Tuesday, October 16, 2007

cerita lebaran

Jumat, 12 Oktober 2007
Seperti yang sudah diduga dari awal-awal minggu bulan ramadhan, jatuhnya penetapan 1 syawal 1428 H kembali berbeda. sepanjang ingatanku selama menjalani lebaran bersama ayah utam, rasanya ya emang hampir tiap tahun deh ngerasain perbedaan ini. dan buat aku ya dinikmati aja, tidak perlu menjadi sesuatu yang diperdebatkan. keluarga ayah utam merayakan hari raya Idul Fitri 1428 H pada hari Jumat, 12 Oktober 2007.

seperti tahun lalu pula (setelah ada si kembar) ayah utam berangkat pagi-pagi sekali, sendirian ke tomang buat shalat Ied. sementara si kembar belum bangun aku dan suster yanti bergotong royong segera merapikan rumah dan packing ini itu buat keperluan selama kita berada di tomang, gak nginep seh.. cuma kok tetep banyak ya yang harus di bawa... dan karena emang selalunya tiap lebaran udah dipastikan kita gak pernah ada dirumah, emang dari dulu pas lebaran gak pernah masak yang khusus. kue lebaran juga beli aja, praktis dan udah pasti enak, buat pantesin pajangan meja.... hehehe.

udah hampir jam 10 pagi, aku baru bisa berangkat menuju tomang... itupun setelah beberapa kali ayah utam udah bolak balik telpon ke rumah.... sampai disana ya udah ramai deh sama seluruh keluarga inti H.M.Nadjib yang jumlahnya ada 37 orang itu... berbeda tradisi dengan keluarga aku yang pake sungkeman, di keluarga ayah utam tradisinya cium tangan dan peluk cium sambil mengucap permohonan maaf. dan 1 lagi tradisi lebaran yang amat sangat dinanti anak-anak adalah pembagian angpao... asyik!! menu lebaran di rumah mertua adalah ketupat, sayur godog, semur daging. trus jajanan yang khas juga di rumah mertua adalah dodol, geplak ler, dan tape uli.

bencana di hari raya adalah... dengan sukses handphone-ku dibanting sama balqiz!! duh... nak hape atu-atunya gitu lho... maafkan daku ya temans... tidak mengirim/ membalas ucapan hari raya kepada temans semua melalui sms!! selamat merayakan Idul Fitri 1428 H dan terimalah permohonaan maaf kami sekeluarga.

berhubung keluarga ayah dan ibu mertua-ku adalah keluarga besar dan tradisi di mereka adalah saling mengunjungi ke rumah-rumah... sebagai menantu ya berusaha menjadi menantu yang baik dan benar ikut juga dong berkeliling se-kawasan tomang.

Sabtu, 13 Oktober 2007
giliran aku dan suster yanti lengkap membawa alifah balqiz plus stroller-nya mereka berangkat sholat Ied di mesjid Babussalam di komplek rumah. selesai sholat ya skalian deh bersilaturahmi dengan tetangga-tetangga rumah yang hampir sebagian besar juga sholat Ied di sana... jadi urusan bersilaturahmi dengan tetangga nyaris selesai saat itu...

pulang dari sholat Ied, langsung ke rumah bapak-ibu, baru deh ayah utam ikutan gabung. setelah acara sungkeman dan pembagian angpao, makan dong!! menu tiap lebaran di rumah ibu adalah coto makassar lengkap dengan buras. hmmmm yummy (lupa, gak di poto)

selesai dari rumah ibu, siap-siap lagi buat meluncur kembali ke tomang, kali ini wilayah jelajah kita di sekitaran At-Taqwa, kemudian karena udah siang dan balqiz juga ketiduran, kita ke rumah kakek dulu. baru deh sore menjelajah di kawasan kota bambu dan sekitarnya, termasuk ke rumah 2 kakak ipar yakni nci ida kakak ipar nomer 3 dan nci rahma kakak ipar nomer 4. alifah seneng banget bisa liat kembang api dan petasan . balik lagi ke rumah ayah mertua... e ternyata di sana ada bapak-ibu lengkap dengan adik-adik-ku.

