kali ini emang udah parah banget ngkali ya.... sebulan terakhir kemaren emang hampir gak ada brentinya beraktifitas di luar rumah.

Dan..... olala!!! begitu buka blog dan email hari ini!! penuh banget inbox-ku ya. Dah gitu dapat timpukan pe-er yang sama dari 4 sahabatku, bune ninda, shella, widi dan jeng tia..... wah sambil usep-usep kepala neh..... sakit bok!! hehehehe....

Undang-undang tag :

  1. Each blogger must post these rules
  2. Each blogger starts with eight random facts/ habits about themselves
  3. Bloggers that are tagged need to write on their blog about eight things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names
  4. Don't forget to leave them a comment telling them they've been tagged and to read your blog.

berhubung postingan kali ini pemeran utamanya si kembar jadi Facts/ habits about Alifah Balqiz aja yach.....

Tidur harus pake AC...
gak si alifah gak si balqiz, kalo tidur kudu pake AC..... itupun malem-malem masih suka keringetan dan kudu digantiin bajunya dalam tidurnya!!

HP-maniac...
anak dua itu sama-sama hp maniac... kalo si balqiz suka dengan ringer tones dan hasil hasil rekaman suara-suara yang tersimpan di memori hp. kalo alifah pasti gak bisa liat hp nganggur langsung diambil dan ditenteng kemana-mana

Mandi sehari 3x...
mandi pagi, siang setelah makan siang dan sore.

Habis mandi kuterus jalan-jalan....
kalo udah dimandiin dan ganti baju, maunya langsung jalan-jalan.... gak bisa ditawar-tawar deh!! (kecuali abis mandi siang, tidur soale)

Loncat-loncat...
kalo ini adalah spesialisasinya balqiz, kalo dibiarin bisa seharian dia loncat-loncat di tempat tidur.

Kalau tidur kudu remang-remang...
ini mah ngikutin habits ayahbundanya aja ngkali ya (hehehehe....)

Kalo makan...
Alifah maunya makan sendiri, balqiz selalu pegang dulu makanan yang mau dimakannya baru masukin mulutnya.

Bangun tidur...
alifah langsung ON, langsung turun sendiri dari tempat tidurnya sambil bawa botol susu dan saputangan buat ditaruh di dapur dan di tempat cucian. balqiz bangun tidur kudu mulet-mulet dulu kudu bermalas-malasan dulu baru bisa ON

Akhir dari postingan borongan ini, aku dapat award dari si mpok Novee.. katanya wujud tanda sayangnya ma aku.... whuaa.... senengnya!!


udah ya... keiknya temans semua udah pada dapetin pe-er yang sama, dan award yang sama. jadi aku gak ngelempar lagi ke temans, tetapi buat temans yang blom kebagian dan kalo mau dikerjain ya monggo aku persilahkan.

huah... akhirnya selesai juga postingan aku yang panjang ini... maafkan daku ya temans belom sempet mampir BW ke rumah kalian.. masih gak sanggup lama lama di depan kompi neh soale, ini aja juga udah ngap ngap!! MET WIKEN...

Monday, September 17, 2007

Doa Ayah Bunda

Ya Allah Ya Rabb
Dini hari ini genap sudah 2 tahun
Engkau Ijinkan hamba mengasuh mendidik membimbing
Anak-anak kami

Ya Allah Ya Rabb
hamba sadari bahwa mereka bukan milik hamba
Ya Allah Ya Rabb
anak-anak kami hanyalah titipanMU

Ya Allah Ya Rabb
tiada kata lain selain syukur Alhamdulillah
yang terucap dari mulut kami

Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah kami untuk masih mempunyai rejeki
diberi kekuatan
diberi kesehatan
diberi ketabahan
untuk terus bisa mengasuh mendidik membimbing mereka

Ya Allah Ya Rabb
tiada kata lain selain syukur Alhamdulillah
yang terucap dari mulut kami

Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah mereka menjadi anak-anak Sholehah
dalam bimbingan kami

Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah mereka menjadi anak-anak yang berbakti kepada kami
kedua orangtua mereka
dalam asuhan kami

Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah mereka menjadi anak-anak yang bermoral
dalam didikan kami

Ya Allah Ya Rabb
tiada kata lain selain syukur Alhamdulillah
yang terucap dari mulut kami

Ya Allah Ya Rabb
limpahi anak-anak kami dengan sehatMU
limpahi anak-anak kami dengan rejekiMU
limpahi anak-anak kami dengan berkahMU
limpahi anak-anak kami dengan mata bathinMU
yang lebih tajam dari mata lahiriah

Ya Allah Ya Rabb
tiada kata lain selain syukur Alhamdulillah
yang terucap dari mulut kami

Anak-ku Alifah Aishah Utami dan Balqiz Baika Utami,
selamat ulang tahun ke-2
Al Fatihan buat anakku Almarhumah Tantri Tamayanthi Utami,
rindu ayahbunda untuk memeluk dan menciummu nak,
Insya Allah, satu hari nanti kita akan dipertemukan kembali dalam pelukan ayah bunda

Ya Allah Ya Rabb
tiada kata lain selain syukur Alhamdulillah
yang terucap dari mulut kami

Amien- Amien- Amien Ya Rabbal Al-Amien

Sunday, September 16, 2007

AlifBaTa part 6

Sabtu, 17 September 2005, tengah malam, terbangun karena pengen pipis… nimbang nimbang akhirnya aku mencet bel juga manggil perawat buat bantu pasang pispot. Sebenarnya dilemma buat aku kalo pas bedrest begini adalah urusan ke kamar mandi. Kok ada rasa segen gitu ya bolak balik manggil perawat buat urusan pipis…. Tapi mau gimana lagi dong? Gak mungkin juga pake kateter kan!! Berhubung di infus makanya sering juga buat pipis (ada hubungannya gak seh?) nah kalo pas malem-malem begini ini yang bikin aku bingung… segan aja, mau manggil perawat takutnya mereka juga lagi ada kesibukan lain, mau mbangunin abang kasian juga…

pukul 02.00 wib dini hari aku terbangun lagi….pengen pipis (lagi!!) aku lihat abang tidur meringkuk di sofabed, selimutnya udah jatuh ke lantai. Masih sambil mikir mikir… mau ngebangunin abang, atau manggil perawat………. Lagi mikir dan mikir…. Tiba tiba…

Zcessss… keik ada yang meletus dan ngerembes!!
Langsung refleks aku teriak…
“Abang!!” alhasil meloncat dengan sukseslah si abang dari sofabed kaget dengar teriakanku, sekaligus beberapa saat kemudian pintu kamar juga terbuka karena rupanya aku juga refleks memencet bel panggilan ke ruang perawat.

Ada apa.. kenapa?... sakit?” si abang udah keliatan kalo panik
“pecah ketuban!!” aku cuma bisa ngomong gitu karena perutku langsung mules hebat. Kontraksi! Diperiksa sama perawat.. benar pecah ketuban, udah bukaan 5!!

