Sunday, December 30, 2007

wiken akhir tahun 2007

wiken seru di akhir tahun 2007 ini... dan judul pasnya seh adalah "ketemuan". ya gimana gak "ketemuan" wong bener-bener dihebohkan dengan ketemuan yang seru-seru yang gak bikin happy emaknya tapi anak-anak juga happy. wes pokoke semuanya seneng.

Jumat, 28 Desember 2007
Dirumah titi, sedang ada sepupu bunda dari Natuna, upiek,yg lagi nginep. karena bunda hari ini ada keperluan nyari buku di Gramedia, skalian bunda ajakin upiek buat ikutan, kita ke gramedia di PIM. Alhamdulillah jalanan gak macet walopun gak sepi juga seh. keiknya karena udah banyak yg libur ngkali ya. lagi milih-milih buku , tiba-tiba hape bunda berbunyi, wah ternyata dari Ibu Dana, beliau ini istri dari mantan boss bunda dulu. ternyata beliau mau berkunjung menengok si kembar. hehehehe... akhirnya niat mo ajakin upiek buat skalian makan siang batal deh!! buru-buru deh kita pulang kerumah.

udah lama emang bunda gak ketemu sama Ibu Dana. terakhir kira-kira 6 bulanan yang lalu, pas kita janjian ketemu di sensi. Bu Dana datang dengan Isyana, kebetulan sedang pulang liburan ke Jakarta. cerita sana sini, main dengan alifah balqiz. pokoknya seru. saking hebohnya, mpe lupa deh ma kamera, hiks...

bunda cukup dekat dengan keluarga Bapak Dean dan Ibu Dana ini. kalo diitung-itung sudah 15 tahunan ngkali ya menjalin silaturahmi. InshaAllah silaturahmi ini tetap terjaga.


Sabtu, 30 Desember 2007
Semangatnya udah dari pagi hari. Udah sibuk deh nyiapin peralatan perang, hehehehe!! Jam 10, Rama datang kerumah bunda. Wah ternyata Rama ini ramah banget orangnya dan seru bersemangat cerita-cerita. pertemuan bunda dengan Rama ini juga baru pertama kalinya. berawal dari searching ayah di internet yang akhirnya ketemu dengan blog-nya Rama. ayah utam nanyain, kenal gak ma "Rama", karena ayah utam tahu kalo bunda banyak kenal dengan teman-teman tunanetra. akhirnya bunda coba berkenalan dan akhirnya cetingan deh ma Rama. karena hari ini ada acara "kopdar" skalian aja bunda ajakin Rama. biar makin seru.

Jam 10.30 bunda dan pasukan plus Rama berangkat deh ke Tamini Square, menuju tempat pertemuan dengan para Blogger lainnya. tempat ketemuannya di A&W. satu persatu berdatangan deh para Blogger. whuaaa... rame deh terlebih dengan tingkah para blogger cilik-cilik yang langsung terpikat dengan perosotan disana.

Ada Mona lengkap dengan Raul yang sempet rada-rada ngambeg plus bete tapi akhirnya gak mau diajak pulang, hehehehe. trus ada Widya lengkap dengan cupcake-nya yang cantik plus si dit dut dan sang ayah. ada neli dan ais plus si ayah. ada teh ina lengkap berserta Hamamah, Nurul dan abi. kemudian, Nunik yang cuma berdua ma Darrell, Andiana, Shella, Rama dan Ilma. seru kan!! walaupun banyak juga yang akhirnya karena ada acara lain akhirnya gak bisa ikutan kopdar. Ngobrol seru , makan , foto-foto pastinya!! Blogger gitu lho... pasti lengkap dengan camera SmileyCentral.com

Jam 13.30 baru deh bubaran... ternyata lama juga ya... ngkali thu orang-orang A&W akhirnya bisa tarik napas lega ngkali ya ngeliat kita pada bubaran.... hehehehe. teh ina lanjut dengan acara ketemuannya yang lain, mona yang udah duluan kabur karena kudu ke acara syukuran sepupunya, trus Shella, Rama dan Ilma mo lanjut ke citos... yang lainnya juga lanjut ke acara masing-masing. bunda mampir ke c4 dulu beli susu baru pulang. fuih....






Minggu, 30 Desember 2007
Hari ini, lanjut mo ke rumah teman ayah yang baru pindahan, udah bolak balik bikin janji mo ke rumah mereka tetapi pasti ada aja halangannya, makanya hari ini udah diniatin mo kesana. gak terlalu susah juga nyari rumahnya, dan komplek perumahannya enak juga, dengan kontur tanah yang berbukit-bukit, trus karena letaknya hampir ke arah Bogor jadi udaranya masih enak, sejuk, nyaman. tapi memang untuk akses keluar... agak sulit ya kalo gak punya kendaraan sendiri. mungkin nti kalo dah rame baru deh enak. Rumah tante neni dan om makmun ini ijo banget!! wes semuanya warna ijo!! trus sama deh keik ayah, dimana-mana kura-kura!! hehehehe... minatnya sama ternyata.

seperti biasa kalo berada ditempat baru, yang heboh bereksplorasi ya alifah. semua tempat dijelajahi... hehehe!! maap ya om tante, mohon dimaklumi deh. karena ayah dah lama banget gak ketemu ma mereka jadi deh asyik ngobrol... mpe tahu-tahu ternyata dah menjelang sore, si balqiz malah udah tidur digendongan mbak Ida, sementara Alifah udah keik pohon ketiup angin... gak kuat berdiri udah ngantug... kita pamit deh!! mpe ketemu ya om tante... semoga nti dimudahkan kelahiran sang buah hatinya.

Wednesday, December 26, 2007

happy wedding, part 2

sahabat bunda....
whuaaaaaaaaa..... ternyata bunda masih punya utang postingan!! *tepok jidat* nerusin postingan acara nikahnya nna, waks udah nyaris basi ngkali ya... udah lewat sebulan lebih gitu lho. yo wes-lah daripada makin basi, bunda terusin sekarang yak. *siapa juga yang nagih! pede amat seh*

Jumat, 9 November 2007,
dini hari banget dan bener-bener abis adzan subuh, tante Bambang lengkap dengan pasukannya, udah datang!! padahal mata masih ngantug banget, secara baru tidur 2-3 jam. langsung di komando buat mandi dan duduk manis di depan meja rias buat ikutan dirias. Alhasil belum jam 6, bunda udah rapi padahal mpe menjelang detik-detik terakhir acara bunda masih kudu mondar-mandir ada aja yang harus di cek n ricek. Alhasil, sempat kain yang dipake bunda kudu diperbaiki dulu....

Alhamdulillah, sesuai dengan rencana, pukul 07.00 wib prosesi akad nikah sudah bisa dimulai. mulai dari datangnya rombongan cpp yg di awali dengan atraksi palang pintu (adat budaya betawi, menghormati adat budaya dari keluarga ayah stevy) diakhiri dengan acara seserahan.

kemudian setelah cpp beserta rombongan masuk ke tempat akad nikah. mulai persiapan buat akad nikah. permohonan ijin dari cpw kepada orangtua untuk dinikahkan, kemudian lanjut dengan akad nikah. setelah sang pengantin wanita keluar dari kamar, dilanjutkan dengan sungkeman kepada orangtua, dan sesepuh dari kedua pengantin. barulah acara ramah tamah.

Alhamdulillah, walaupun tidak membuat undangan khusus saat prosesi akad nikah, cukup banyak juga tamu-tamu yang datang. Dan syukur Alhamdulillah juga kita panjatkan, hujan lebat menyertai saat acara prosesi akad nikah selesai dan sebagian besar tamu sudah pulang. Dikarenakan hari Jumat, maka acara formal selesai pada pukul 11.00 wib tetapi masih banyak juga tamu dan kerabat yang masih terus berdatangan hingga sore.

Sabtu, 10 November 2007
Sore hari, setelah sejak pagi cek dan ricek semua persiapan untuk acara resepsi di gedung, kita keluarga inti dan pengantin menuju ke Allson. ceritanya dapat compliment buat nginep disana. Alhamdulillah. whuaaa.... yang paling seneng dan paling bisa menikmati ya para krucils... davi, dinda, sasaa, alifah & balqiz. yg namanya lari sana lari sini, teriak-teriak, makan, duh... bikin jidat bunda nyut-nyut-an liatnya. ada sedikit kerepotan, karena ternyata kita gag bisa dapat kamar-kamar yang satu lantai. aku dan dias di lantai 5. kamar ibubapak di lantai 6, sementara kamar murna dan kamar keluarga stevy ada di lantai 8!! *tepok jidat lagi*

Minggu, 11 November 2007
serasa masih mimpi, denger suara deringan telpon. awalnya bunda pikir alarm clock di hape, tapi ternyata beneran deringan telpon yang ngebangunin bunda!! masih setengah sadar, tiba-tiba ibu dari ujung telpon teriak "siapa supir yang tugas jemput tante Bambang!!" waks!! langsung serasa disengat listrik bunda langsung loncat dan sadar se-sadar-sadarnya!! otomatis bunda langsung nyari kertas run-down, sembari ngelirik jam... jam 03.30 wib!! haah.........mendadak panik!! ternyata.... bunda lupa menugaskan "seseorang" untuk menjemput tante Bambang.... sang perias pengantin!!! otomatis langsung loncat dan gag pikir lagi... langsung keluar kamar menuju kamar ibu!! mpe depan lift baru ngeh.... waks kepaksa balik lagi ke kamar dan mengganti baju plus nyambar kerudung (hehehehe... lupa bok). bunda udah pasrah deh diomelin ma ibubapak... secara bunda yang nyusun dan mengorganisir para supir. bener aja deh sampai dikamar ibubapak... mereka masing-masing sedang telepon-teleponan. akhirnya bunda dan bapak ngerunut lagi tugas para supir, akhirnya Alhamdulillah ketemu juga seh solusinya. duh leganya..... Alhamdulillah, tante Bambang dan para pasukan bisa sampai tepat pukul 05.00 wib di Allson dan di gedung Dhanapala. Lega?