Minggu, 14 Oktober 2007
Hari ini juga genap 2 tahun meninggalnya adik Tantri Tamayanthi Utami, semoga Allah memeluknya dalam dekapan hangatNYA, kita ke makam tantri dulu, di sana alifah dengan polosnya dan tanpa rekayasa bin diatur-atur spontan bilang "adik" sambil pegang nisan... jadi netes air mata liatnya. Al Fatihah.

sempet sarapan soto mie dulu, banyak banget yang jualan makanan, dan banyak banget yang juga punya keperluan berziarah maupun memakamkan sanak keluarga mereka. Alhamdulillah seh, tpu pondok ranggon ini dikelola cukup baik, jadi gak ada gepeng, gak ada juga orang-orang yang bawa-bawa perlengkapan sapu dll buat nawarin ngebersihin makam, jadi kita bisa bebas berziarah tanpa risih dibuntutin.

udah ditelpon lagi ma kakak-kakak-nya ayah utam nanyain kita ada dimana, karena rencana hari ini kita akan menjelajah wilayah Tangerang. segera meluncurlah kita ke arah Petukangan kerumah Nurul, adik ayah utam. disana gak lama, lanjut menuju Cipondoh ke rumah nci yati kakak ipar nomer 2 dan terakhir ke rumah bang chaerul kakak ipar no. 1 di Duta Bintaro. Nah di rumah nci yati ini deh... lagi-lagi alifah bikin heboh... maunya ke pinggir kali aka sungai mlulu, di depan rumah nci yati emang kebetulan ada aliran sungai.... entah dia main apa aja mpe dekil banget!! duh nak.... kamu kan anak cewek gitu lho . sementara balqiz, tetep aja gelisah dan ngerasa gak nyaman. ini terkadang masih jadi kendala buat aku kalo bepergian dalam waktu cukup lama dan harus berada ditengah-tengah orang banyak.

Senin, 15 Oktober 2007
Sebenarnya, rencana awal hari ini masih mau lanjut giliran bersilaturahmi ke daerah timur, artinya, giliran rumah kita yang bakalan di satroni dan lanjut ke rumah nci yuni kakak ipar no 5 di Cibinong, tetapi karena semua udah kehabisan amunisi aka energi aka tenaga, Alhamdulillah dibatalkan dan baru minggu depan mereka akan datang ke rumah kita. lega juga seh... secara baju kotor sudah semakin menggunung dan lantai rumah debunya sudah 1 inchi... akhirnya seharian dihabiskan dengan kerja rodi berdua ma suster yanti, sementara ayah utam dapat jatah tugas beli makanan , gak masak soale, dan njagain alifah balqiz.... hehehehe... toss dulu ah ma ayah ya!! hmmm... pegel kan njagain si kakak yang gak bisa diem dan si adek yang maunya loncat trus. abis maghrib udah pada kecapean... tidur!!

Selasa, 16 Oktober 2007
Ayah utam udah harus kembali kerja, kembali kepada rutinitas lagi. berhubung asisten belum lengkap ya... masih kerja rodi. cerita-cerita seputaran lebaran yang masih tersisa... nti ya.. kalo ada waktu buat nge-blog lagi

dan ini foto-foto seputaran lebaran kemaren...





25 comments:

  1. Bude kok ga diajak sih ke Tomang?, hehe kan bisa gendong Balqiz tuh.. secara bude tenaga`nya sisa nih ga kemana².

    Seru ya.. wah angpaunya banyak bangettt.... *ngeces*.
    Wah iya tuh bisa buat beli HP baru bunda...

    Alifah dekil setaun sekali gpp dong, tetep imut n cantik kok.

    Bunda siapin tenaga lagi ya buat minggu depan?, ayo dong pijit²an ma Ayah!

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf lahir dan batin juga mbak.. Mungkin selama kita kenal aku tdk sengaja berbuat salah.. Liat foto lebarannya, membuat aku ingin mudik..

    Kabarku baik mbak... Lanjutannya silahkan baca di email ya mbak...

    ReplyDelete
  3. perbedaan itu adaaa ajaaa yaaa.... tapi semoga tidak membuat kita tercerai berai yaaa....

    mba prim...si suter gak mudik?...enak dong...ada asisten satu lumayannnn

    ReplyDelete
  4. Labaran pastinya sibuk ya..jadi kangen sama rumah.

    Alifah kamu main apa sih sampe dekil and kumel begitu? Mukanya cemong-cemongan gag?