“jangan panik jangan panik….!! Ya im, tenang… jangan panik” Kata abang sembari mondar mandir gak karuan di sisi ku…. Aku sambil nahanin mules mpe ketawa juga liat abang….ngomong “jangan panik jangan panik…” tapi keiknya yang panik dye deh…. Bukan daku! Mau panic gimana kalo daku masih terpasung dengan sukses di tempat tidur begini… kan dye yang sibuk mondar mandir gak karuan sekitaran kamar….. xixixixi…. Sampe akhirnya si abang nyadar langsung deh nyari hp buat nelponin ke rumah ibu.

Sesuai prosedur ngkali ya, sang perawat manggil bidan dari lantai 1, setelah diperiksa lagi sama bidan, baru didoronglah aku menuju ruang observasi untuk persiapan melahirkan di lantai 1. dan gag tahulah dimana si abang, aku udah gag terlalu konsen dengan keberadaannya, mengingat rasa mules dan kontraksi di perutku. yang aku inget sih perasaan gag lama ibu bapakku dianter ma adik iparku tiba-tiba udah datang. Karena gak ada persiapan buat operasi jadinya gak puasa dulu kan… dikasih deh satu sendok milanta, konon katanya biar gak mun*** (bener gak seh?) jadi, aku ngerasain sakitnya double ya temans, mules kontraksi keik mau melahirkan secara normal karena pecahnya air ketuban, plus ngerasain sakitnya abis operasi Caesar. Lengkap!!

Jam 04.00 wib aku masuk ke ruang bersalin. Disana sudah siap menunggu team dokter, yang aku kenali cuma dr. Setyo, DSOG-ku dan dr.Idham Amir, DSA. Kalo gag salah masih ada 2 dokter lagi yang ndampingi dan beberapa perawat.

Nah ini dia… karena aku menjalani proses operasi Caesar, untuk pembiusan kan dilakukan di tulang ekor, disuruh bersila dan kemudian membungkuk. Mana bisa!!! Buat bersila aja susah… apalagi ngebungkuk!! keganjel ma perut yang segede-gedenya itu… pengen rasanya nimpukin dokter anastesinya… soale dia yang rada ngomel ngomel gitu karena aku gak bisa ngebungkuk!! akhirnya sampe kudu dibantuin 3 orang perawat buat ngebungkukin badanku supaya thu jarum suntik obat bius bisa masuk!! Tolong….

Karena operasiku ini adalah operasi dengan kategori high risk, si abang gak boleh ikutan masuk buat ndampingi. Dan benernya sih jujur aku lega juga si abang gak pake acara ndampingi aku… bisa bisa thu dokter ma perawat sibuk ma si abang yang pingsan dengan suksesnya daripada ngurusin aku…. xixixixi…

Karena pengaruh obat bius, gag terlalu ngeh juga dengan proses operasinya, disamping itu karena gag pake kacamata ya jadi low vision berat aku, minus 6 gitu lho!! padahal samar samar aku benernya bisa liat dari pantulan cermin diatasku apa aja yang lagi dikerjain thu para dokter dengan perutku. Dan sempet juga ngikutin obrolan mereka, sempet denger ada suara lagu lagu tapi gag ngeh juga lagu apa itu. Rada rada ngantuk soale.

Sampai akhirnya terdengar suara tangisan yang ngelengking banget.
“Ibu ini G1*, lengkap”
Alifah Aishah Utami, 04.25 wib, 1010 gr, 35 cm


2 menit kemudian….
terdengar lagi suara tangis yang lebih pelan, seperti suara tersedu sedu
“Ibu ini G2*, lengkap”
Balqiz Baika Utami, 04.27 wib, 920 gr, 34 cm


2 menit kemudian….
tidak terdengar suara tangisan…. selang 1 menit baru terdengar suara tangisan yang lirih...
“Ibu ini G3*, lengkap”
Tantri Tamayanthi Utami, 04.29 wib, 600 gr, 28 cm



*G1 = gemili 1 = kembar ke 1
*G2 = gemili 2 = kembar ke 2
*G3 = gemili 3 = kembar ke 3



d'n

Saturday, September 15, 2007

AlifBaTa part 5

Minggu 11 September 2005, sejak pagi aku udah ngerasain kontraksi yang cukup sering dan semakin kuat rasanya juga tidak nyaman… udah bolak balik ngeluh sama abang. dari majalah/ buku yang udah aku baca kok ya punya feeling aja kalo kontraksi ini beda dari hari-hari sebelumnya…keik tanda-tanda mau melahirkan. Saat itu macem macem yang ada didalam benakku, kuatir sih jelas karena seharusnya aku memang belum waktunya untuk melahirkan. benernya udah beberapa hari aku sebelumnya aku juga sering banget ngrasain kontraksi bahkan udah sempet periksa juga ke RS Haji tapi menurut dr. Setyo gak ada yang kuatirnya, hanya kontraksi palsu saja. tapi yang terakhir ini yang teramat sangat tidak nyaman dan itu tadi punya feeling aja kalo kontraksi ini beda aja *sok tahu mode on plus ngeyel* , Cuma ya waktu itu emang abang lagi agak sibuk ngebantuin tetangga sebelah rumah yang mau ngadain acara 40 hari meninggalnya Ibu Emma….. jadi ya keluhanku Cuma ditanggapin ma abang sepintas sepintas dan wanti wanti aja supaya aku gak turun dari tempat tidur.

akhirnya menjelang tengah hari, abang nyoba buat menghubungi dr.Setyo, DSOG-ku kok ya langsung di instruksikan buat segera ke Hermina langsung ke ruang bersalinnya.…… whuaaaa…. kok ruang bersalin seh!!

dianter deh sama ibu bapak dan abang kita berangkat ke Hermina. Mpe disana ternyata dr.Setyo sudah meberikan instruksi pembuka kepada perawat diruang bersalin. Dan setelah diperiksa ternyata aku sudah mengalami pembukaan 2!! Duh sebel banget gak sih bolak-balik kudu “periksa dalem”…. Usia kandunganku masih 29 minggu. Segera di pasang infus buat menghentikan kontraksi dan kembali aku di instruksikan untuk tidak banyak bergerak alias bedrest lagi! Buat makan aja harus disuapin juga keperluan yang lain-lain….

Setelah semalaman… kontraksi bisa dihentikan. Berharap kandunganku bisa bertahan setidaknya hingga 40 minggu. Waks… masih 11 minggu lagi dong!! Uff…. Dan semalaman berada di ruang observasi adalah siksaan buat aku. Gak bisa tidur walaupun ngantuk banget…. Dah gitu mana sendirian di dalam kamar itu, nyesel juga kenapa aku nyuruh si abang buat tidur aja di kamar perawatan. Tapi pagi pagi setelah subuh abang udah turun lagi ndampingi aku. Gimana gak tersiska kalau semalaman itu aku harus mendengar ada 7 orang ibu yang sedang proses melahirkan…. Ada yang normal ada yang harus operasi Caesar juga. Mana pada lomba kenceng teriak dan merintih mengaduh…. Whuaaaa…..

