Sunday, December 30, 2007

wiken akhir tahun 2007

wiken seru di akhir tahun 2007 ini... dan judul pasnya seh adalah "ketemuan". ya gimana gak "ketemuan" wong bener-bener dihebohkan dengan ketemuan yang seru-seru yang gak bikin happy emaknya tapi anak-anak juga happy. wes pokoke semuanya seneng.

Jumat, 28 Desember 2007
Dirumah titi, sedang ada sepupu bunda dari Natuna, upiek,yg lagi nginep. karena bunda hari ini ada keperluan nyari buku di Gramedia, skalian bunda ajakin upiek buat ikutan, kita ke gramedia di PIM. Alhamdulillah jalanan gak macet walopun gak sepi juga seh. keiknya karena udah banyak yg libur ngkali ya. lagi milih-milih buku , tiba-tiba hape bunda berbunyi, wah ternyata dari Ibu Dana, beliau ini istri dari mantan boss bunda dulu. ternyata beliau mau berkunjung menengok si kembar. hehehehe... akhirnya niat mo ajakin upiek buat skalian makan siang batal deh!! buru-buru deh kita pulang kerumah.

udah lama emang bunda gak ketemu sama Ibu Dana. terakhir kira-kira 6 bulanan yang lalu, pas kita janjian ketemu di sensi. Bu Dana datang dengan Isyana, kebetulan sedang pulang liburan ke Jakarta. cerita sana sini, main dengan alifah balqiz. pokoknya seru. saking hebohnya, mpe lupa deh ma kamera, hiks...

bunda cukup dekat dengan keluarga Bapak Dean dan Ibu Dana ini. kalo diitung-itung sudah 15 tahunan ngkali ya menjalin silaturahmi. InshaAllah silaturahmi ini tetap terjaga.


Sabtu, 30 Desember 2007
Semangatnya udah dari pagi hari. Udah sibuk deh nyiapin peralatan perang, hehehehe!! Jam 10, Rama datang kerumah bunda. Wah ternyata Rama ini ramah banget orangnya dan seru bersemangat cerita-cerita. pertemuan bunda dengan Rama ini juga baru pertama kalinya. berawal dari searching ayah di internet yang akhirnya ketemu dengan blog-nya Rama. ayah utam nanyain, kenal gak ma "Rama", karena ayah utam tahu kalo bunda banyak kenal dengan teman-teman tunanetra. akhirnya bunda coba berkenalan dan akhirnya cetingan deh ma Rama. karena hari ini ada acara "kopdar" skalian aja bunda ajakin Rama. biar makin seru.

Jam 10.30 bunda dan pasukan plus Rama berangkat deh ke Tamini Square, menuju tempat pertemuan dengan para Blogger lainnya. tempat ketemuannya di A&W. satu persatu berdatangan deh para Blogger. whuaaa... rame deh terlebih dengan tingkah para blogger cilik-cilik yang langsung terpikat dengan perosotan disana.

Ada Mona lengkap dengan Raul yang sempet rada-rada ngambeg plus bete tapi akhirnya gak mau diajak pulang, hehehehe. trus ada Widya lengkap dengan cupcake-nya yang cantik plus si dit dut dan sang ayah. ada neli dan ais plus si ayah. ada teh ina lengkap berserta Hamamah, Nurul dan abi. kemudian, Nunik yang cuma berdua ma Darrell, Andiana, Shella, Rama dan Ilma. seru kan!! walaupun banyak juga yang akhirnya karena ada acara lain akhirnya gak bisa ikutan kopdar. Ngobrol seru , makan , foto-foto pastinya!! Blogger gitu lho... pasti lengkap dengan camera SmileyCentral.com

Jam 13.30 baru deh bubaran... ternyata lama juga ya... ngkali thu orang-orang A&W akhirnya bisa tarik napas lega ngkali ya ngeliat kita pada bubaran.... hehehehe. teh ina lanjut dengan acara ketemuannya yang lain, mona yang udah duluan kabur karena kudu ke acara syukuran sepupunya, trus Shella, Rama dan Ilma mo lanjut ke citos... yang lainnya juga lanjut ke acara masing-masing. bunda mampir ke c4 dulu beli susu baru pulang. fuih....