Belum ternyata!!
Setelah mandi, cek n ricek lagi para supir, dan beberapa orang-orang tertentu, lumayan deh agak lega bunda. sehingga bisa duduk manis di depan meja rias untuk di make-up lanjut dandan kerudung (waks.... ternyata ngedandanin kerudung itu lama juga ya dan ternyata juga keik dikonde aja rasanya, berat bok!). saat di dandanin.... deringan telpon lagi..... whuaaaa ternyata petugas yang kudu ngedandanin jarik dan beskap para bapak-bapak panitia belum datang.... padahal udah menjelang jam 07.00 wib pagi. walaupun itu bukan bagian tugas bunda... tetapi ngedengernya ikutan nervous juga. Sementara bapak gak ilang nervousnya.... gubrah-gubrah deh si abang dan dadang buat segera siap dan ikut bapak meninjau persiapan digedung. Asli yang namanya AC udah di pool-in tapi kok ya masih keringetan....

Jam 09.00 wib, bunda, dias dan ibu dan para cewek-cewek dari keluarga stevy sudah selesai dandan, nyempetin sarapan dulu di restonya hotel... tapi asli gag ada rasanya dan mpe gag ngeh apa seh yang dimakan.... selesai sarapan, bergantian deh dianterin kita menuju gedung resepsi.

mpe di gedung, tak ayal.... bunda masih kudu lari sana-sini, kebayang kan pake kain kebaya kudu lari sana sini, saking nervousnya mpe lupa ganti sandal... bunda pake sandal hotel, sementara selop yang kudu dipake, kok ya ditenteng aja gitu lho!! yo wes malah enak pikir bunda, larinya bisa cepetan dikit... rupanya itu bikin malapetaka baru.... kain bunda bentuknya jadi gag karuan.... waks kudu dipermak lagi deh dandanan.

Alhamdulillah, jam 10.00 wib, sang pengantin sampai di gedung resepsi, dan kita mulai untuk session foto studio. jam 10.30 Pak Djayeng, ketua panitia, mulai menata barisan iringan pengantin, kita berdoa sebentar, mohon kelancaran selama acara berlangsung. pukul 10.45 wib prosesi pengantin mulai berlangsung. dan tepat pukul 11.00 wib acara prosesi sudah selesai, siap menerima jabatan doa restu para tamu terhormat.

Tiada kata lain selain ucapan syukur Alhamdulillah, rangkaian acara pernikahan adik bunda, murna dan stevy berlangsung lancar. Semoga pernikahannya barokah, menjadi keluarga samara. Amien. Taklupa bunda ucapkan banyak terimakasih kepada semua yang sudah meluangkan waktu dan tenaga membantu demi kelancaran acara ini, terutama para pasukan bunda yang rela bunda omelin dan suruh lembur mpe tengah malam!!.




Wednesday, December 19, 2007

Friday, December 14, 2007

Labbaik Allahumma labbaik,


Alhamdulillah, tadi pagi adikku, murna dan stevy berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Semoga dimudahkan dan dilancarkan perjalanannya dan bisa menunaikan seluruh rangkaian ibadah dan tetap sehat hingga pulang ke rumah. Amien.

Labbaik Allahumma labbaik, Labbaika lasyarika laka labbaik. Innal hamda wanni' mata laka wal mulka La syarikalak.

Monday, December 10, 2007

balqiz sekolah

Alhamdulillah, sejak tanggal 6 November 2007 lalu balqiz udah mulai sekolah, setelah nunggu daftar waiting list selama beberapa bulan, di slb dwituna rawinala. sebenarnya memang agak kurang tepat ya kalo balqiz masuk ke slb rawinala, karena balqiz tidak mengalami apa yang disebut "dwituna" tetapi, mengingat usia balqiz yang masih belia banget dan kemudian slb khusus tunanetra (slb A Pembina) itu letaknya di Lebak Bulus yang nun jauh dari rumah bunda, akhirnya ayahbunda lebih memilih rawinala untuk tempat belajar balqiz di program Early Intervention.

mengenai detailnya rawinala atau slb A Pembina, sahabat bisa langsung liat di situsnya ya. bunda mau cerita aja tentang gimana balqiz disekolah. sampai saat ini balqiz masih bersekolah 2 kali seminggu yakni tiap hari Selasa dan Kamis, pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Insya Allah nanti seiring dengan evaluasi perkembangan belajar balqiz dan pengaturan kelas, intensitas pertemuan akan ditambah.

saat ini dikelas balqiz belajar bersama Dewa (5th), dan dibimbing dengan ibu Rini dan ibu Ndari. sebenarnya jumlah siswanya ada 3, selai balqiz dan dewa ada Teta (4th), namun mungkin karena letak rumahnya yang jauh dan yang mempunyai tugas mengantar adalah neneknya, yang sudah sepuh jadinya Teta jarang terlihat bisa bergabung belajar. sama dengan balqiz, dewa juga mengalami tunanetra sejak lahir. kalau dengan Teta bunda belum tahu banyak karena sampai saat ini baru satu kali ketemu dengannya.
hehehe.... banyak yang bilang kalo dewa dan balqiz thu mirip banget,.... (?)

dan walaupun masih batita, orangtua gak boleh nemani dikelas. jadi ya bunda hanya mengantar balqiz sampai di pintu kelas dan menyerahkan balqiz ke ibu gurunya. selama 2 jam masa belajar ya full dengan ibu guru, termasuk keperluan makan, minum, dll. jadi ya bunda cuma bisa intip-intip aja dari jendela kelas apa seh kegiatannya balqiz.... awal-awal sekolah, balqiz masih suka nangis kalo tiba saat ditinggal dikelas sendirian, tetapi Alhamdulillah setelah pertemuan ke-3 balqiz udah gak pernah lagi terdengar suara tangisannya kalo di kelas. balqiz udah mulai merasa nyaman dan enjoy dikelas bersama teman dan gurunya.


karena balqiz suka musik, lagu, jadi kegiatan pertama balqiz sampai di kelas adalah bermain organ dan bernyanyi. baru setelah terlihat balqiz tenang, mulai belajar. hmmmm.... atau bermain? hehehe.... ya itu deh. balqiz sudah mulai bisa memasang puzzle, sudah bisa memasukkan balok sesuai dengan bentuknya. setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah orientasi lingkungan. jadi balqiz diajak berjalan keliling sekolah. bermain di luar ruangan kelas. setelah orientasi lingkungan, saat makan siang. saat makan ini sebenarnya bunda boleh masuk, tapi.... kalo bunda masuk kelas. yang ada begitu balqiz dengar suara bunda... langsung deh minta gendong bunda dan akhirnya gak mau lepas lagi. jadinya ya bunda memilih tetap jadi "pengintip" saja....

setelah makan siang, belajar di komputer, mendengarkan vcd, pokoke session belajar dengan menggunakan media eletronik. dan tidak terasa 2 jam berlalu, nyanyi lagi deh buat penutupan belajar... dan pulang!!
sesekali bu guru memberikan tema pada pelajaran kelas, misalnya tentang wortel, tentang jeruk, jadi seluruh rangkaian kegiatan belajar ya sesuai dengan tema hari itu. dan balqiz juga diajarin buat belanja ke kantin sekolah. jadi dibekelin uang, dan saat orientasi lingkungan diajak ke kantin kemudian disana ditunjukkan macam-macam jajanan kemudian disuruh memilih apa yang balqiz pengen.


Wednesday, December 5, 2007

perjalanan balqiz & bunda

Alhamdulillah, sahabat bunda, bunda dan balqiz plus ibu sudah pulang ke rumah dengan selamat dan sehat. Alhamdulillah juga selama di penerbangan kekuatiran bunda kalo-kalo terjadi kehebohan dengan balqiz tidak terjadi. balqiz pinter kok, gak rewel, anteng bahkan konser mlulu dengan lagu andalannya "kakak mia" dan "selamat ulang tahun" hehehehe..... terbantu juga ma MP4 bekel-nya ayah. makasih ya ayah....

Check-up mata balqiz di SNEC-clinic yang terletak di ME-Hospital, menunjukkan kalo posisi dan kondisi scleral buckle yg terpasang mengikat retina-nya masih dalam kondisi bagus dan Prof.Dr.Ong Sze Guan tidak melihat adanya urgensi untuk melepasnya. bahkan mungkin selamanya tidak perlu dilepas. dan apa yang menjadi kekuatiran ayahbunda selama ini sepanjang pengalaman dari Dr. Ong tidak pernah terjadi. pemeriksaan rutin harus dilakukan, bisa dilakukan oleh dr.Sjakon Tahija,SpM atau dr.Rini Hersetyati,SpM di Klinik Mata Nusantara, Jakarta. nanti setahun lagi barulah check-up kembali ke SNEC. (doain ya balqiz moga ayahbunda dimudahkan rejekinya, Amien). kalo yang dimaksud kondisi fungsi penglihatan mata balqiz, tetap tidak ada perubahan.

Dannnnnnnnnn....
bonus perjalanan bunda & balqiz kali ini, seru banget!! kopdar ma temen-temen blog. ada bundazka, jeng Hany, Ellen, Nia Rayna dan Wati temen kuliah bunda. hari pertama bunda nyampe, rabu 28/11, sorenya jeng Hany dan Ellen datang ke hotel... wah senangnya dan seru ngobrol. berasa kita udah kenal lama dan akrab banget padal baru sekali ketemu. itulah senangnya nge-blog, nambah teman, nambah saudara, memperluas wawasan. takjub aja dengan obrolan diantara Hany dan jeng Hanan-Haifa yang menggunakan boso Jowo... walaupun jauh dari kampung halaman, tetep ya melestarikan bahasa ibu. kamis 29/11 ganti ketemuan dengan nia rayna di depan takashimaya, sekalian ketemuan ma wati.

ketemu nia lengkap dengan daddy dan rayna pastinya. wah ternyata nia lebih cantik lho aslinya dari fotonya!! dan rayna ngegemesin banget deh..... cerewet lho. sayang banget gak bisa lama karena nia mau lanjut ke beberapa tempat lagi. lanjut dengan ketemu ma wati, temen kuliahku. wah ternyata udah lama banget ya kita terpisah sejak lulusan kuliah. banyak yg kita obrolin, tapi yg bikin sirik ya itu lho.... badannya kok ya teteup gitu lho segitu-gitu aja gak berubah!!! hehehe... kita sempet makan siang bareng di food republic di lantai 4 wisma atria.

lanjut hari jumatnya 30/11 setelah kelar urusan di rumah sakit, bunda ketemuan ma astri dan azka!! wah badan azka udah lebih gede dari pas ketemuan di kopdar Ragunan lalu, dan makin pinter ngobrolnya. dan selain astri, wati juga datang berkunjung kali ini lengkap dengan annisa dan nadia. wah.... seru juga ya ndengerin wati ngobrol dengan annisa dalam bahasa perancis... yang namanya anak-anak juga gak kalah dong hebohnya ma ibu-ibunya... annisa, nadia dan azka gak butuh waktu lama langsung bersahabat dan berlari-larian didalam kamar ditimpali dengan konsernya balqiz... whuaaa rame!!