Akhirnya karena kontraksi-ku sudah bisa dihentikan, aku bisa pindah ke ruang perawatan… leganya minta ampun deh. Menjaga berbagai kemungkinan, aku diberi suntikan penguat paru-paru buat bayi-bayiku. Gag enak banget reaksi dari suntikan itu. Tiap kali di suntik pasti badanku langsung bereaksi aneh, ada rasanya gag nyaman…. Suntikan diberikan 3x dalam jangka 1 minggu. Wes badanku udah teramat sangat besar sekali… naiknya gag tanggung-tanggung 35 kg dalam waktu 30 minggu. Buat berpindah posisi aja aku harus dibantu. Pegelnya itu lho… wes jan pol banget. Karena aku gag bisa dalam posisi berbaring telentang pasti langsung sesak napas jadi ya kudu miring kanan miring kiri. Yang nemeni aku dirumah sakit saat pagi mpe sore ya gantian aja siapa yang bisa, kadang ibu, kadang si mbak, kadang adikku. Kalo malem giliran abang yang nemeni aku. Benernya seh gag tega juga liatnya karena udah capek ma urusan kerjaan e kudu nginep pula di rumah sakit.

Tanggal 16 september 2005, dirumah ibu diadakan pengajian syukuran dalam rangka 7 bulan kandungan aku, dan kandungan adikku yang sedang hamil anak ke-3 juga. Dan hari itu juga infusku dilepas, karena kontraksi sudah berhenti, sama sekali.


tobe continued...

Friday, September 14, 2007

AlifBaTa part 4

Memasuki masa kehamilan, sudah tidak ada lagi bedanya dengan masa kehamilan temans, yang berbeda mungkin karena hamil lebih dari 1 bayi, cepat sekali berat badanku naik, bawaannya laper mlulu dan maunya selalu minum tehmanis dingin!! Gag doyan minum air putih, langsung mual. Dan karena kehamilan ini adalah high risk, DSOG-ku menyarankan untuk bed rest, alias gag boleh ngeluyur gag boleh banyak gerak. Sempat ngalamin pendarahan memasuki bulan ke-2 yang membuat diri terpasung dengan sukses di RS Haji - Jakarta selama 27 hari.

Pendarahan yang aku alami cukup bikin stress berat aja... ketakutan akan keguguran besar sekali. Sepulang dari Penang, aku usahakan banget emang tetap bed rest di tempat tidur. cuma ya itu dia, ternyata kalo bed rest di rumah, godaannya berat banget ya. beda aja kalo kepaksa bed rest keik waktu di Penang, ato di rumah sakit. karena emang gak ada godaan aja. kalo di rumah kan ada aja alasan "pembenaran" untuk turun dari tempat tidur. yang ada telpon-lah, yang suntuk di dalam kamar-lah, pengen duduk ngadem di teras-lah, yang pengen ke rumah ibu-lah... wes pokoke godaannya banyak banget.

dan sepulang dari Penang itu sempet yang blom mau kontrol ke DSOG, karena rencananya setelah 2 minggu di Jakarta kita mau kontrol dulu terakhir ke Penang lagi. dan yang terjadi adalah.... pas bosen di kamar karena cuma sendirian di rumah, aku bangun dan nyeberang deh ke rumah ibu. waktu itu ibu udah bilang "dah dibawah aja gak usah naik, nti ibu aja yang turun..." dasar gak sabar dan ngerasa "hebad" ya dijabani deh thu tangga, naik juga. ngobrol sana sini ma ibu.... karena tiba-tiba ngerasa badan panas dingin aku pulang.

dirumah, pas ke kamar mandi.... whuaaaaaaaaa seketika nangis bombay karena liat bukan flek lagi tapi bener-bener darah yang keluar. langsung cepet cepet baring dan nelponin semua orang.... tergopoh gopoh lah ibuku datang, kemudian adikku dias, karena liat ibu dan adikku datang tergesa-gesa akhirnya tetangga kiri kanan ikutan pulak datang.... mereka maunya aku cepetan dibawa ke rumah sakit, tapi aku maunya nunggu si abang pulang dulu!! *pembangkangan yang menyebalkan kata ibuku* whuaaa... 1001 macam udah berkecamuk di dalam benak. akhirnya si abang sampai juga dirumah setelah bolak-balik ditelpon oleh orang sekampung *hiperbola banget deh* dan rumah sakit besar yang paling dekat dari rumah adalah RS Haji. wes saat itu udah gak milih lagi mo DSOG-nya siapa pokoke yang lagi praktek saat itu dan yang pasiennya paling sedikit. dan keberuntungan inilah yang mempertemukan aku dengan dr.Setyo Hermanto, DSOG, dokter yang teramat sangat baik hati dan perhatian ke aku. gak ada tawar menawar lagi, kudu bed rest. karena setelah di usg, memang ada robekan di kantung janin-ku.... whuaaaaaaa nangis bombay lagi deh. bukan sekedar bed rest lagi... tapi juga meminimalkan semua gerakan yang gak perlu. jadi bukan berarti aku di tempat tidur trus boleh balik sana balik sini, miring sana miring sini.... alhasil ya itu tadi terpasung di ranjang rumah sakit selama 27 hari!!

bulan ke-3 kehamilan barulah diketahui persis berapa bayi yang menghuni didalam rahimku. keik simlabim aja rasanya. dr.Ng Peng Wa di Penang cuma memprediksi bahwa bayi-ku lebih dari satu dilihat dari jumlah hormon kehamilan yang diatas angka normal. dan saat awal-awal kehamilan yang terlihat memang hanya ada 1 kantung janin saja. sampai masuk bulan ke-2 juga masih sama hingga keluar dari rumah sakit setelah bed rest pun kantung janin yang tampak masih hanya ada 1. barulah di awal bulan ke-3 terlihat ada 2 kantung janin, dan 2 minggu kemudian, wow... ternyata di dalam 1 kantung janin terakhir terdapat 2 janin. sehingga bisa dipastikan bahwa aku akan menimang triplet!! kembar 3!!!! jadi kemungkinan perdarahan yang kemarin aku alami adalah gugurnya 1 janin (ada 4 embrio yang ditanam).

Masuk bulan ke 4, kembali harus bed rest di RS Haji selama 2 mingguan. ada gejala kuning/ hepatitis tapi ternyata Alhamdulillah bukan…kalo menurut DSOG-ku karena hormon kehamilan (bahasa awam) yang ada didalam tubuhku lebih dari jumlah normal makanya aku ngerasain masa mual-mual yang amat sangat hebat. Bener bener gag ada lagi makanan yang masuk karena langsung keluar lagi… sampe akhirnya hampir dehidrasi sehingga membuat kulitku pucat cenderung kuning. itupun sempet aku yang gak mau dirawat gitu, alias rada-rada trauma setelah sempet hampri sebulan di rumah sakit. aku maunya dirawat aja dirumah, gak apa apa kalo kudu diinfus segala tapi tetep dirumah... ya mana bisa!!!