Minggu, 30 Desember 2007
Hari ini, lanjut mo ke rumah teman ayah yang baru pindahan, udah bolak balik bikin janji mo ke rumah mereka tetapi pasti ada aja halangannya, makanya hari ini udah diniatin mo kesana. gak terlalu susah juga nyari rumahnya, dan komplek perumahannya enak juga, dengan kontur tanah yang berbukit-bukit, trus karena letaknya hampir ke arah Bogor jadi udaranya masih enak, sejuk, nyaman. tapi memang untuk akses keluar... agak sulit ya kalo gak punya kendaraan sendiri. mungkin nti kalo dah rame baru deh enak. Rumah tante neni dan om makmun ini ijo banget!! wes semuanya warna ijo!! trus sama deh keik ayah, dimana-mana kura-kura!! hehehehe... minatnya sama ternyata.

seperti biasa kalo berada ditempat baru, yang heboh bereksplorasi ya alifah. semua tempat dijelajahi... hehehe!! maap ya om tante, mohon dimaklumi deh. karena ayah dah lama banget gak ketemu ma mereka jadi deh asyik ngobrol... mpe tahu-tahu ternyata dah menjelang sore, si balqiz malah udah tidur digendongan mbak Ida, sementara Alifah udah keik pohon ketiup angin... gak kuat berdiri udah ngantug... kita pamit deh!! mpe ketemu ya om tante... semoga nti dimudahkan kelahiran sang buah hatinya.

Wednesday, December 26, 2007

happy wedding, part 2

sahabat bunda....
whuaaaaaaaaa..... ternyata bunda masih punya utang postingan!! *tepok jidat* nerusin postingan acara nikahnya nna, waks udah nyaris basi ngkali ya... udah lewat sebulan lebih gitu lho. yo wes-lah daripada makin basi, bunda terusin sekarang yak. *siapa juga yang nagih! pede amat seh*

Jumat, 9 November 2007,
dini hari banget dan bener-bener abis adzan subuh, tante Bambang lengkap dengan pasukannya, udah datang!! padahal mata masih ngantug banget, secara baru tidur 2-3 jam. langsung di komando buat mandi dan duduk manis di depan meja rias buat ikutan dirias. Alhasil belum jam 6, bunda udah rapi padahal mpe menjelang detik-detik terakhir acara bunda masih kudu mondar-mandir ada aja yang harus di cek n ricek. Alhasil, sempat kain yang dipake bunda kudu diperbaiki dulu....

Alhamdulillah, sesuai dengan rencana, pukul 07.00 wib prosesi akad nikah sudah bisa dimulai. mulai dari datangnya rombongan cpp yg di awali dengan atraksi palang pintu (adat budaya betawi, menghormati adat budaya dari keluarga ayah stevy) diakhiri dengan acara seserahan.

kemudian setelah cpp beserta rombongan masuk ke tempat akad nikah. mulai persiapan buat akad nikah. permohonan ijin dari cpw kepada orangtua untuk dinikahkan, kemudian lanjut dengan akad nikah. setelah sang pengantin wanita keluar dari kamar, dilanjutkan dengan sungkeman kepada orangtua, dan sesepuh dari kedua pengantin. barulah acara ramah tamah.

Alhamdulillah, walaupun tidak membuat undangan khusus saat prosesi akad nikah, cukup banyak juga tamu-tamu yang datang. Dan syukur Alhamdulillah juga kita panjatkan, hujan lebat menyertai saat acara prosesi akad nikah selesai dan sebagian besar tamu sudah pulang. Dikarenakan hari Jumat, maka acara formal selesai pada pukul 11.00 wib tetapi masih banyak juga tamu dan kerabat yang masih terus berdatangan hingga sore.