tibalah sabtu 1/12 saat untuk pulang, Jeng Hany sempetin lagi buat mampir. wah banyak lagi yang kita obrolin, termasuk soal para PRT yang bekerja di Singapore. padat ya jadwal kopdarnya bunda, jadi curiga kan... mo check-up ato mo kopdar? hehehehe....

saat perjalanan pulang, berbeda dengan berangkat, penerbangan kita sempat delay selama hampir 90 menit... whuaaa balqiz yg awalnya semangat, mau maen dan konser... akhirnya mpe bete ngambeg dan ketiduran!! Alhamdulillah seh pas di pesawat udah ceria lagi udah konser lagi.

cerita lain dari singapore, karena menjelang natal... jadi suasana natal terasa banget disepanjang orchad road. bahkan ada pohon natal yang gede banget. dan kalo pas malam suasananya meriah banget karena banyak lampu-lampu dan banyak orang-orang juga seh yang lewat!! oya... ada satu cemilan wajib yang kudu dicemil kalo pas di orchad... ice cream. sepanjang orchad road banyak yang jualan, pake gerobak sepeda gitu. rasanya enak, bisa dipilih mo dibungkus pake roti atau biskuit... yummy!! cemilan orchad lainnya adalah Old Chang Kee, rasanya yummy juga.

whuihhh... kelar juga akhirnya postingan bunda kali ini. terimakasih ya sahabat bunda atas semua oleh-olehnya buat bunda, alifah dan balqiz. dan mohon maaf jika saat bertemu bunda ada salah kata salah sikap. Insya Allah, bisa ketemu lagi ya.....



Sunday, December 2, 2007

potret

mungkin artikel dan video ini bisa membuka hati, menyentuh hati dan memberikan sebuah perhatian bahwa mereka ada dan layak untuk memperoleh sebuah penerimaan yang tulus ikhlas,..........

Tuesday, November 27, 2007

titip ya.....

hehehehe.... bunda masih punya utang postingan neh, maaf ya sahabat bunda.... duh kali ini alasannya klasik banget deh, bunda lagi "sok sibuk" twink... twink... gubrak!! tp alasan sebenarnya adalah, bahwa foto-foto pas wedding day nna, belum diserahkan ke kita dari sang pemotretnya, alhasil bunda belum bisa nerusin postingan "happy wedding part 2"!!

kesibukan bunda sejak sebulan ini bertambah, anterin balqiz sekolah tiap hari selasa dan kamis. balqiz sekolah mulai jam 10.00 mpe 12.00 wib. cukuplah rasanya buat anak seusia balqiz. agak beda seh ma alifah, kadang bunda nyerahin ke suster yanti aja buat anterin alifah sekolah.... tetapi buat balqiz, pengennya diusahain bunda yang anter sendiri. bukannya membedakan tetapi setiap selesai jam sekolah, bu guru Rini dan bu guru Ndari suka kasih evaluasi/ review aktivitas balqiz hari itu. belum lagi ada juga kegiatan parent support yang diadakan di sekolah, itu alasannya kenapa bunda lebih fokus ke sekolahnya balqiz.

sementara kan alifah sekolah hanya seminggu sekali setiap hari rabu dari jam 11.00 s/d 12.00 wib dan aktifitas sekolahnya lebih banyak ke aktifitas olah badan, jadi bunda merasa cukuplah kalo suster yang anter alifah. bunda seh sesekali ya anterin alifah juga kok!!

sahabat bunda, bunda mo titip neh.... titip tengokin alifah ya!!
Insya Allah bunda mau bawa balqiz buat check up matanya di snec. soale akhir-akhir ini kok balqiz suka banget nekan mata sebelah kirinya terkadang mpe dalem banget, kuatir aja kalo ada sesuatu dengan scleral buckle/ benang silikon yg mengikat retinanya. sempet minggu lalu, mata sebelah kirinya itu "belekan" dan setelah ke dokter mata di KMN, ada peradangan. dan memang juga sudah waktunya buat check up yg sebaiknya dilakukan minimal per-6 bulan dan paling lambat 1 tahun dr check up terakhir. semoga saja semuanya berjalan lancar dan tetap sehat hingga pulang ke rumah.

yg bunda kuatirin selama dipenerbangan adalah rasa gelisahnya balqiz. benernya seh gak terlalu kuatir karena bunda perginya sama ibu, jadi bisa gantian buat njagain balqiz. selama ini kalo balqiz gelisah, senjata utama bunda adalah ring tones dan suara rekaman di handphone bunda... tetapi kan gak mungkin nyalain handphone selama penerbangan kan..., Alhamdulillah, ayah berbaik hati, semalam ayah pulang kantor bawa oleh-oleh buat balqiz. MP4 player... buat gantinya handphone. makasih ayah.... jadi peer bunda berikutnya adalah segera mengisi mp4 itu dengan lagu-lagu favorit balqiz dan merekam suara balqiz kalo sedang "konser" aka ngoceh.

pamit ya.... dan titip alifah!!
bunda azka, nia, jeng hany, wati..... dan sahabat blogger lainnya, mpe ketemu!!

Wednesday, November 21, 2007

happy wedding, part 1

selamat pagi sahabat bunda semua, terimakasih atas support yang diberikan kepada bunda, sangat berarti sekali buat bunda, terlebih emang bunda lagi "down". bunda kembali bersemangat lagi dan tidak berkurang sedikitpun curahan kasih sayang cinta ayahbunda kepada balqiz dan tentunya juga alifah.

postingan bunda kali ini mo cerita soal acara wedding adik bunda, nna. dan kenapa juga pake part 1 segala, nih berkaitan aja ma urusan foto yg belum lengkap. jadinya dibagi deh... hehehe. soale keiknya gak asyik aja cerita trus belum ada fotonya gitu.

kehebohan rangkaian acara udah mulai sejak hari senin, 5/11/07, diawali dari mulai berdatangannya satu persatu rombongan para sanak keluarga dari Surabaya, Makassar dan Malang, termasuk juga anak angkat bapak dari Ambon. Alhamdulillah, mungkin karena ini adalah hajatan mantu terakhir dari bapakibu, makanya banyak sanak keluarga yang menyempatkan diri untuk bisa datang ke Jakarta. mulai deh mengatur urusan kamar menginap yang dibagi ke 4 rumah, rumah bapakibu, rumahku, rumah dias, dan rumah nna, wes pokoke dicukup-cukupin deh. Alhamdulillah lagi rumah kita memang berdekatan semua. terus juga mulai deh bikin jadwal penjemputan ke bandara. yah... kasian juga seh para supir terkadang harus sampai tengah malam nunggu di parkiran bandara, gara-gara kedatangan pesawat terlambat aka delay. tapi mo gimana...jauhnya itu pondokgede-cengkareng kan gak mungkin juga balik lagi.

hari rabu,7/11/07 mulai deh tenda dan kursi berdatangan dan dipasang, juga dimulai pula pemasangan tarob dan bleketepe, gak terlalu ngerti juga aku tapi keiknya fungsinya adalah petanda bahwa rumah ybs sedang mempunyai hajatan mantu. trus disusul dengan selametan tumpeng kuwat pas siang harinya buat para pekerja yang membantu. namanya tumpeng kuwat keiknya supaya yg makan tumpeng diberi berkah kekuatan buat para pekerja yang membantu hajatan. kemudian di malam harinya ada selametan rasulan. mungkin tujuannya adalah mengucap syukur dan mohon doa agar diberi kelancaran dalam pelaksanaan hajatan.

hari kamis,8/11/07, whuaaa subuh-subuh Bu Bambang beserta rombongan sudah datang mo mulai merias calon penganten dan keluarga, termasuk diriku juga dapat jatah kudu dirias.... waks padahal tugasku masih banyak banget kudu mondar-mandir kesana mari tapi ya itu tadi udah kudu dirias,... yo wes manut aja!! alhasil selama di rias, tetep aja digangguin dengan berbagai pertanyaan "ini dimana", "itu kudu diapaan", dsb. hari ini agenda acara adalah pengajian diterusin dengan sungkeman dan siraman. Alhamdulillah acara berlangsung lancar.... dan serunya lagi pas selesai acara siraman, sisa air siraman di dalam bokor jadi rebutan ibu-ibu. dan kita juga udah nyiapin toples-toples kecil buat air siraman yg direbutin ibu-ibu tadi. seru....
oya, air siraman itu beneran lho dari 7 sumber, dibawa oleh para sanak keluarga yang dari mana-mana itu tadi dan termasuk air zamzam.

malam harinya bukan berarti bisa istirahat, karena tetep kudu mengerahkan para supir buat penjemputan ke bandara dan termasuk nungguin dekorator yang lagi ngerjain hiasan di kamar pengantin dan pelaminan.... whuaaa baru tidur jam 2 dini hari sementara jam 5 udah kudu mandi dan persiapan buat acara akad nikah...... besok hari!


Wednesday, November 14, 2007

MALU? no way!!!!!!

sahabat bunda semua..... whuaaaa kangen banget dengan temans semua, dan kangen banget nge-blog lagi, kangen cetingan lagi.... wes pokoke kangen!! Alhamdulillah seluruh rangkaian acara pernikahan nna, berjalan dengan sukses dan lancar... walaupun ada kehebohan disana-sini, tetapi syukur Alhamdulillah bisa teratasi dan tidak menganggu kelancaran acara. tiada kata lain yang terucap selain ribuan puji syukur kepada Allah SWT, atas ijinNYA. Amien.