Kondisi badanku baru mulai nyaman setelah kandunganku masuk bulan ke-5. mulai deh sempet beberapa kali pergi ke mall, bahkan kita sempet berlibur nginep agak ke luar kota. ceritanya seh dalam rangka ulang tahunku, bapak ngasih hadiah rame-rame jalan-jalan dan nginep.

Masuk bulan ke-6 badanku sudah teramat sangat besar sekali, membuat aku dah gag bisa leluasa buat bergerak lagi. Bisanya cuma tiduran aja di tempat tidur. Disamping itu aku semakin sering ngerasain kontraksi yang membuat DSOG ku teramat sangat kuatir. Sampai akhirnya blio dengan sangat berbaik hati memberikan semua nomer telepon baik handphone, maupun telpon rumah, beserta alamat rumahnya lengkap dan jadwal blio dalam satu minggu ber-praktek dimana saja, supaya jika terjadi sesuatu kita bisa segera menghubungi blio. Dan dengan berat hati pula blio menyarankan agar kita berganti rumah sakit. Karena di RS Haji fasilitas untuk ruang ICU bayi belum ada, sementara blio sudah bisa memastikan bahwa nantinya bayi-bayi-ku memerlukan ICU begitu dilahirkan. Dan blio juga sudah bisa memastikan bahwa bayiku akan terlahir premature dengan berat badan lahir yang rendah. sebuah resiko yang sering terjadi pada kehamilan lebih dari 2. Alhamdulillah blio juga ber-praktek di RSIA Hermina-Jatinegara yang mempunyai salah satu ruang ICU bayi terbaik di Jakarta. Jadi kita hanya berganti rs saja tidak berganti dokter.


tobe continued..

Thursday, September 13, 2007

AlifBaTa part 3

Hingga tiba waktunya kembali lagi ke Penang, saat berangkat kali ini aku berangkat sendirian. Karena kalo abang ngebarengin bakalan kelamaan cutinya dan gag terlalu banyak manfaatnya kalo ikutan berangkat ke Penang saat itu.

Mulailah njalani perawatan dan terapi lagi di rumah sakit, terapi suntik tetap dilakukan, karena apato deket ma rumah sakit jadi aku milih untuk datang ke rumah sakit buat suntik hormon, sekalian ya itu-itung jalan-jalan keluar dari apato, bosan ajakan sendirian di apato gag ada temen. sempet juga seh jalan-jalan agak jauh keluar dari lingkungan rumah sakit dan apato. ke mall dan pantai di Guerney, dan ke Komtar, gedung yang tinggi banget dan dari puncak gedung itu keliatan deh Penang dan sekitarnya. cuma karena aku jalan-jalannya sendirian, berasa iseng aja dan akhirnya malas buat berlama-lama. sebenarnya ada sih beberapa teman baru yang sama-sama sedang berobat dan kita tinggal dalam 1 gedung apato juga.

oya, waktu itu kan bulan februari 2004, masih banyak banget saudara-saudara kita korban tsunami Aceh yang lagi dirawat di rs Lam Wah EE. dan hebatnya lagi... mereka gag dipungut biaya untuk pengobatan, dokter, dan layanan rumah sakit!! alias gratis. salah satu dari mereka adalah Ibu Herawati dan mas Andika (dimana ya mereka sekarang, apakabar? semoga sehat-sehat) Ibu Hera ini punya diabetes melitus, dan punya luka yang cukup lebar di kakinya karena terkena kayu saat terhanyut air gelombang laut. dari keluarga inti Ibu Herawati yang selamat ya hanya Ibu Hera dan mas Andika putra bungsunya, sementara suami dan 2 orang putrinya hilang. sedih juga saat ngobrol dengan mereka dan mendengar ceritanya. oleh dokter di sebuah rumah sakit di Jakarta, Ibu Hera sudah mau diamputasi aja kakinya karena lukanya itu tetapi kemudian Ibu Hera memilih untuk berangkat ke Penang mencari second opinion dan Alhamdulillah saat berobat di sini, bisa sembuh tanpa perlu di amputasi.

selain terapi suntik yang harus tiap hari, juga dilakukan usg vaginal tiap 2 hari sekali untuk melihat perkembangan dari sel telur… duh kesiksa banget kan plus menyebalkan!! Hingga akhirnya sang dokter memberi aba-aba bahwa si abang sudah waktunya buat bertugas.. (hehehehe....) alias kudu datang ke Penang dengan segera!! 10 Februari 2005, proses bayi tabung dimulai. Aku dibius lokal dilakukan proses pengambilan sel telur, sementara di ruangan lain si abang juga punya tugas yakni harus menyerahkan sel spermanya (gag usah dibahas ya gekmana ngambilnya). Posisi baring saat proses pengambilan sel telur adalah dijungkirin kepala lebih rendah dari kaki, berbaring kursi bersalin dengan kedua kaki terbuka lebar dan diikat kiri kanan (kata susternya biar aku gag berontak kalo kalo terasa sakit. sadis banget dah) benernya ya gag terlalu berasa sakit karena dalam kondisi dibius, cuma berasa gak nyaman, pusing dan ngantuk aja seh. Kata abang gag lama sekitar 1 jam-an.

jadi baik sel telur dan sperma yang udah diambil tadi, sama-sama dilakukan proses washing (gag pake deterjen lho ya, konon untuk menghilangkan efek alergi) kemudian sang sperma langsung disuntikkan ke dalam sel telur (nama tekniknya ICSI, lupa kepanjangannya apa) kemudian sel telur yang sudah disuntikkan sperma tersebut akan dibiakkan hingga menjadi embrio - bakal janin. kesemua proses tersebut dilakukan di dalam tabung steril, nah mungkin dari situlah kenapa dikenal sebagai bayi tabung.

Tanggal 14 Februari pagi kita ditelpon untuk datang lagi ke rumah sakit. Ternyata embrio calon janin bayi kita sudah siap untuk ditanam kembali di dalam rahim kita. Proses ini lebih menyakitkan daripada proses pertama karena kali ini aku tidak dibius. Posisi berbaring masih sama, kepala lebih rendah daripada kaki. Dan rasanya? Nano nano banget… segala macam alat masuk ke dalam va**na, dah gitu kedengeran aja bunyi bunyi suara logam alat-alat itu...wes pokoke…. Berbahagialah temans yang bisa hamil dengan cara “wajar”. Dari 11 sel telur yang berhasil diambil dan yang bisa diproses adalah 8 sel telur, setelah disuntikkan sperma terdapat 4 embrio yang memenuhi syarat kualitas, dan ke-4 embrio itulah yang ditanam kembali di dalam rahimku. kali ini waktunya cukup lama hampir 2 jam-an gitu. Satu malam nginap di rumah sakit, kemudian kita istirahat di apato.

itulah kenapa kebanyakan kehamilan dengan proses bayi tabung akan terjadi kehamilan kembar, karena memang embrio yang ditanam pasti lebih dari 1, dari beberapa teman yang berbarengan ikuti program ini, ada yang hanya berhasil 1, ada yang berhasil 2 dan ada yang gagal a.k.a keguguran.