Sabtu, 10 November 2007
Sore hari, setelah sejak pagi cek dan ricek semua persiapan untuk acara resepsi di gedung, kita keluarga inti dan pengantin menuju ke Allson. ceritanya dapat compliment buat nginep disana. Alhamdulillah. whuaaa.... yang paling seneng dan paling bisa menikmati ya para krucils... davi, dinda, sasaa, alifah & balqiz. yg namanya lari sana lari sini, teriak-teriak, makan, duh... bikin jidat bunda nyut-nyut-an liatnya. ada sedikit kerepotan, karena ternyata kita gag bisa dapat kamar-kamar yang satu lantai. aku dan dias di lantai 5. kamar ibubapak di lantai 6, sementara kamar murna dan kamar keluarga stevy ada di lantai 8!! *tepok jidat lagi*

Minggu, 11 November 2007
serasa masih mimpi, denger suara deringan telpon. awalnya bunda pikir alarm clock di hape, tapi ternyata beneran deringan telpon yang ngebangunin bunda!! masih setengah sadar, tiba-tiba ibu dari ujung telpon teriak "siapa supir yang tugas jemput tante Bambang!!" waks!! langsung serasa disengat listrik bunda langsung loncat dan sadar se-sadar-sadarnya!! otomatis bunda langsung nyari kertas run-down, sembari ngelirik jam... jam 03.30 wib!! haah.........mendadak panik!! ternyata.... bunda lupa menugaskan "seseorang" untuk menjemput tante Bambang.... sang perias pengantin!!! otomatis langsung loncat dan gag pikir lagi... langsung keluar kamar menuju kamar ibu!! mpe depan lift baru ngeh.... waks kepaksa balik lagi ke kamar dan mengganti baju plus nyambar kerudung (hehehehe... lupa bok). bunda udah pasrah deh diomelin ma ibubapak... secara bunda yang nyusun dan mengorganisir para supir. bener aja deh sampai dikamar ibubapak... mereka masing-masing sedang telepon-teleponan. akhirnya bunda dan bapak ngerunut lagi tugas para supir, akhirnya Alhamdulillah ketemu juga seh solusinya. duh leganya..... Alhamdulillah, tante Bambang dan para pasukan bisa sampai tepat pukul 05.00 wib di Allson dan di gedung Dhanapala. Lega?

Belum ternyata!!
Setelah mandi, cek n ricek lagi para supir, dan beberapa orang-orang tertentu, lumayan deh agak lega bunda. sehingga bisa duduk manis di depan meja rias untuk di make-up lanjut dandan kerudung (waks.... ternyata ngedandanin kerudung itu lama juga ya dan ternyata juga keik dikonde aja rasanya, berat bok!). saat di dandanin.... deringan telpon lagi..... whuaaaa ternyata petugas yang kudu ngedandanin jarik dan beskap para bapak-bapak panitia belum datang.... padahal udah menjelang jam 07.00 wib pagi. walaupun itu bukan bagian tugas bunda... tetapi ngedengernya ikutan nervous juga. Sementara bapak gak ilang nervousnya.... gubrah-gubrah deh si abang dan dadang buat segera siap dan ikut bapak meninjau persiapan digedung. Asli yang namanya AC udah di pool-in tapi kok ya masih keringetan....

Jam 09.00 wib, bunda, dias dan ibu dan para cewek-cewek dari keluarga stevy sudah selesai dandan, nyempetin sarapan dulu di restonya hotel... tapi asli gag ada rasanya dan mpe gag ngeh apa seh yang dimakan.... selesai sarapan, bergantian deh dianterin kita menuju gedung resepsi.

mpe di gedung, tak ayal.... bunda masih kudu lari sana-sini, kebayang kan pake kain kebaya kudu lari sana sini, saking nervousnya mpe lupa ganti sandal... bunda pake sandal hotel, sementara selop yang kudu dipake, kok ya ditenteng aja gitu lho!! yo wes malah enak pikir bunda, larinya bisa cepetan dikit... rupanya itu bikin malapetaka baru.... kain bunda bentuknya jadi gag karuan.... waks kudu dipermak lagi deh dandanan.