Hingga hari ini sebenarnya dirumah bapakibu masih banyak tamu, baik yang berkunjung maupun menginap, berkah buat kami sekeluarga.

tetapi, postingan pertama ini setelah bunda hiatus kemaren, bunda belum cerita dulu soal acara pernikahannya nna, ada satu ganjalan di hati bunda dan bunda harus cepet keluarin dulu. jujur perasaan bunda sekarang ini sedang campur aduk, antara senang, sedih dan marah sekaligus sakit hati! plus sakit kepala nyut-nyutan mpe sekarang belum sembuh....

walaupun akhirnya bunda menyadari bahwa ini adalah bagian dari perjalanan hidup bunda yang harus bunda alami dan cepat atau lambat pastinya akan bunda alami juga.

sebagai pengantar cerita, bunda informasiin dulu, kalo balqiz sekarang sudah masuk sekolah, mengikuti program early intervention di SLB Rawinala. balqiz belajar di sekolah 2x seminggu, tiap hari selasa dan kamis dari pukul 10.00 s/d 12.00 wib.

kemarin, selasa 13/11, bunda mengantar balqiz ke sekolah, setelah minggu lalu absen mengantar karena kesibukan acaranya nna, dan ada "sodara" yang ingin ikut mengantar balqiz, kebetulan beliau memang sedang menginap dirumah. bunda dengan senang hati ya ayo aja asal tidak mengeluh bosan atau capek, ya namanya juga nungguin anak sedang sekolah.

di sekolah, setelah balqiz masuk ke dalam kelasnya, berada dalam asuhan Ibu guru Rini dan Ibu guru Ndari, bunda pamit ke "sodara" untuk ngobrol dengan orangtua murid yang lain, karena kebetulan pula ada acara parents support di minggu lalu yang juga tidak bisa bunda hadiri, jadi mau nanya-nanya soal acara itu. bunda masih harus banyak belajar dengan ibu-ibu orantua murid yang lain, karena tentunya mereka sudah lebih dulu mengerti dan berpengalaman dengan anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus.

selesai ngobrol,.... rupanya "sodara bunda" sempat menguping, kemudian belio juga rupanya sempat juga berkeliling komplek sekolah dan pastinya akan bertemu dan melihat anak-anak yang juga sedang belajar, beraktifitas sesuai dengan jadwal dan program masing-masing. tiba-tiba sebuah pertanyaan terlontar dari belio....

"Ma!" panggilnya
"Ya?"
"Kamu gak malu punya anak begitu!!!"

duh serasa muka bunda ditampar dan disambar geledek!!
Ya Allah Ya Rabb.......
selama bunda dipercaya menjadi orantua balqiz belum pernah bunda dilontarkan pertanyaan seperti itu..... bunda bingung!! marah... sekaligus sedih..... sampai gak bisa ngomong apa-apa dan bener-bener gak tau juga mau ngomong apa!!! serasa ada air mendidih di kepala bunda.

Gak!!
bunda TIDAK PERNAH MERASA MALU punya anak yang, okelah bahasa kasarnya, BUTA!!
balqiz sama dengan alifah!!
sama-sama anak ayahbunda
sama-sama disayangi ayahbunda
sama-sama dicintai ayahbunda

tidak pernah sedikitpun terbersit dalam pikiran ayahbunda,
bahkan sebuah penyesalan pun tidak pernah terlintas dalam benak ayahbunda.
mungkin memang banyak yang masih malu, jika mempunyai anak yang kebetulan mempunyai kebutuhan khusus, tapi tidak dengan ayahbunda.

rupanya sebelumnya, "sodara" bunda sempat ngobrol dengan salah satu ibu, yang kebetulan adalah seorang pengasuh dari sebuah panti asuhan yang juga sedang mengantar salah satu anak ,sebut namanya "D", yang juga bersekolah di rawinala. "D" ini punya riwayat saat masih bayi dibuang oleh orangtuanya di depan pintu panti asuhan karena "D" adalah seorang anak tunanetra, ya itu tadi mungkin karena malu mempunyai anak yang tunanetra.

kalau saja bunda nurutin emosi dan tidak mengingat bahwa belio ini jauh lebih tua dari bunda....
bunda akan tahu sebuah kata yang akan bunda lontarkan kepada belio
"jangan-jangan kamu yang malu punya sodara buta!!"
syukur Alhamdulillah kata-kata itu tidak keluar dari mulut bunda, masih bisa menahan diri.

sahabat bunda, bunda dari awal sudah menyadari bahwa perjalanan bunda pasti penuh dengan banyak rintangan, dan mungkin ini juga salah satu dari rintangan itu. tidak hanya penilaian positif yang akan bunda terima dan pastinya akan lebih banyak lagi penilaian negatif yang akan bunda terima. ini salah satu pelajaran buat bunda!!

ket foto :
bunda & balqiz, setelah balqiz selesai operasi mata yg ke-2 di ME-S'pore

Tuesday, October 30, 2007

hiatus aka ngurusin acara pernikahan

sahabat bunda, dikarenakan sudah semakin mendekati hari H-nya acara pernikahan murna, adikku yang bungsu, dan udah diperlukan konsentrasi yang tinggi buat menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi bagian bunda, untuk sementara waktu bunda pamit dulu ya. hiatus bahasa kerennya. adapun rangkaian acara pernikahan nna ini, udah di mulai sejak hari rabu tanggal 7 november 2007 minggu depan. sebenarnya udah dari beberapa bulan yang lalu segala sesuatu persiapan sudah dimulai, fuih..... dari urusan gedung, pelaminan, katering, perias, baju pengantin, baju panitia, souvenir, undangan, tenda, kursi, bla.... bla.... bla duh banyak bener pernak perniknya yang udah bikin pusing dan heboh mondar-mandir ke sana kemari, dimaklumi kenapa ibubapak-nya bunda sebegitu antusiasnya, karena ini adalah hajatan mantu terakhir dari mereka dan sudah lama banget ditunggu-tunggu, secara hajatan mantu yang sebelum ini, pernikahan dias adik bunda yang nomer 2, sudah berlangsung 8 tahun yang lalu.

  • rabu, 7/11/2007 : pasang bleketepe dan rasulan/ selametan di rumah ibubapak, pondok gede
  • kamis, 8/11/2007 : pengajian & siraman di rumah ibubapak, pondok gede
  • jumat, 9/11/2007 : akad nikah di rumah ibubapak, pondok gede
  • minggu, 11/11/2007 : resepsi di gedung dhanapala, jakarta

dan mulai wiken ini sudah ada beberapa sanak kerabat yang mulai berdatangan dari Malang, Surabaya dan Makassar. mohon doanya agar seluruh rangkaian acara pernikahan adik bunda ini Insya Allah bisa berjalan lancar dan tidak ada halangan. Amien. bunda pamit hiatus dulu hingga seluruh rangkaian acara selesai dan pegel capek udah ilang ya....., mohon maaf jika dalam beberapa minggu belakangan ini bunda jarang BW, jarang menyapa lewat SB, jarang cetingan di YM dengan sahabat semua. duh pastinya bunda akan kangen dengan kalian semua!!! duh..... kuat gak ya gak ngeblog selama itu!!! whuaaaaaaaaaa......

Monday, October 29, 2007

hotel pelangi - toko oen - jumpa teman lama

setelah dua postingan terakhir bunda yang cukup menguras air mata dan perasaan, kali ini bunda mau cerita seputar pandangan mata selama perjalanan ke malang yang singkat minggu lalu. tak lupa bunda ucapkan terimakasih kepada semua sahabat-sahabat blogger bunda yang sudah memberikan simpati. terimakasih temans, simpati kalian sangat berarti buat bunda.

terakhir ayahbunda pulang ke Malang bulan Januari 2005. wuih udah lama juga ya! masa kecil bunda dulu pernah dihabiskan di kota dingin Malang ini. dulu bunda sekolah di TK PPSP IKIP Malang (model sekolahnya keik model lab school) sampai di pertengahan kelas 1 sd yang kemudian harus pindah ke Solo.

Kita sampai di Malang sekitar pukul 2 siang. langsung menuju ke Dinoyo, rumah Bu Yang-ku. disana kita tinggal sampai selesai acara tahlilan hari pertama. sekitar pukul 20.00 wib kita pamit dengan seluruh keluarga. Insya Allah saat pernikahan murna adikku yang tinggal dua minggu lagi bisa bertemu.

sepanjang ingatan bunda, masih banyak sih tempat-tempat di Malang yang gak banyak berubah. tetapi keik maskot kota yakni Alun-Alun udah banyak banget perubahannya. dulu air mancur di tengah alun-alun senantiasa terus memancur tetapi sekarang keiknya udah gak lagi. trus pinggiran alun-alun sekarang dipasangin pagar pembatas, dan banyak pohon-pohon beringin yang sudah ditebangi.... duh sayang banget sebenarnya. trus di tiap pojokan alun-alun ada kios-kios kecil yang sampai sekarang masih dipertahankan. bentuk kiosnya unik banget. sebenarnya masih banyak hal-hal unik yang ada di seputaran alu-alun, ada Mesjid Agung, kemudian Gereja Katedral, kemudian ada Sarinah pusat pembelanjaan yang juga udah ada sejak bunda masih kecil. trus ada juga bekas kantornya Bapak dulu.... (hehehehe... gak penting banget deh!) trus satu lagi yang unik adalah kantor pos, disana ada sebuah kotak pos yang gede dan tinggi warnanya merah, model kotak pos jadul deh dan sampai kini masih tetap dipergunakan, cuma.... batere kamera bunda udah bener-bener mati waktu itu!! duh menyebalkan sekali...

kalau ke Malang, udah bisa dipastikan deh kita nginepnya di hotel Pelangi. duh ini hotel jadul banget. bentuk bangunannnya sih masih dipertahankan, juga beberapa interior terutama di lobby dan di ruang makannya. untuk kamar-kamarnya udah direnovasi.... tetapi tetep aja kok kesan 'serem' jadul-nya kalo berada di dalam kamar, terutama di kamar mandinya kok tetep terasa ya. tapi anehnya ya itu dia biar berasa serem kok gak kapok juga selalunya nginep disana.

suasana di ruang makannya kerasa jadul karena lantai keramik dan hiasana dinding plus langit-langit masih dipertahankan hingga sekarang. tetapi untuk meja kursi dan peralatan makan sih udah gak. trus pilihan menu-nya saat sarapan ya biasa deh standart banget dan sangat minim pilihan, beda banget dengan hotel-hotel yang modern berbintang.

letak hotel Pelangi ini emang strategis banget, karena berada di depan alun-alun kota, berada di pusat kota Malang. nyontek di mas wiki, hotel ini berdiri sejak tahun 1934. jaman belanda banget kan.

Dan!! wisata kuliner yang tidak pernah dilewatkan kalo berkunjung ke kota Malang adalah restoran Toko Oen. hehehehe..... waktu bune Salma posting belanja kuker buat lebaran dan sempet buka puasa makan steak di Toko Oen Semarang, asli mupeng banget!! slurpppp... eh kok ya ndilalah tiba-tiba saja harus berangkat ke Malang, dan gak melewatkan dong buat mampir ke Toko Oen yang ada di Malang. Toko Oen yang ada di Malang ini berdiri sejak tahun 1930.... gak kalah tua ma hotel Pelangi kan.