Dan masa istirahat itu bener-bener yang namanya BED REST. Asli gag ngapa-ngapain selain baring di tempat tidur. Bangun dari tempat tidur cuma buat keperluan ke kamar mandi. Selain itu ya semua-muanya dikerjain di tempat tidur. udah persiapan dengan bawa buku novel banyak-banyak (yg bikin koper-ku jadi berat banget).

sebenarnya kalo dari Dr. Ng Peng Wa, boleh-boleh aja buat pulang ke Jakarta setelah proses penanaman embrio tersebut dan boleh-boleh aja untuk melakukan aktifitas seperti semula. hanya saja ngelihat pengalaman dari teman-teman yang udah pernah mencoba program ini dan juga inget ma pesan dari kak Ratna supaya total bed rest setelah penanaman embrio demi menjaga segala kemungkinan.

Abang cuma bisa nemeni aku selama 10-harian. Setelah itu adikku nna kemudian disambung lagi ma ibuku yang datang bergantian untuk nemani aku di apato. nah kalo mau tahu apa isi Penang, silahkan tanya ma si abang, nna (ada ceritanya di sini) dan ibuku aja ya… mereka dengan suksesnya bolak balik meninggalkan daku di kamar apato buat jalan-jalan (si Abang bahkan sempet nyeberang mpe Thailand!! whuaaaa…. ngiri..)

Saat ibuku datang dari Jakarta, disambut dengan kejadian lift mati sementara pagi itu aku ada jadwal periksaan di rumah sakit!! whuaaaa... apa yang terjadi temans? daku turun dengan tangga, pelan-pelan banget sambil pegangi perut!! sakit bo!! ngabisin waktu hampir sejam buat turun dari lantai 11..... kelar urusan rumah sakit, telpon dulu ke pemilik apato kita, nanyain udah jalan lagi belom thu lift... ternyata udah ya balik deh ke apato... sementara setelah itu, jadwalnya ibu dan nna buat jalan-jalan.... whuaaaa sendirian lagi di apato!!

tengah malam kita terbangun karena ngalamin gempa (gempa di sumbawa tgl 28/3/05)!! Kebayang dong paniknya aku, nna dan ibu.. apato kita adanya di lantai 11. kerasa banget ayunan gempa yang kita alami.. sementara otomatis listrik langsung padam dan lift gag berfungsi… lagi!! dilemma banget sementara aku tadi paginya kan udah turun lewat tangga.... masa turun lagi, sementara tadi pagi juga dokter udah warning gag boleh banyak bergerak… (sempat ada flek soale) sementara disisi lain takut ada gempa susulan!! Akhirnya A-Leng sang pemilik apato nemeni kita dan dengan beraninya dia bilang kalo kita gag usah turun, tetap di apato. Keputusan yang rada rada bodoh dan membahayakan!!

Alhamdulillah, 2 minggu setelah proses penanaman embrio di dalam rahimku, membuahkan hasil +. Dan hasil tes darah diketahui jumlah hormon yang sangat tinggi, DR. NG langsung memastikan bahwa bayi yang ada dalam kandunganku lebih dari 1 bayi. Sujud syukur aku persembahkan buatMU ya ALLAH. Hampir 10 minggu aku tinggal di Penang dan kita kembali ke Jakarta.

Kali ini pas perjalanan pulang, aman dan lega gag berasa deg-degan karena gak dibekelin ma obat-obat suntik lagi. obat biasa aja. dan kali ini dandan deh abis-abisan!! biar gak disamperin ma si bapak-bapak petugas lagi. setelah mendarat dengan selamat dan sukses, ibu jalan duluan menuju imigrasi dan ngurus bagasi, sementara aku jalan belakangan. lewati imigrasi dengan sukses... jalan dong dengan nyantai-nya daku...

tiba-tiba... haah!!! kok ada 2 orang petugas.... lho kok ada 1 lagi petugas yang lari lari menuju ke arahku... dan denger langkah langkah kaki yang berlarian juga dari arah belakang, pas noleh ke arah belakang haah.... kok dari sana lebih banyak lagi petugas yang sedang lari-lari!!.......... ada apa lagi neh!! apa salahku? langsung lemes badangku dan tibalah mereka kemudian dalam hitungan cepat tiba-tiba saja mereka langsung meringkus seorang wanita muda yang tadinya berjalan santai juga di sebelah aku!! langsung lemes kakiku............ whuaaaaaaaaaaa kok ya ada ada aja kejadian seh. ternyata sang wanita tersebut sudah diincar dari singapore sedang membawa paket narkoba!! begitu penjelasan dari temenku (dia kerja di bandara) yang kebetulan liat aku berdiri lemes lunglai nyender ditembok!!


tobe continued...

Wednesday, September 12, 2007

AlifBaTa part 2

Sempat juga kegagalan itu membuat kita berdua rada-rada patah semangat. Tapi Alhamdulillah, masih diberi kemudahan dari Allah SWT, ketemu dengan kak Ratna, seorang teman yang sudah berhasil njalani program bayi tabung di Penang maka berangkatlah kita berdua ke sana. Asli jujur kita berdua blank banget dengan tujuan kita kali ini… Penang – Malaysia. Tapi ya sudahlah Bismillah aja kita berangkat ke sana.

Sampailah kita di Lam Wah EE Hospital dan kita ditangani oleh DR. NG PENG WA (masih bujangan lho dokternya… ada yang berminat?). Semua pemeriksaan yang pernah kita jalani di Jakarta… kudu kita jalani lagi di sini…. whuaaaa… tapi hasilnya cukup menggembirakan. Terbantu dengan berbagai macam terapi yang sudah kita jalani di Jakarta sebelumnya, hasilnya menurut dokter bagus. Jumlah, bentuk, pergerakan sperma hasilnya lebih bagus dari test terakhir. Test darah-ku pun menunjukkan bahwa nilai ACA atas darahku sudah normal kembali. Luka setelah laparoscopy sudah menutup dengan bagus. Alhasil kita dinyatakan dalam kondisi yang sehat dan kita bisa segera menjalani proses bayi tabung itu.