Alhamdulillah, jam 10.00 wib, sang pengantin sampai di gedung resepsi, dan kita mulai untuk session foto studio. jam 10.30 Pak Djayeng, ketua panitia, mulai menata barisan iringan pengantin, kita berdoa sebentar, mohon kelancaran selama acara berlangsung. pukul 10.45 wib prosesi pengantin mulai berlangsung. dan tepat pukul 11.00 wib acara prosesi sudah selesai, siap menerima jabatan doa restu para tamu terhormat.

Tiada kata lain selain ucapan syukur Alhamdulillah, rangkaian acara pernikahan adik bunda, murna dan stevy berlangsung lancar. Semoga pernikahannya barokah, menjadi keluarga samara. Amien. Taklupa bunda ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang sudah meluangkan waktu dan tenaga membantu demi kelancaran acara ini, terutama para pasukan bunda yang rela bunda omelin dan suruh lembur mpe tengah malam!!.




Wednesday, December 19, 2007

Friday, December 14, 2007

Labbaik Allahumma labbaik,


Alhamdulillah, tadi pagi adikku, murna dan stevy berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Semoga dimudahkan dan dilancarkan perjalanannya dan bisa menunaikan seluruh rangkaian ibadah dan tetap sehat hingga pulang ke rumah. Amien.

Labbaik Allahumma labbaik, Labbaika lasyarika laka labbaik. Innal hamda wanni' mata laka wal mulka La syarikalak.

Monday, December 10, 2007

balqiz sekolah

Alhamdulillah, sejak tanggal 6 November 2007 lalu balqiz udah mulai sekolah, setelah nunggu daftar waiting list selama beberapa bulan, di slb dwituna rawinala. sebenarnya memang agak kurang tepat ya kalo balqiz masuk ke slb rawinala, karena balqiz tidak mengalami apa yang disebut "dwituna" tetapi, mengingat usia balqiz yang masih belia banget dan kemudian slb khusus tunanetra (slb A Pembina) itu letaknya di Lebak Bulus yang nun jauh dari rumah bunda, akhirnya ayahbunda lebih memilih rawinala untuk tempat belajar balqiz di program Early Intervention.

mengenai detailnya rawinala atau slb A Pembina, sahabat bisa langsung liat di situsnya ya. bunda mau cerita aja tentang gimana balqiz disekolah. sampai saat ini balqiz masih bersekolah 2 kali seminggu yakni tiap hari Selasa dan Kamis, pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Insya Allah nanti seiring dengan evaluasi perkembangan belajar balqiz dan pengaturan kelas, intensitas pertemuan akan ditambah.

saat ini dikelas balqiz belajar bersama Dewa (5th), dan dibimbing dengan ibu Rini dan ibu Ndari. sebenarnya jumlah siswanya ada 3, selai balqiz dan dewa ada Teta (4th), namun mungkin karena letak rumahnya yang jauh dan yang mempunyai tugas mengantar adalah neneknya, yang sudah sepuh jadinya Teta jarang terlihat bisa bergabung belajar. sama dengan balqiz, dewa juga mengalami tunanetra sejak lahir. kalau dengan Teta bunda belum tahu banyak karena sampai saat ini baru satu kali ketemu dengannya.
hehehe.... banyak yang bilang kalo dewa dan balqiz thu mirip banget,.... (?)