Suasana resto toko Oen ini juga jadul banget. model meja kursinya kursi rotan jadul dan juga meja makan kayu-nya juga model udah jadul banget. kalo menurut sang pramusajinya hampir keseluruhan interior masih asli. wuih..... bahkan saat menunaikan panggilan alam, di area rest room-nya juga masih jadul gitu suasananya!! hiasan dindingnya, trus gerendel pintu kamar mandinya juga masih asli... kalo di lock di luar terlihat tulisan BEZET dan kalo lock-nya di lepas tulisannya adalah VRIJ.... hehehehe ada yang ngerti gak artinya dalam bahasa Indonesia? bune salma... tolong titip tanyain ke-papi ya!! hehehe...

Menu andalan toko oen adalah steak dan es krim. macem-macem pilihan steaknya, dias adikku dan ibu pilih tenderloin steak, bapak pilih nasi goreng, dan pilihanku adalah mixed grilled steak. jadi steak campur-campur ada udang, ikan kakap, daging ayam dan daging sapi. soal rasa? hmmmm..... yummy banget!! maknyus kalo kata Bondan Winarno. gak lupa pesan juga es krim Banana Split. soal rasa es krim sebenarnya sekarang ini sudah banyak banget yang lebih lembut dan lebih maknyus dari es krim oen.... tapi karena diembelin nilai historis dan nostalgia... tetep yummy!! masih menurut pramusajinya, pembuatan es krim masih menggunakan resep asli dan bahan-bahan asli plus cara pembuatan yang masih tradisional. ayo ayo..... silahkan ikut menikmati....

Setelah bepergian biasanya gak klop kalo gak punya oleh-oleh, karena udah di toko Oen, dan emang udah gak ada waktu lagi buat kemana-mana, udah malam plus besok paginya juga sudah harus kembali ke Jakarta, ya kita beli aja kue kering andalan toko Oen, sebenarnya banyak juga pilihan cuma karena jenis-jenis kuker yang lain juga cukup biasa keik nastar, kastengel, coklat dll, jadi pilihan kita kali ini adalah lidah kucing dan spekulas.







bunda juga sempat ketemu dengan teman lama. capri dan arief. sebenarnya mereka aslinya adalah teman ayah utam. tepatnya capri adalah teman kuliahnya ayah utam di Desain Grafis Universitas Udayana Angkatan 1990. mereka sudah lama bersahabat ya sejak sama-sama menjadi mahasiswa baru dan sama-sama menjadi anak kost. capri berasal dari Batu-Malang.

yang unik dari pasangan capri, biasa aku panggil Icha, dan arief adalah mereka pacaran sudah sejak dari jaman masih jadi anak kelas satu smp!! dan Alhamdulillah awet hingga menikah dan sudah dikaruniai 2 orang anak cewek, Raisa 9 tahun dan Mutia 2,5 tahun. dan sejak bunda pacaran dengan ayah utam yah otomatis jadi kenal dan akhirnya akrab dengan mereka. hingga kini kita masih menjalin tali silaturahim dan jika ayahbunda datang ke Malang atau mereka yang sedang berkunjung ke Jakarta, pasti disempatkan buat ketemu.

walaupun cuma sebentar tapi pertemuan ini menyenangkan sekali dan seru dengan berbagai cerita. pasangan capri dan arief punya usaha sendiri di bidang seni keramik, dengan merek matahati, jadi buat teman-teman yang pengen pesan souvenir atau pernak-pernik terbuat dari keramik bisa memesan kepada mereka di capriarief@yahoo.com


Thursday, October 25, 2007

berita duka vs anniversary

hari ini berita duka dan sebuah momen yang cukup berarti terjadi pada bunda. sudah sejak beberapa hari yang lalu bunda punya banyak rencana buat hari ini, tetapi bunda berencana, Allah SWT yang menentukan apa yang harus bunda alami hari ini.

Berita Duka
Pagi tadi skitar pukul 05.30 wib, saat bunda sedang menemani balqiz yang baru saja terbangun, suara telpon berdering, si mbak imah yang angkat telpon dan nyampein pesen kalo kung (bapakku) manggil. ya tanpa firasat apapun ya enteng aja bunda cepat nyeberang ke depan, rumah bapak. tanpa penjelasan apa-apa bapak langsung minta aku nyari tiket untuk berangkat ke Malang, hari ini juga. masih heran kok tiba-tiba amat... apalagi stelah liat koper terbuka yang lagi disusun isinya sama ibu tapi ya nurut aja, aku langsung duduk di komputer dan membuka beberapa situs penerbangan dan mencari tujuan Malang... sambil dimandorin tentunya sama bapak yang kliatan banget senewennya. dengan tenangnya bunda nanya, ada apa seh!! duh bukannya penjelasan yang didapat tetapi omelan panjang... bla.. bla.. bla... wes gak jelas!! rupanya ibu menangkap kebingunganku, blio deh yang menjelaskan bahwa sebuah berita duka baru saja diterima.

Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah nenek-nda tercinta (ibu dari bapakku) subuh dini hari tadi, 25 oktober 2007, di RSAL Surabaya. Dan rencanya jenasah akan dibawa ke Malang untuk dimakamkan berdekatan dengan makam Bapak Kung (mbah kakung-ku).


langsung sontak bunda jadi diam terpaku dan tiba-tiba mbrebes mili (menetes air mata), rupanya inilah jawaban atas keheranan bunda kenapa selama seminggu ini tiap kali bunda buka komputer dan mencari-cari di folder foto kok yang selalu yang ter-klik adalah foto bu yang (begitu aku memanggil blio). dan bunda sendiri sempet seh beberapa waktu lalu juga posting mengenai blio. foto ini diambil saat ayahbunda menjenguk blio di RSAL Surabaya, 7 Januari 2005. terakhir bunda menjenguk blio bulan Juni 2006.

bunda langsung teringat berbagai kenangan bersama blio, terlebih mengingat bunda cukup dimanjakan karena cucu pertama blio, dan di masa kecil bunda pernah diasuh blio saat bapak masih kuliah di Jakarta sementara ibu kuliah di Surabaya, semoga Allah SWT melapangkan kuburnya dan memeluknya dalam dekapan kasih sayangNYA.

setelah search di-internet dan telpon sana sini, akhirnya diperoleh tiket Mandala Airlines buat 4 orang hari ini untuk penerbangan pukul 12.00 wib. Alhamdulillah. ternyata untuk penerbangan tujuan ke Malang hanya ada 1x dalam sehari dengan airlines yang terbatas pilihannya. bersyukur Alhamdulillah kita masih dapat seat, karena setelah adanya kasus lumpur lapindo Sidoarjo, penerbangan tujuan Malang ini laris manis tanjung kimpul, karena banyak orang yang menghindari perjalanan darat Surabaya-Malang yang dalam kondisi normal seharusnya hanya makan waktu tempuh 1- 1 1/2 jam saja namun setelah adanya lumpur tersebut waktu tempuh bisa menjadi 3-4 jam perjalanan itupun dengan catatan jika tidak ada luapan lumpur.

akhirnya gedabak gedebuk menyiapkan ini itu.... termasuk prepare keperluan rumah selama ditinggal bunda pergi, karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan bunda untuk membawa serta anak-anak. akhirnya pukul 09.00 wib pagi aku ber-empat dengan bapak, ibu dan dias adikku nomer 2, berangkat menuju bandara dan sampai di Malang pukul 13.55 wib.

Disaat kita masih menunggu waktu boarding dibandara, masuk telpon dari salah satu adik bapak, yang mengabarkan jika jenasah sudah sampai di Malang, dan bapak mengijinkan untuk mensegerakan memakamkan tanpa menunggu kedatangan kita yang dari Jakarta. sehingga sesampainya kita di Malang, langsung menuju ke tempat pemakamanan. karena sudah di sana, sekaligus kita berziarah ke makam Bapak Kung (wafat; 22/12/1983).

setelah itu barulah kita menuju ke rumah duka. disana bertemu dengan sanak kerabat yang jarang sekali ketemunya, sekaligus ber-lebaran kan masih bulan syawal. kita trus nyiapin buat acara tahlilan bada maghrib. oya, berbeda dengan Jakarta, petanda rumah duka jika di Jakarta adalah bendera kuning yang terbuat dari kertas minyak, di Dinoyo - Malang ini petandanya adalah bendera berwarna putih terbuat dari kain yang jika tidak digunakan akan disimpan di mesjid/ musholla. dan usai acara tahlil akan ditutup dengan makan malam yang telah disediakan, malam ini menunya soto ayam, tidak prasmanan tetapi sudah ditantingi (bahasa jawa; diracik) di piring. hingga 7 hari lamanya dan dihari terakhir selain makan malam, juga ada besek yang akan dibawa pulang. selesai acara tahlilan, lanjut beberes dan ngobrol, kita pamit dan menuju hotel. cerita lain yang mengiringi perjalanan bunda ke Malang ini nanti diposting tersendiri ya.






10th ANNIVERSARY; 25101997 - 25102007
Dan hari ini juga, 25 Oktober 2007, Alhamdulillah bunda dan ayah telah menjalani masa pernikahan selama 10 tahun. sebuah rentang waktu yang bisa dibilang sebentar dan juga bisa dibilang cukup lama. dari sebuah pertemuan dan perkenalan di halaman sebuah atm bank di Denpasar-Bali tahun 1995, berlanjut hingga di pelaminan 25 Oktober 1997.

banyak sudah yang ayahbunda alami, dari yang susah, senang, sedih, gembira, sebel, jengkel, menggelikan, manis, pahit, asin, gurih, bahkan berada di sebuah titik nadir 0, terpuruk dalam sebuah situasi yang tidak pernah kita impikan. Alhamdulillah ayahbunda masih bisa menjalani garis hidup yang ditentukan Allah SWT bagi kami berdua.

Ya Allah Ya Rabb
Engkau Maha Tahu bagaimana kami berdua
Ya Allah Ya Rabb
Dengan ijinMU lah hingga detik ini kami berdua masih bersama sejalan
Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah kami berdua tetap berjodoh hingga di alam akhirat nantinya
Ya Allah Ya Rabb
sujud syukur kami berdua persembahkan kepadaMU

Suamiku, ridhoi aku dengan segala kekuranganku tetap menjadi istrimu.



note :
postingan ini sebenarnya bunda buat tgl 26/10/2007 tetapi tgl diatas bunda mundurkan 1 hari untuk ngepasin momennya.