Namun tetapi… karena saat kita datang ke Penang setelah masa menstruasi, maka baru di bulan berikutnya kita baru bisa njalani program. Pulang kembalilah ke Jakarta dengan bekal sekardus obat… suntik lagi!!! TOLONG DEH….. berbeda dengan obat yang lalu, suntikan kali ini adalah suntikan hormon dan kembali berlaku peraturan bahwa harus tiap hari dengan waktu yang sama pula… maka dengan suksesnya setiap pagi jam 7.00 wib aku kembali berurusan dengan jarum suntik!!...

Ada pengalaman yang bikin deg-degan sekaligus akhirnya menyebalkan… saat kita pulang ke Jakarta itu, salah satu tentengan kita adalah kardus obat suntik tersebut lengkap dengan jarum suntiknya!! Walaupun kita dibekalin surat surat dari rumah sakit, tetep aja dong perasaan was-was dan deg-degan itu terselip di hati.

Pas di bandara Penang dan KL tidak ada masalah… aman!! Karena mungkin ya mereka juga lihat thu kardus kan pake logo dari rumah sakit. Wes pokoke aku udah ngumpulin sederet nama dan nomor handphone dari teman-temanku yang bekerja di bandara Soekarno Hatta… persiapan kalo kalo...!! Alhamdulillah ngelewati imigrasi dengan sukses gag ada hambatan.. sampe deh kita di depan ban berjalan menunggu bagasi… selesai koper kita ngumpul semua, abang pamit mau ke toilet (kebiasaan *sigh* gag bisa liat toilet nganggur). Sambil nunggu, karena gag ada kursi ya aku duduk diujungnya troly barang.

saat itu aku lagi pusing banget, karena cuaca selama penerbangan emang gag terlalu bagus, banyak banget turbulensi….. tiba-tiba aja… ada petugas yang nge-datengin aku!! kaget, panik, deg-deg-an dong… yang ada dalam pikiranku adalah aduh obat-obatan aku neh bikin trouble!! Serta merta aku nyari tas kecil yang isinya surat-surat… ternyata thu tas dibawa sama si abang!! Yang ada ditanganku cuma paspor dan bukti bagasi koper…. duh mereka maunya apa neh… udah 1001 yang ada di kepalaku.

“Ibu… ibu silahkan lewat jalan sana…” sang petugas menunjuk satu pintu agak jauh dari tempat aku duduk di troly barang itu.
Ada apa pak?”
“Ya pokoknya ibu harus lewat jalan sana…”
“Untuk apa pak?”
“Udah deh ibu jangan ngeyel… ibu harus jalan ke sana, siapin surat-suratnya!!”
“nanti dulu pak… saya tungggu suami saya dulu, dia sedang ke toilet!!”
“nggak usah!! Nanti juga ketemu disana.. udah ibu jalan aja ke sana duluan..!!” mulai kasar deh thu perintah sang petugas…
“sebentar pak, saya tunggu saja suami saya”

Sempet aku udah nyari-nyari handphone disaku celana panjangku buat nyoba nelpon ke salah satu teman… tapi ternyata o ternyata… nomer handphone-ku masih ter-set untuk International Roaming jadi belum bisa dipake…!! menyebalkan juga neh Men**ri kenapa seh gag bisa langsung otomatis berubah…begitu kita nyampe.


karena aku terus ngotot gag mau nurut dia… rupanya mulai bikin sang petugas itu mulai tidak sabar.
“Ibu! Mana paspornya…” bentaknya lagi…
Jelas aja aku makin gag mau ngasih paspor-ku itu…. Kan gawat kalo thu bapak akhirnya melarikan pasporku…. Aku memilih buat diam sambil misuh-misuh dalam hati kemana sih si abang lama amat gitu di toilet ngapain aja…..

“kenapa Im?” ternyata diam-diam si abang udah ada di dekatku.
“Iya pak kenapa dengan istri saya?”
“O ini pak, silahkan jalan menuju ke arah sana….”
“Lho kenapa ke arah sana? Kita gag ada keperluan buat ke terminal 3 kok!!” si abang langsung aja ajak aku pergi dan ndorong troli kita buat keluar dari terminal 2.

huaaa….. ternyata temans… aku dikirain TKW yang baru pulang…. !! jadi pintu yang ditunjuk sang petugas adalah pintu menuju terminal 3, terminal khusus buat para TKI/ TKW yang baru pulang!! Whuaaaaaaaaaaaaaaa…………. Abang!! Istrimu dikirain TKW karena berbarengan dengan kita turun thu… pesawatnya emang dari Malaysia semua!!! Dan setelah itu baru nyadar dengan kondisi sekeliling…. Emang lagi banyak rombongan TKI/ TKW yang pulang.

note : tulisan diatas tidak bermaksud mendeskritkan teman teman TKI/TKW, ini hanyalah murni pengalaman pribadi


tobe continued...

Tuesday, September 11, 2007

AlifBaTa part 1

kalo udah masuk di bulan bulan akhir tahun, September, Oktober, November, selalu membawa berbagai macam perasaan yang berkelebat *halah bahasa opo tho…* dalam benak aku. Terutama selama 2 tahun terakhir ini. Gimana enggak, setelah menunggu selama 8 tahun, yang penuh dengan berbagai macam pernak pernik yang udah keik nano nano rasanya, akhirnya Allah SWT memberi ijinNYA untuk bisa mengijinkan memperoleh kembar 3-ku. AlifBaTa.

Perjalanan untuk bisa memperoleh AlifBaTa adalah perjalanan yang teramat panjang Sebenarnya kita berdua sudah dalam taraf yang teramat sangat pasrah. Dan sempat mengalami satu masa juga yang teramat sangat masa bodoh. Dan dimasa itu kita berdua bersikap menulikan telinga menutup hati. gimana gag menulikan telingan dan menutup hati kalo… setiap kali bertemu dengan sanak saudara, teman, dan entah siapa lagi… yang selalu menjadi topik pertanyaan adalah soal “anak”, samalah rasanya dengan teman yang mungkin mengalami berondongan pertanyaan soal “kapan kawin”. orang Endonesah banget kan. Kalo dah kuliah yang ditanya kapan lulus, udah lulus ditanya kapan kerja. Udah kerja ditanya kapan kawin, udah kawin ditanya kapan punya anak… bener-bener gocap tambah gocap = capek dee…

berawal dari sebuah artikel di majalah wanita femina. mengenai artikel bayi tabung (IVF) di awal tahun 2004, tiba-tiba aja tergerak hati untuk mencoba. Setelah survey beberapa rumah sakit di Jakarta yang menyediakan layanan program tersebut, akhirnya kita berdua memilih rsb BUNDA. Disana memang ada klinik tersendiri untuk menangani pasutri yang mengalami kesulitan…. (pssst… kita sempet berobat bareng ma maudy koesnady lho!).

dimulailah berbagai macam pemeriksaan, mulai dari test sperma, tes alergi, tes darah, dan yang namanya usg vaginal mah jangan ditanya lagi deh… bolak balik!! pokoke udah ilang deh thu urat malu. Sampai akhirnya ditemukan kista di rahim. kudu njalani laparoscopy (bener gag nulisnya?)