dan walaupun masih batita, orangtua gak boleh nemani dikelas. jadi ya bunda hanya mengantar balqiz sampai di pintu kelas dan menyerahkan balqiz ke ibu gurunya. selama 2 jam masa belajar ya full dengan ibu guru, termasuk keperluan makan, minum, dll. jadi ya bunda cuma bisa intip-intip aja dari jendela kelas apa seh kegiatannya balqiz.... awal-awal sekolah, balqiz masih suka nangis kalo tiba saat ditinggal dikelas sendirian, tetapi Alhamdulillah setelah pertemuan ke-3 balqiz udah gak pernah lagi terdengar suara tangisannya kalo di kelas. balqiz udah mulai merasa nyaman dan enjoy dikelas bersama teman dan gurunya.


karena balqiz suka musik, lagu, jadi kegiatan pertama balqiz sampai di kelas adalah bermain organ dan bernyanyi. baru setelah terlihat balqiz tenang, mulai belajar. hmmmm.... atau bermain? hehehe.... ya itu deh. balqiz sudah mulai bisa memasang puzzle, sudah bisa memasukkan balok sesuai dengan bentuknya. setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah orientasi lingkungan. jadi balqiz diajak berjalan keliling sekolah. bermain di luar ruangan kelas. setelah orientasi lingkungan, saat makan siang. saat makan ini sebenarnya bunda boleh masuk, tapi.... kalo bunda masuk kelas. yang ada begitu balqiz dengar suara bunda... langsung deh minta gendong bunda dan akhirnya gak mau lepas lagi. jadinya ya bunda memilih tetap jadi "pengintip" saja....

setelah makan siang, belajar di komputer, mendengarkan vcd, pokoke session belajar dengan menggunakan media eletronik. dan tidak terasa 2 jam berlalu, nyanyi lagi deh buat penutupan belajar... dan pulang!!
sesekali bu guru memberikan tema pada pelajaran kelas, misalnya tentang wortel, tentang jeruk, jadi seluruh rangkaian kegiatan belajar ya sesuai dengan tema hari itu. dan balqiz juga diajarin buat belanja ke kantin sekolah. jadi dibekelin uang, dan saat orientasi lingkungan diajak ke kantin kemudian disana ditunjukkan macam-macam jajanan kemudian disuruh memilih apa yang balqiz pengen.


Wednesday, December 5, 2007

perjalanan balqiz & bunda

Alhamdulillah, sahabat bunda, bunda dan balqiz plus ibu sudah pulang ke rumah dengan selamat dan sehat. Alhamdulillah juga selama di penerbangan kekuatiran bunda kalo-kalo terjadi kehebohan dengan balqiz tidak terjadi. balqiz pinter kok, gak rewel, anteng bahkan konser mlulu dengan lagu andalannya "kakak mia" dan "selamat ulang tahun" hehehehe..... terbantu juga ma MP4 bekel-nya ayah. makasih ya ayah....

Check-up mata balqiz di SNEC-clinic yang terletak di ME-Hospital, menunjukkan kalo posisi dan kondisi scleral buckle yg terpasang mengikat retina-nya masih dalam kondisi bagus dan Prof.Dr.Ong Sze Guan tidak melihat adanya urgensi untuk melepasnya. bahkan mungkin selamanya tidak perlu dilepas. dan apa yang menjadi kekuatiran ayahbunda selama ini sepanjang pengalaman dari Dr. Ong tidak pernah terjadi. pemeriksaan rutin harus dilakukan, bisa dilakukan oleh dr.Sjakon Tahija,SpM atau dr.Rini Hersetyati,SpM di Klinik Mata Nusantara, Jakarta. nanti setahun lagi barulah check-up kembali ke SNEC. (doain ya balqiz moga ayahbunda dimudahkan rejekinya, Amien). kalo yang dimaksud kondisi fungsi penglihatan mata balqiz, tetap tidak ada perubahan.