Tuesday, October 23, 2007

in memoriam tantri tamayanthi utami

postingan kali ini bunda tulis, untuk mengenang 2 tahun meninggalnya adek tantri tamayanthi utami. udah lewat 10 harian sebenarnya dan jujur bunda sendiri agak-agak gak sreg buat posting, hanya trus inget bahwa salah satu tujuan bunda punya blog adalah untuk dokumentasi perjalanan hidup bunda dan anak-anak, dan supaya nantinya alifah dan balqiz juga tahu bagaimana cerita tentang adik mereka. sehingga, inilah postingan bunda kali ini.

2005,
Selasa, 11 Oktober 2005, 25 hari AlifBaTa
pukul 19.00 wib belum lama bunda sampai di rumah, setelah menjenguk AlifBaTa di rsia Hermina, ada telpon dari rs, mengabarkan bahwa kondisi tantri drop. jantung bunda turun lagi 180 derajat mendengarnya,.. sekaligus tak percaya. karena pukul 17.00 wib saat bunda pamit dengan anak-anak, kondisi tantri masih stabil bahkan hari ini berat badannya naik lagi 0,05 gram menjadi 685 gram. dan saat bertemu dengan dr.Idham Amir,SpA(K) saat jam besuk pagi hari, blio mengatakan punya rencana untuk melepas mesin bantu pernafasan tantri, karena paru-parunya sudah bisa berfungsi maksimal.
pukul 23.00 wib telpon kembali berdering, ayah dan bunda saling pandang dan enggan sekali mengangkatnya karena sudah tahu pasti dari rs. benar, bahkan dr.Idham sendiri yang bicara dengan bunda kemudian dengan ayah. mengabarkan kondisi tantri yang semakin drop dan setelah diadakan pemeriksaan ternyata ada infeksi di paru-parunya.

Rabu, 12 Oktober 2005, 26 hari AlifBaTa
pukul 01.00 wib dini hari, telpon berdering, rs meminta ijin ayahbunda untuk melakukan transfusi sel darah putih kepada tantri.
pukul 05.00 wib setelah shalat subuh, ayahbunda segera berangkat ke rsia. bunda terkejut melihat kondisi tantri, berbeda sekali dengan hari kemarin, tatapan matanya membuat bunda menangis, tatapan mata seorang anak yang sedang meminta tolong kepada bunda untuk bisa menghilangkan rasa sakitnya,..... duh Gusti Allah, andai bisa aku saja yang merasakan kesakitan itu, jangan tantri, jangan anakku!! hari ini ayah minta ijin untuk tidak masuk kantor. dan segera pula ayah mengabarkan kondisi tantri ini kepada seluruh keluarga inti ayahbunda. bertemu dengan dr.Idham blio pun sudah meminta kita untuk ikhlas dan terus berdoa, walaupun kecil kemungkinan untuk bisa bertahan, mereka tetap akan mengupayakan yang terbaik. satu hal yang bunda rasakan sebagai warning adalah, ketika dr.Idham mengijinkan ayahbunda untuk terus mendampingi tantri berada di ruangan NICU. padahal biasanya jam besuk di ruangan NICU ini hanya 1 jam pagi dan 1 jam sore, lho kok ini malah diminta terus mendampingi. ditambah lagi pesan dari suster kepala sr.Wayan, kalau kita punya keperluan, sebaiknya bergantian, harus ada salah satu yang tetap mendampingi tantri. mungkin tantri masih setengah sadar akan kehadiran ayahbunda-nya, karena bunda masih merasakan sedikit tarikan di jari bunda saat bunda menyelipkan jari bunda ke dalam genggaman tangan tantri. walaupun sudah tidak ada cahaya di matanya dan tidak ada reaksi apa-apa jika badannya disentuh. sementara itu, di ruangan perina, dimana alifah dan balqiz berada, entah sebuah kebetulan entah sebuah 'feeling' balqiz sepanjang hari gelisah terus.
pukul 22.00 wib ayahbunda di rs. melihat kondisi bunda yang udah kecapean dan mungkin juga ayah sempet ngeh dengan keluhan bunda akan rasa nyeri di jahitan operasi caesar bunda, akhirnya kita pamit pulang. sr.Daini yang menjadi kepala jaga malam itu berjanji akan terus memantau dan mengabarkan kerumah.

Kamis, 13 Oktober 2005, 27 AlifBaTa
setelah ayah makan sahur dan shalat subuh kita cepat cepat kembali lagi ke rs, mungkin juga feeling bunda, nyiapin baju ganti dan perlengkapan ini itu kalo-kalo diperlukan untuk menginap di tempat kost (selama AlifBaTa berada di rs, bunda sewa kamar kost di samping rs buat tempat istirahat antara jam besuk pagi dan jam besuk sore dan kalau malam tetap pulang kerumah pondok gede). kondisi tantri menurut sr.Wayan sudah koma. terbukti memang sudah tidak ada lagi tarikan jika bunda selipkan jari bunda di genggaman tangannya, kemudian warna kulitnya sendiri juga sudah mulai berubah, badannya agak bengkak karena cairan infus rupanya sudah tidak bisa terserap tubuhnya. angka akurasi yang tertera di mesin.. naik turun... terkadang lemah sekali, terkadang terlihat teramat normal. bunda sudah tidak menghiraukan lagi siapa saja yang datang menjenguk diluar sana, hanya ayah yang keluar dari ruang NICU untuk menemui sahabat, sanak keluarga yang datang. bunda masih setengah ikhlas melepas 'kepulangan' tantri tapi bunda juga masih terus memompa semangatnya buat berjuang. semua doa bunda panjatkan, semua harapan bunda sampaikan, juga janji bunda untuk membawanya pulang kerumah ayahbunda.
pukul 22.00 wib rupanya ayah baru ngeh kalau bunda belum makan minum seharian, ngalahin ayah yang lagi puasa ramadhan, setelah proses paksa-memaksa akhirnya bunda turun juga ke lantai 1, di kantin udah gak banyak lagi makanan yang tersedia, yang ada tinggal bakso kuah aja, yo wes daripada gak ada itu aja cukuplah buat bunda. saat bunda naik lagi ke ruang NICU, sr.Frieska yang menjadi kepala jaga malam itu, sempat bicara, ini karena semangat ayahbunda-nya maka tantri masih bisa bertahan hingga sekarang.. dan memang pada saat itu angka akurasi jantung, paru-paru tantri menunjukkan angka normal. dan terlihat kalau tantri tenang banget, seperti sedang tidur nyenyak. akhirnya sr.Frieska meminta kita supaya istirahat saja dia akan pantau terus kondisi tantri.
pukul 23.30 wib ayah memutuskan kita menginap di tempat kost.

Jumat, 14 Oktober 2005, 28 hari AlifBaTa
pukul 04.00 wib entah apa yang merasuki bunda, tiba-tiba saja perasaan bunda enteng banget gak ada beban sama sekali, dan tiba-tiba saja perasaan ikhlas itu menyerap dalam diri bunda. dan rupanya ayah juga mengalami hal yang sama,
"ikhlasin tantri ya im..." kata ayah (im panggilan ayah ke aku)
"ya, aku ikhlas bang, tantri pulang"
setelah ayah makan sahur, kita cepat mandi dan menuju rs, pas adzan subuh. bunda naik duluan ke ruang NICU sementara ayah mo sholat subuh dulu di musholla rs.
sampai di luar ruang NICU, bunda lihat sr.Frieska sedang berdiri disisi inkubator tantri. sr.Ana yang menyambut bunda dan bercerita kalau sr.Frieska bener-bener gak beranjak dari sisi inkubator tantri, bahkan gak mau juga makan sahur bergantian dengan suster lain. bunda lihat kondisi tantri memang sudah lemah banget. angka akurasi di mesin juga kecil....
pukul 04.45 wib dengan Bismillah bunda bacakan doa, kemudian ajak ngomong tantri
"dek... kalo adek mau pulang, pulang ya nak. bunda ikhlas, ayah ikhlas. adek pulang ke rumah Allah, adek akan senang disana, gak lagi kesakitan" kemudian bunda mentalkinkan tantri.
ajaib-nya angka akurasi di mesin langsung melonjak menjadi angka normal!! Ya Gusti Allah....
pukul 04.50 wib ayah sampai di ruang NICU. dan ayah ajak tantri ngobrol juga. kemudian dibacakan doa dan mentalkinkan.
pukul 05.00 wib tantri "pulang" sebuah garis datar muncul di layar mesin alat bantu pernafasannya. rupanya tantri menunggu didampingi ayahbunda dan menunggu ayahbunda benar-benar merasa ikhlas.
pukul 05.10 wib dr jaga memeriksa tantri dan menyatakan bahwa tantri sudah meninggal dunia dan segera membuatkan surat-surat yang diperlukan.
pukul 05.30 wib sr.Frieska meminta ijin ayahbunda untuk melepas semua peralatan medis yang menempel di badan tantri.
dengan dipeluk ayah, kita berdua nangis. dan di saat yang hampir bersamaan alarm salah satu inkubator di ruang perina berbunyi, balqiz!!
setelah bunda agak tenang dan ditemani dengan sr.Ana, ayah mulai mengabarkan berita kepada seluruh sahabat dan sanak kerabat. sesuai prosedur rumah sakit, harus menunggu dahulu selama 2 jam barulah bisa dibawa pulang. dan saat jam pergantian shift jaga perawat, bunda menerima banyak simpati dari perawat-perawat di ruang perina & NICU ini... beberapa yang memang cukup dekat dengan bunda ikut menangis bersama bunda. satu pesan yang bunda ingat, hanya saja bunda lupa siapa yang mengatakan pesan itu,
"bunda boleh menangis sepuasnya sekarang! tapi setelah tantri dimakamkan, tidak ada lagi tangisan, tidak ada lagi air mata, tidak ada lagi kesedihan!! ingat ada alifah dan balqiz yang membutuhkan bundanya"
pukul 07.20 wib dijemput dengan nna adikku, karena ayah gak sanggup setir mobil sendiri, memenuhi janji bunda, membawa pulang tantri ke rumah ayahbunda. pertama dan terakhir kali ayahbunda bisa memeluk tantri, pertama dan terakhir kali ayahbunda bisa menggendong tantri, pertama dan terakhir kali ayahbunda bisa mencium tantri. di mobil saat perjalanan, ayah sempet nangis yang sesenggukan!! pertama kalinya bunda melihat ayah menangis seperti itu.
pukul 08.00 wib kita sampai di rumah ayahbunda. ternyata dirumah sudah banyak tamu, dan semua sudah siap sedia rupanya. bahkan belakangan bunda tahu, ternyata urusan di tempat pemakaman sudah siap juga. sampai rumah tantri segera dimandikan dengan dipangku ayah dan kemudian dirapikan. wajahnya cantik sekali, begitu mungil dan terlihat seperti tidur nyenyak. wajahnya mirip sekali dengan balqiz.
pukul 09.00 wib kita berangkat ke mesjid Babussalam tidak jauh dari rumah, dan setelah disholatkan (Alhamdulillah banyak yang ikut menyolatkan) kita segera berangkat menuju tpu pondok ranggon - cibubur.
pukul 10.00 wib tantri dibaringkan oleh ayah di pusaranya.
dan pukul 10.00 wib itu juga menurut sr.Wayan, kondisi balqiz drop bahkan sempat "lupa napas" selama 8 detik.