kelar dengan itu, hasil tes darah ternyata aku mengalami apa yang di sebut dengan nilai ACA+ yaitu kekentalan di dalam darah-ku diatas angka normal (jangan tanya ke aku lebih detail soal ini, gag terlalu ngerti). jadi karena kekentalan darahku diatas rata-rata berapa kalipun aku hamil tidak akan bisa bertahan lama karena kantong janin yang terbentuk tidak bisa menempel pada dinding rahim sehingga janin tersebut tidak akan bisa berkembang dan akhirnya akan mengalami keguguran. hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab aku mengalami keguguran hingga 3 x dalam kurun waktu 8 tahun itu.

walaupun kata sang dokter yang terjadi dengan diriku sifatnya hanya temporary… untuk menetralkannya gimana? Aku harus terapi obat, dan obatnya itu harus disuntikkan setiap hari dan harus di jam yang sama, posisi suntiknya adalah 2 ruas jari dibawah pusar. Jadi dengan suksesnya thu dokter membuat kulitku berbolong-bolong… hiks.. hiks.. karena harus dilakukan setiap hari dan jam yang sama… masa iya mo tiap hari ke rs yang letaknya nun jauh dari pondok gede gitu… akhirnya belajar untuk menyuntik sendiri!! Kenapa nyuntik sendiri? Soale ayah utam gag mau, ibuku juga gag tega… alhasil daku sendiri yang kudu ngerjain sendiri…

seiring dengan proses suntik menyuntik tadi… sang dokter mencoba untuk melakukan program IVF, singkat kata 2 kali kita njalani hasilnya adalah GAGAL maning!! GAGAL maning. Tetep aja sang menstruasi datang kembali.


tobe continued...

Friday, September 7, 2007

dzikir akbar part 2


setelah ber-dzikir bersama dan memberikan tausiyah-nya, ustadz H.Muhammad Arifin Ilham pamit karena blio juga akan menghadiri acara berikutnya (belakangan baru aku tahu dari teman yang kebetulan menjadi salah satu panitia acara ini bahwa blio sebenarnya sedang sakit, jadi pamitnya blio karena sakit... cepat sembuh ya ustadz!!)...



dan acara tausiyah dilanjutkan oleh ustadz Habib Ahmad Al Khaff. whaaa... tausiyah blio ini juga gag kalah nyeresep dihati..... melanjutkan tausiyah sebelumnya dari ustadz Arifin, ustadz Habib mengingatkan betapa banyak sekali "jalan masuk" syaitan menggoda umat Rasulullah, salah satunya yang teramat sangat menggoda adalah TELEVISI!! (wak... kena deh bunda!!)

inti tausiyah blio didalam menjalani bulan ramadhan ini, jangan sampai tergelincir oleh godaan syaitan TELEVISI yang juga mengatasnamakan tema ramadhan...

salah satu contoh yang dikemukakan oleh blio adalah; satu bulan yang lalu sinetron yang sedang marak dan pasti semua ibu-ibu tahu adalah : I*T*N!! blio dengan bercanda mengingatkan... jam berapa jam tayang sinetron tersebut? pukul 18.00 - 19.30 wib. nah jam segitu adalah waktunya untuk shalat maghrib dan isya.. Alhasil ibu-ibu bimbang dengan pilihan.. antara godaan sang I*T*N dan kewajiban untuk sholat!! akhirnya yang ada adalah dipilihnya shalat diantara jeda iklan... yang ada begitu masuk rakaat ke-3 pikiran sudah melayang-layang... antara khusyuk-nya shalat dan suara-suara dari sang I*T*N yang sudah memanggil-manggil kembali.....

tamat I*T*N, menjelang ramadhan sebuah tayangan baru berbalut nuansa islami sudah tayang... yakni SH*L*H*H!! dengan jam tayang yang sama pulak... tentunya kejadian tersebut diatas akan berulang kembali. alangkah ruginya puasa kita alangkah ruginya RAMADHAN kita dengan godaan tersebut!!

blio menyampaikan : seruan ALHAMDULILLAH jika ALLAH SWT masih memberikan kesempatan kepada kita bisa bertemu kembali dengan RAMADHAN bulan 1000 bulan, bulan yang penuh dengan berkah, bulan yang penuh dengan janji janji ALLAH kepada umat Rasulullah. semoga ramadhan kita kali ini mempunyai lebih banyak makna, lebih banyak lagi pahala dari ramadhan ramadhan yang telah lalu....

sahabatku semua, saudaraku semua : mohon maaf lahir bathin. mohon maaf atas semua kesalahan bunda dan keluarga bunda selama ini, maafkan tutur bunda, maafkan cerita bunda, maafkan tulisan bunda, maafkan komen-komen bunda, sekiranya tidak berkenan dihati sahabatku semua, di hati saudaraku semua. Kebenaran hanya milik ALLAH SWT, kesalahan ini milik bunda.

sucikan hati, sucikan pikiran, jalani Ramadhan dengan hati tulus.
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA
DAN
MOHON MAAF LAHIR BATHIN



*tulisan diatas tidak ada maksud bunda untuk memojokkan acara televisi tertentu, tulisan bunda hanyalah niatan bunda berbagi dan menyampaikan inti dzikir dan tausiyah yang bunda ikuti.

Wednesday, September 5, 2007

dzikir akbar

tadi pagi beramai-ramai dengan rombongan kecil-ku kita ke mesjid Babussalam, mesjid yang ada didalam komplek, udah dari beberapa hari lalu sudah terpampang spanduk dibeberapa tempat dilingkungan komplek, ada selebaran, undangan buat hadir dzikir akbar ini bersama Ustadz H. Muhammad Arifin Ilham. plus pengumuman kalo mulai jam 06.30 wib jalanan di depan masjid bakalan ditutup, tapi ya gag ngaruh banyak ke ayah utam, karena gag ada acara inipun, ayah utam jam 6 juga udah berangkat ke kantornya. berangkat ke mesjid dengan full amunisi perbekalan yang kira kira bakalan bikin si kembar nyaman berada di sana, mulai dari stroller, bantal, cemilan, susu etc (mau ke mesjid ato piknik ya?)

kalo dari jadwal yang tertera di undangan dan selebaran seh, kudunya acara dzikirnya mulai pukul 07.50 wib, tapi kan ini Endonesah gitu lho, yang kalo gag telad kok gak afdol ya *sigh*, soale kita keluar rumah aja udah jam 8.30 lewat ternyata ya acara juga blom mulai. karena emang niat bawa si kembar ke mesjid jadi sengaja datang telad supaya gag pake lama nunggu berbagai macam acara pembukaan, sambutan bla bla ini itu, supaya pas nyampe mesjid beneran langsung bisa ngikutin acara dzikir & tausiyah-nya.