    ReplyDelete
  5. Minal Aidzin wal Faidzin, mohon Maaf Lahir & Bathin yaa bunda...:)

    waahh ada coto Makassar + buras jg yaa?? nyammii... :)

    btw, Angpaonya Alifah&Balqis banyak ya?? bisa buat HP baru dunkz buat Bunda ;)

    ReplyDelete
  6. kayaknya, pasti capek yach mba keliling terus....,bakalan lama negh capeknya..mungkin ampe skrng masih berasa yach..pada pegel badan...!! hihihii..tapikan senang yach mba...

    ReplyDelete
  7. sama dng ma aku nih bund, abis mudik cucian numpuk abis...:0 abis itu, badan tepar juga...tapi tetep hepi gituh kan ya?

    ReplyDelete
  8. wah! pantesan sms ku ga dibalas oleh nya...

    ReplyDelete
  9. met lebaran yah .... wah ...saran aku...nikmatilah capeknya berlebaranan di indonesia ... itulah seninya yg bikin aku kangen banget tuk lebaranan di indonesia

    ReplyDelete
  10. Enak banget ya Mim! Banyak sodara banyak yang dikunjungi. Rinduuu aku jadinya ama suasana Lebaran.
    Hehehe untung ada tape uli kegemaranku, biarpun cuma gambar doank.
    Ya udah tuh, Alifah kayaknya lagi ngitung angpao buat beli hp baru.

    ReplyDelete
  11. Itulah seninya lebaran, walopun capek tapi senang ya mba', kan ketemu sodara

    ReplyDelete
  12. Asyiknya ya mbak bisa berlebaran bersama keluarga besar..banyak saudara...banyak yang dikunjungi.
    Aku di sini nggak ada saudara hiks....

    ReplyDelete
  13. wah cerita lebarannya seru mbak...ohya, minal aidin wal faidzin juga ya , mohon maaf lahir bathin,....

    ReplyDelete
  14. Biarlah perbedaan itu ada dan menjadi indah. Senengnya ngumpul bareng keluarga...rame, banyak makanan lagi.... bikin ngiler saja

    ReplyDelete
  15. keluarga misuaku juga lebaran tgl 12 :) wah mbak enak loh kalo punya keluarga besar lebih berasa gitu lebarannya hehhehe

    ReplyDelete
  16. toss ah bun, setrikaanku jg masi numpuk tp alhamdulillah si mbak dah balik. Ayah Utam liburnya cuma bentar yah?
    al fatihah buat de Tantri

    ReplyDelete
  17. padet bener tuh acaranya..AlFatihah juga buat almarhumah yah bun

    ReplyDelete
  18. Padat banget acara lebarannya. Aku nggak kebayang cuma capeknya aja tapi senang kan? Wong setahun sekali ini.

    Al-Fatihah buat adek Tantri ya..

    ReplyDelete
  19. Cape juga nih bun baca laporan lebarannya apalagi ngejalaninnya ya.. tp seneng dong ktmu banyak sodara sampe 37 orang gitu ya ckckck.. gak lupa Al-Fatihah buat alm.tantri semoga di lapangkan kuburnya, amin.

    ReplyDelete
  20. sama niy ama keluarga Ayah Ais, acara nya pake sayur godog n semurr... ada tape uli jugaaa... angpaonya banyak euy..

    ReplyDelete
  21. Lengkap nih report lebarannya, kalah liputan6 ;-)
    RIP utk adik Tantri, semoga iklas menyertainya sekeluarga.

    ReplyDelete
  22. waah.. baru tau ada pembagian angpao jg yah.. kukira cuma kalo lagi puasa, kasi buat yang miskin.. sedekah gitu. hehehe..

    wew.. Alifah pinter yah.. sayank sama adiknya.. =) Moga2 Tantri bahagia di Surga sana.. ^^

    ReplyDelete
  23. Asyikkk...dapat angpao banyak ya..bisa buat jajan donggg...

    Mmhh makanannya enyak-enyak ya mba...ada tape lemang yaa...duh mupeng neh liatnya...

    Kerja bakti ya pas lebaran ya..hehe

    ReplyDelete
  24. Bun, padet ya acara ya. Sama niy lebaran qta byk diisi dgn acara silaturahmi ke rmh sodara.

    ReplyDelete
  25. Selamat Idul Fitri..Mohon Maaf Lahir & Bathin

    Wuahh acara silaturahminya puadet baget ya Mom..

    ReplyDelete