2007,
Minggu 14 Oktober 2007 - 3 Syawal 1428 H
masih suasana lebaran, ayahbunda bersama alifah balqiz, menjenguk tantri di pusaranya. mengirim doa buat tantri. Tidak terasa waktu 2 tahun sudah berlalu.
Bunda ikhlas nak,.....










Tuesday, October 16, 2007

cerita lebaran

Jumat, 12 Oktober 2007
Seperti yang sudah diduga dari awal-awal minggu bulan ramadhan, jatuhnya penetapan 1 syawal 1428 H kembali berbeda. sepanjang ingatanku selama menjalani lebaran bersama ayah utam, rasanya ya emang hampir tiap tahun deh ngerasain perbedaan ini. dan buat aku ya dinikmati aja, tidak perlu menjadi sesuatu yang diperdebatkan. keluarga ayah utam merayakan hari raya Idul Fitri 1428 H pada hari Jumat, 12 Oktober 2007.

seperti tahun lalu pula (setelah ada si kembar) ayah utam berangkat pagi-pagi sekali, sendirian ke tomang buat shalat Ied. sementara si kembar belum bangun aku dan suster yanti bergotong royong segera merapikan rumah dan packing ini itu buat keperluan selama kita berada di tomang, gak nginep seh.. cuma kok tetep banyak ya yang harus di bawa... dan karena emang selalunya tiap lebaran udah dipastikan kita gak pernah ada dirumah, emang dari dulu pas lebaran gak pernah masak yang khusus. kue lebaran juga beli aja, praktis dan udah pasti enak, buat pantesin pajangan meja.... hehehe.

udah hampir jam 10 pagi, aku baru bisa berangkat menuju tomang... itupun setelah beberapa kali ayah utam udah bolak balik telpon ke rumah.... sampai disana ya udah ramai deh sama seluruh keluarga inti H.M.Nadjib yang jumlahnya ada 37 orang itu... berbeda tradisi dengan keluarga aku yang pake sungkeman, di keluarga ayah utam tradisinya cium tangan dan peluk cium sambil mengucap permohonan maaf. dan 1 lagi tradisi lebaran yang amat sangat dinanti anak-anak adalah pembagian angpao... asyik!! menu lebaran di rumah mertua adalah ketupat, sayur godog, semur daging. trus jajanan yang khas juga di rumah mertua adalah dodol, geplak ler, dan tape uli.

bencana di hari raya adalah... dengan sukses handphone-ku dibanting sama balqiz!! duh... nak hape atu-atunya gitu lho... maafkan daku ya temans... tidak mengirim/ membalas ucapan hari raya kepada temans semua melalui sms!! selamat merayakan Idul Fitri 1428 H dan terimalah permohonaan maaf kami sekeluarga.

berhubung keluarga ayah dan ibu mertua-ku adalah keluarga besar dan tradisi di mereka adalah saling mengunjungi ke rumah-rumah... sebagai menantu ya berusaha menjadi menantu yang baik dan benar ikut juga dong berkeliling se-kawasan tomang.

Sabtu, 13 Oktober 2007
giliran aku dan suster yanti lengkap membawa alifah balqiz plus stroller-nya mereka berangkat sholat Ied di mesjid Babussalam di komplek rumah. selesai sholat ya skalian deh bersilaturahmi dengan tetangga-tetangga rumah yang hampir sebagian besar juga sholat Ied di sana... jadi urusan bersilaturahmi dengan tetangga nyaris selesai saat itu...

pulang dari sholat Ied, langsung ke rumah bapak-ibu, baru deh ayah utam ikutan gabung. setelah acara sungkeman dan pembagian angpao, makan dong!! menu tiap lebaran di rumah ibu adalah coto makassar lengkap dengan buras. hmmmm yummy (lupa, gak di poto)

selesai dari rumah ibu, siap-siap lagi buat meluncur kembali ke tomang, kali ini wilayah jelajah kita di sekitaran At-Taqwa, kemudian karena udah siang dan balqiz juga ketiduran, kita ke rumah kakek dulu. baru deh sore menjelajah di kawasan kota bambu dan sekitarnya, termasuk ke rumah 2 kakak ipar yakni nci ida kakak ipar nomer 3 dan nci rahma kakak ipar nomer 4. alifah seneng banget bisa liat kembang api dan petasan . balik lagi ke rumah ayah mertua... e ternyata di sana ada bapak-ibu lengkap dengan adik-adik-ku.

Minggu, 14 Oktober 2007
Hari ini juga genap 2 tahun meninggalnya adik Tantri Tamayanthi Utami, semoga Allah memeluknya dalam dekapan hangatNYA, kita ke makam tantri dulu, di sana alifah dengan polosnya dan tanpa rekayasa bin diatur-atur spontan bilang "adik" sambil pegang nisan... jadi netes air mata liatnya. Al Fatihah.

sempet sarapan soto mie dulu, banyak banget yang jualan makanan, dan banyak banget yang juga punya keperluan berziarah maupun memakamkan sanak keluarga mereka. Alhamdulillah seh, tpu pondok ranggon ini dikelola cukup baik, jadi gak ada gepeng, gak ada juga orang-orang yang bawa-bawa perlengkapan sapu dll buat nawarin ngebersihin makam, jadi kita bisa bebas berziarah tanpa risih dibuntutin.

udah ditelpon lagi ma kakak-kakak-nya ayah utam nanyain kita ada dimana, karena rencana hari ini kita akan menjelajah wilayah Tangerang. segera meluncurlah kita ke arah Petukangan kerumah Nurul, adik ayah utam. disana gak lama, lanjut menuju Cipondoh ke rumah nci yati kakak ipar nomer 2 dan terakhir ke rumah bang chaerul kakak ipar no. 1 di Duta Bintaro. Nah di rumah nci yati ini deh... lagi-lagi alifah bikin heboh... maunya ke pinggir kali aka sungai mlulu, di depan rumah nci yati emang kebetulan ada aliran sungai.... entah dia main apa aja mpe dekil banget!! duh nak.... kamu kan anak cewek gitu lho . sementara balqiz, tetep aja gelisah dan ngerasa gak nyaman. ini terkadang masih jadi kendala buat aku kalo bepergian dalam waktu cukup lama dan harus berada ditengah-tengah orang banyak.

Senin, 15 Oktober 2007
Sebenarnya, rencana awal hari ini masih mau lanjut giliran bersilaturahmi ke daerah timur, artinya, giliran rumah kita yang bakalan di satroni dan lanjut ke rumah nci yuni kakak ipar no 5 di Cibinong, tetapi karena semua udah kehabisan amunisi aka energi aka tenaga, Alhamdulillah dibatalkan dan baru minggu depan mereka akan datang ke rumah kita. lega juga seh... secara baju kotor sudah semakin menggunung dan lantai rumah debunya sudah 1 inchi... akhirnya seharian dihabiskan dengan kerja rodi berdua ma suster yanti, sementara ayah utam dapat jatah tugas beli makanan , gak masak soale, dan njagain alifah balqiz.... hehehehe... toss dulu ah ma ayah ya!! hmmm... pegel kan njagain si kakak yang gak bisa diem dan si adek yang maunya loncat trus. abis maghrib udah pada kecapean... tidur!!

Selasa, 16 Oktober 2007
Ayah utam udah harus kembali kerja, kembali kepada rutinitas lagi. berhubung asisten belum lengkap ya... masih kerja rodi. cerita-cerita seputaran lebaran yang masih tersisa... nti ya.. kalo ada waktu buat nge-blog lagi

dan ini foto-foto seputaran lebaran kemaren...





Tuesday, October 9, 2007

kopdar with ais

ternyata sudah cukup lama juga kenal dan
saling sapa di dunia blogger dengan vera mommy aisyah di denmark, dan begitu tahu ve ada rencana pulang ke Indonesia, kita saling tukar telpon buat bisa kontak sesampainya ve di Jakarta. dan Alhamdulillah beberapa hari yang lalu, dapet kabar dari ve kalo dia sudah di Indonesia bahkan sempat ke Padang dulu sebelum sampai di Jakarta. karena sempat sakit, flu, jadi ve baru ngabarin kedatangannya sekalian ngundang kita buat ketemuan dibarengin dengan ulang tahunnya ais ke-1.

akhirnya minggu sore (7/10) kita ketemuan di acara ulang tahunnya ais di KFC Bulungan. sepanjang perjalanan beda banget suasananya dengan sehari sebelumnya yang super duper macet, minggu sore kemaren bisa dibilang jalanan jakarta udah mulai lengang keiknya udah banyak penghuni jakarta yang pulang kampung aka mudik. cuma emang masih ada kemacetan begitu masuk jalan mahakam, disamping emang pas di sman 70 ada acara, trus disekitaran situ kan emang banyak banget tempat makan yang seru dan murmer sementara waktu juga udah mendekati saat berbuka puasa.

aku datang bertiga dengan alifah dan suster yanti. balqiz emang gak aku ajak, karena rencananya senin (8/10) aku dan balqiz mau ke sukabumi buat berobat alternatif. selamat ulang tahun ais semoga sehat selalu dan menjadi anak sholehah. senang bisa ketemu dengan ve sekeluarga. Insya Allah kita punya rejeki dipertemukan kembali.

senin (8/10) aku, balqiz dan mbak Ida berangkat ke sukabumi jam 09.30 dan sampai di sana jam 14.00 siang. fuih... lama ya.. disamping emang jauh, lalin jalanan udah mulai ramai, beberapa tempat juga mengalami kemacetan, kita juga sempat berhenti cukup lama, soale si Agus (supir) rada-rada ngantuk, pas brenti itu skalian nyuapin balqiz makan siang dan sholat dhuzur. Insya Allah sih bisa tetap puasa.