akhirnya sang blio ini baru sampai di mesjid Babussalam ini pukul 09.10, segera deh acara dimulai. Alhamdulillah si kembar gag rewel-rewel amat pas acara, anteng aja mereka ikutan dengerin dzikir, terutama si balqiz ya yang emang udah keliatan banget kalo dia seneng banget ndengerin ayat-ayat suci. agak lega jadinya bisa ikutan khusuk ngikutin dzikir. tetapi menjelang dzikir selesai, mau mulai tausiyah, mulai deh tanda tanda si kembar rewel, rupanya mereka mulai bosen, mulai kepanasan berada dibawah tenda gitu, mulai ngantuk, akhirnya sikembar bersama suster yanti dan mba ida aku suruh pulang duluan.

seperti biasa deh kalo ngikuti dzikir bersama blio ini yang pinter banget mengoyak-ngoyak perasaan kita, pinter banget melembutkan kekeras batuannya perasaan kita... whuaaa mulai banyak yang nangis (termasuk aku, inget ma dosa yang bertumpuk!!)

inti dari tausiyah blio adalah ; menjelang bulan ramadhan ini bersihkan hati, bersihkan pikiran, mohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa kecil dosa besar kita, minta maaf kepada orangtua, kepada suami kepada istri, kepada sanak saudara, kepada tetangga, kepada para sahabat agar pada saat ramadhan tiba, hati dan pikiran kita sudah menjadi bersih sehingga memperoleh nikmatnya ramadhan, memperoleh pahalanya ramadhan dan memperoleh lailatul qadar ramadhan, menjadi putih bersih suci seperti bayi baru dilahirkan. Amien!

tobe continued...






Tuesday, September 4, 2007

mamamia lagi*


halah!!
masih urusan mamamia yak!!...
hasil akhir malam ini yang maju ke grand final minggu depan adalah :


Mitha, Margareth dan..... Fiersha
.





Ajeng dengan amat sangat menyesal ya... kudu out!!
(deenda mpe nangis bombay!! jampe-jampenya dah gag mempan buat nyelametin Ajeng) tapi..... ya gitu deh, jadinya antara seru dan gag seru, soale prosesnya jadi keik sinetron banget!!!

Monday, September 3, 2007

met pagi met hari senin....

met pagi, met hari senin, met beraktifitas ya.... (postingan yang gak penting banget!!)

maaf banget buat temen-temen ya, kalo akhir-akhir ini dan keiknya masih bakalan berlanjut di hari-hari mendatang gak sempet BW secara lengkap menyapa teman-teman semua. asli lagi ribed banget.... *ngelesdotcom pembenaran buat kemalasan* banyak banget urusan yang membuat daku harus keluar rumah plus meninggalkan anak-anak dirumah saja dengan si suster dan mbak. maafin bunda ya nak.... salah satunya urusan gugat menggugat asuransi-nya balqiz, trus hampir tiap hari judulnya adalah pergi sama ibu-ku dalam rangka persiapan segala pernak-pernik acara pernikahan adik-ku nti bulan nopember, capek bo...!! secara yang ditemeni adalah emak-emak yang gak sreg aja kalo gak membanding-bandingkan ini itu, mending kalo tempatnya deket-deket, tahu sendiri kan jakarta... tua dijalan, alias jamuran di dalam mobil saking kelamaan macet!! tapi gpp, demi Ibu-ku dan mensukseskan acara adik-ku yang satu ini, mantu terakhir soale.

wiken ini, heboh ma urusan kondangan!! hari minggu kemaren (2/9/07) sepupu-nya ayah utam nikah, karena tempatnya masih seputaran tomang, brencana sekalian deh pulang dari kondangan ya kerumah nenek, jadinya sudah niat buat ajak anak-anak. namun ternyata rencana tinggal rencana, pas malam minggu kemaren giliran balqiz yang tidur ma ayahbunda, lagi ninabobo-in balqiz yang udah ngantuk berat mau tidur, tiba-tiba whuaaaaa... balqiz mun*** langsung heboh ma urusan ganti sprei, nyeka badannya lagi. kelar heboh... nyoba lagi buat nidurin dia... tapi kok whuaaa..... mun*** lagi. heboh ke-2 kalinya dah buat ganti sprei plus nyeka badan, kali ini balqiz jadi marah banget... mungkin karena udah ngantuk berat trus tiba-tiba ngalami kejadian gak nyaman gitu, kudu bolak-balik di seka, alhasil nangis kejer plus berontak marah.




keiknya agak-agak masuk angin karena sorenya kelamaan ngkali maen sepeda ma bunda.... (lagi niat mo ngurusin badan dikit, biar nti pas pesta rada langsingan dikit gitoh!! halah..... mimpi)





pas minggu paginya, badan balqiz agak panas gitu, pertolongan pertama ya bunda kasih temp**, alhasil diputuskan oleh ayah utam kalo yang kita ajak cuma si alifah aja. balqiz ditinggal deh dirumah. plus me-wanti-wanti si mbak Ida dengan segala macam pesan!!

ada kejadian rada-rada bikin sport jantung pas kita lagi di tempat kondangan, ayah utam ajakin buat lihat akad nikah-nya (tumben banget ajah), sebenarnya ada alasan juga kenapa jadinya nghadiri akad nikahnya, karena ada pesan sponsor juga dari kung, tugas untuk ambil tiket-nya kung yang mau berangkat ke malang dan surabaya hari senin ini.... pas lagi khusuk ngikuti segala prosesi akad nikah gitu, tiba-tiba inget ma urusan tiket itu dan telpon-telpon ma nna tentang tiket itu, ternyata!! time limit buat ambil tiket itu adalah jam 11 dan jam 12, haah... sementara saat itu udah menjelang jam 10 pagi.... panik plus sebel jadinya kenapa juga gak ngingetinnya thu dari semalam pas ngasih tugas ke aku kalo ada time limit-nya... akhirnya setelah diskusi ma ayah, diputuskan aku kabur dari tempat akad nikah sambil ngumpet-ngumpet dari alifah supaya nggak tahu kalo bunda-nya pergi... whuaaaa mana tempatnya juga rada-rada berjauhan gitu, yang 1 ada di gedung Dharmala Sakti Jl Sudirman, yang 1 lagi kudu ambil di Jl Gunung Sahari.... alhamdulillah ketolong ma sepinya jalanan karena hari minggu pagi!! bikin sport jantung!!

ada foto lucu aja pas acara kondangan itu, bete plus sebel karena dicuekin ngkali ma para emak-bapak para bocah bikin konferensi sendiri.... entah apa yang lagi mereka obrolin, karena kita ngeliat-nya juga dari jauh aja,

kika : wawa, cia, alifah, safa, zidane

Alhamdulillah, pagi ini balqiz udah sehat lagi... udah berantem ma alifah lagi, udah di suapin lagi ma alifah, udah maen sepeda-nya lagi.... keiknya beneran cuma masuk angin.