Dannnnnnnnnn....
bonus perjalanan bunda & balqiz kali ini, seru banget!! kopdar ma temen-temen blog. ada bundazka, jeng Hany, Ellen, Nia Rayna dan Wati temen kuliah bunda. hari pertama bunda nyampe, rabu 28/11, sorenya jeng Hany dan Ellen datang ke hotel... wah senangnya dan seru ngobrol. berasa kita udah kenal lama dan akrab banget padal baru sekali ketemu. itulah senangnya nge-blog, nambah teman, nambah saudara, memperluas wawasan. takjub aja dengan obrolan diantara Hany dan jeng Hanan-Haifa yang menggunakan boso Jowo... walaupun jauh dari kampung halaman, tetep ya melestarikan bahasa ibu. kamis 29/11 ganti ketemuan dengan nia rayna di depan takashimaya, sekalian ketemuan ma wati.

ketemu nia lengkap dengan daddy dan rayna pastinya. wah ternyata nia lebih cantik lho aslinya dari fotonya!! dan rayna ngegemesin banget deh..... cerewet lho. sayang banget gak bisa lama karena nia mau lanjut ke beberapa tempat lagi. lanjut dengan ketemu ma wati, temen kuliahku. wah ternyata udah lama banget ya kita terpisah sejak lulusan kuliah. banyak yg kita obrolin, tapi yg bikin sirik ya itu lho.... badannya kok ya teteup gitu lho segitu-gitu aja gak berubah!!! hehehe... kita sempet makan siang bareng di food republic di lantai 4 wisma atria.

lanjut hari jumatnya 30/11 setelah kelar urusan di rumah sakit, bunda ketemuan ma astri dan azka!! wah badan azka udah lebih gede dari pas ketemuan di kopdar Ragunan lalu, dan makin pinter ngobrolnya. dan selain astri, wati juga datang berkunjung kali ini lengkap dengan annisa dan nadia. wah.... seru juga ya ndengerin wati ngobrol dengan annisa dalam bahasa perancis... yang namanya anak-anak juga gak kalah dong hebohnya ma ibu-ibunya... annisa, nadia dan azka gak butuh waktu lama langsung bersahabat dan berlari-larian didalam kamar ditimpali dengan konsernya balqiz... whuaaa rame!!

tibalah sabtu 1/12 saat untuk pulang, Jeng Hany sempetin lagi buat mampir. wah banyak lagi yang kita obrolin, termasuk soal para PRT yang bekerja di Singapore. padat ya jadwal kopdarnya bunda, jadi curiga kan... mo check-up ato mo kopdar? hehehehe....

saat perjalanan pulang, berbeda dengan berangkat, penerbangan kita sempat delay selama hampir 90 menit... whuaaa balqiz yg awalnya semangat, mau maen dan konser... akhirnya mpe bete ngambeg dan ketiduran!! Alhamdulillah seh pas di pesawat udah ceria lagi udah konser lagi.

cerita lain dari singapore, karena menjelang natal... jadi suasana natal terasa banget disepanjang orchad road. bahkan ada pohon natal yang gede banget. dan kalo pas malam suasananya meriah banget karena banyak lampu-lampu dan banyak orang-orang juga seh yang lewat!! oya... ada satu cemilan wajib yang kudu dicemil kalo pas di orchad... ice cream. sepanjang orchad road banyak yang jualan, pake gerobak sepeda gitu. rasanya enak, bisa dipilih mo dibungkus pake roti atau biskuit... yummy!! cemilan orchad lainnya adalah Old Chang Kee, rasanya yummy juga.

whuihhh... kelar juga akhirnya postingan bunda kali ini. terimakasih ya sahabat bunda atas semua oleh-olehnya buat bunda, alifah dan balqiz. dan mohon maaf jika saat bertemu bunda ada salah kata salah sikap. Insya Allah, bisa ketemu lagi ya.....



Sunday, December 2, 2007

potret

mungkin artikel dan video ini bisa membuka hati, menyentuh hati dan memberikan sebuah perhatian bahwa mereka ada dan layak untuk memperoleh sebuah penerimaan yang tulus ikhlas,..........