Alhamdulillah bisa pinjem kijang mobil+supir-nya kung, supaya bisa ngegelar kasur dengan ngelipet jok bagian tengah dan belakang. jadi keik piknik di mobil ya nak... mengusahakan supaya balqiz tetap nyaman aja selama perjalanan.

Alhamdulillah sepanjang perjalanan pergi pulang dan selama antri plus njalani pengobatan alternatif balqiz enggak terlalu rewel. sempet panik sebentar, biasa deh karena feeling-nya balqiz mengatakan kalo dia berada di satu tempat yang baru sekali didatangi dan mendengar juga banyak orang-orang yang tidak dikenalnya. Insya Allah ya nak.... ayahbunda tetap mengusahakan ikhtiar, walaupun ayahbunda juga ikhlas dengan ketentuan Allah SWT. kamu tetap anugrah terindah bagi ayahbunda. baru selesai semua keperluan hari udah menjelang maghrib, akhirnya nyari tempat buat buka puasa dulu baru deh lanjut pulang menuju Jakarta. sebenarnya kondisi lalin gak sepadat saat berangkat, tapi berhubung hujan lebat sekali, ya gak berani jalan dengan kecepatan tinggi, walaupun udah pengen banget buat cepet-cepet sampai di rumah. kita sampai dirumah jam 10 malem!!

Thursday, October 4, 2007

masa remaja

kangen ma adek udah terobati, bunda udah njenguk adek tantri, udah kirim doa, semoga Allah memeluknya dalam kasihsayangNYA memberikan taman bermain yang indah di dalam istanaNYA, dan ini masih cerita soal kangen, akibat ngobrol lewat SB ma koz yang ada di samarinda, akhirnya bikin kangen sama kota samarinda. keiknya emang bener ngkali ya pepatah lama mengatakan "skali minum air mahakam, pasti terkenang slalu"

masa remaja-ku *caila.... remaja!!* sempat berada di kota samarinda, kalimantan timur. pertengahan 1982 hingga pertengahan 1986 (4 tahun) kita sekeluarga berada di samarinda setelah sebelumnya berada di Ujung Pandang aka Makassar selama 3 tahun, saat naik kelas 2 sma aku baru pindah ke jakarta. keberadaanku disana berkaitan dengan tugas bapak yang emang nuntut buat berpindah-pindah. jadi masa kecil dan remaja ku dulu tersebar di beberapa kota (surabaya, malang, solo, ujung pandang, samarinda, jakarta, medan, lhokseumawe) di negeri tercinta ini.

di awal aku tinggal di samarinda masih sepi banget.... aku tinggal di daerah air putih namanya, di Jl Ir. H. Juanda, di pinggir jalan besar sebenarnya tapi asli dalam sehari thu mobil yang lewat di depan rumah bisa dihitung, gak lebih dari jumlah jari tangan dan kaki. persis di depan rumah adalah perbukitan yang masih berupa hutan. jadi temans.... kalo kita duduk di teras masih suka liat ada monyet yang bergelantungan di pepohonan, trus masih suka liat musang, dan serunya lagi beberapa kali kejadian ada ular masuk ke dalam rumah.... waks!! serem bok secara ularnya adalah ular kobra yang kepalanya bisa berdiri gitu.... tapi setelah masuk di tahun ketiga, udah mulai deh rame yang berakibat juga semakin jarang ada penampakan para hewan-hewan tersebut secara semakin banyak rumah-rumah yang dibangun.

air bersih disana susah banget. walaupun samarinda itu berada di tepi sungai Mahakam, airnya payau rasanya apalagi kalo lagi pasang laut naik. jadi yang namanya air bersih kudu hemat banget, tiap 2-3 hari sekali ada mobil tangki yang datang buat isiin air di bak penampungan. keiknya tiap rumah pasti punya.

kotanya tenang, gak terlalu besar diputerin satu jam juga udah kelar, nyaman banget seh rasanya waktu itu. kalo bulan ramadhan keik begini yang bikin kangen adalah pasar wadai aka pasar kue *ada liputannya di sini*, kalo dulu pusat pasar wadai ada di depan halaman mesjid Agung, segala macam rupa kue-kue khas kalimantan ada bahkan ada beberapa jenis yang emang cuma muncul pas bulan ramadhan. gak cuma kue-kue sih yang dijual berbagai lauk buat persiapan berbuka puasa atau sahur juga banyak dijual. seru aja berburu kue di pasar wadai.

waktu itu jembatan penghubung antara kota samarinda dan samarinda seberang belum ada, jadi harus pakai kapal feri buat menyeberang. kalau sekarang buat perjalanan ke balikpapan bisa ditempuh kurang lebih 2 jam, dulu bisa 3-4 jam baru nyampe karena selain harus antri di tempat penyeberangan feri juga kondisi jalan belumlah sebagus saat ini. oya, sebutan mobil angkutan kota disebutnya taksi, hehehe... gaya bener kan pulang pergi sekolah naik taksi.

walaupun judulnya samarinda itu ibukota propinsi Kalimantan Timur, tapi emang gaungnya kalah pamor ma balikpapan. dan keiknya sampai saat ini juga belum ada penerbangan yang langsung ke sana, pasti via balikpapan. lapangan terbang Temindung letaknya berada di tengah kota, udah gak representatif seh sebenarnya keberadaannya. waktu itu landasan pacunya itu membelah jalan raya, jadi keik model kereta api... kalo ada pesawat yang mau landing atau take off palang pintunya dipasang..... werrr lewat deh thu pesawat di depan mata!!

aku sekolah di smp negeri 1 samarinda masuk di kelas 1-9. kelas 1-nya ada 10 kelas. seluruh kelas 1 masuk siang. ceritanya walopun anak baru tapi aku yang SKSD gitu jadi dalam waktu singkat cepet punya temen dan aku sangat sangat kangen sama teman-temanku di samarinda ada Dayang Sylvia Masthora, Rini Syafriani, Norsehan, Farida, Arafat, Etty Yulianti, Sri Rejeki, dan masih banyak lagi.... dimanakah kalian semua saat ini? *kira-kira mereka ada yang baca gak ya ceritaku ini* dan ini neh hehehehe..... yang manis buat diingat adalah..... cinta monyet !!! ups....

*ayah utam, maap..... yakinlah ini tidak mengurangi rasa cintaku padamu *

jadi ceritanya, pas udah kelas 2 smp, satu kamis sore saat harus ke sekolah karena kelasku dapet giliran buat ngepel aula yang akan dipakai shalat jumat esokannya, aula sekolahku emang slalu dipake buat shalat jumat selain untuk siswa sekolah juga masyarakat sekitar bahkan hingga saat ini, sama temenku, aku dikenalkan ma kakak kelas singkat kata falling love aka cinta monyet... pacaran yang gaya back street, cuma di sekolah doang.... ya maklum lah namanya juga anak smp gitu loh!! cinta monyet itu berakhir saat aku harus pindah ke jakarta...


*kabar angin di koran mengatakan blio sekarang tinggal di Tengarong, sudah menikah, konon pula merupakan salah satu tokoh masyarakat terkenal di sana! masih ada seh potona blio... tapi demi keamanan dalam negeri disimpen aja didalam kotak gak dipublish*

dan sempet di aula itu kita berdua nulis nama kita di bawah salah satu tiang aula itu...... koz bisa diliat di cek ya masih ada gak thu tulisan? hehehehe.... (note : udah di cek ma Koz, tulisannya udah gak ada lagi... udah diputerin sekeliling aula tiap tiang di periksa... gak ada juga!! tengkyu koz)

penampakan gedung sekolah dan aula-nya saat ini dah beda banget, konon gedung asli sekolah smpn 1 itu dulunya adalah rumah sakit belanda terbukti dengan lorong kelas yang emang keik lorongnya rumah sakit-rumah sakit jaman dulu. dulu jendela kelasnya beasr-besar, dipasangin gorden pulak, kalo guru meleng suka ada yang loncat deh lewat jendela buat bolos.... (daku tidak termasuk lho ya!!), trus aulanya dulu masih plur semen bukan di keramik dan kalo di foto diatas di bagian belangan aula ada lapangan volly, dulunya itu ruang kelas.

lulus smp aku masuk di sma negeri 3 samarinda, waktu itu masih termasuk sekolah baru, pas aku masuk itu adalah angkatan ke-3 dan pas tahun ajaran itu mulai diberlakukan penjurusan model A1-Fisika, A2-Biologi, A3-Sosial, A4-Bahasa setelah tahun sebelumnya penjurusan yang ada adalah IPA & IPS. kali ini sekolahku lumayan deket ma rumah, akhirnya ngerasain juga yang namanya pulang pergi sekolah bisa jalan kaki....

nah pas sma inilah jamannya bikin genk-genk gitu deh, aku punya genk namanya PREOLA, Prima, sri Rahayu, Erna Wulandari, fathiah Olfah Kamberanny, Linda Sondang Debora Sinambela, Anniversary, hingga saat ini personil PREOLA masih saling kontak, aku dan Erna di Jakarta, Veri di Jogja, Olfah di Samarinda dan Yayuk di Balikpapan terkecuali Linda Sondang Debora Sinambela aja yang mpe sekarang tidak ketahuan dimana keberadaannya



*ada teman blogger yang kenal gak ya? kabar terakhir linda dia kuliah di ITB Fak. Teknik Perminyakan Angkatan 88 lulus tahun 1996 data lain smp-nya linda dulu di smp metodhist medan*

trus ada satu cerita unik, saat kelas 1 sma itu, udah pas pertengahan tahun ajaran seh, ada anak baru, pindahan dari salah satu kota pedalaman di kalimantan dan yang bikin berbeda adalah.... blio mempunyai daun telinga yang cukup panjang, bagi masyarakat dayak semakin panjang dan semakin berat/ besar anting yang mereka kenakan menandakan kecantikan dan kemakmuran mereka. sebenarnya saat itu udah sangat jarang kaum muda yang masih melestarikan kebudayaan tersebut, tinggal yang sudah sepuh-sepuh. wah heboh dong satu sekolah... dan akhirnya blio melakukan operasi untuk menghilangkan daun telinga yang memanjang itu.

naik kelas 2 sma berhubung bapak dipindah tugaskan ke jakarta, pindahlah ke jakarta. berakhir sudah kisah remaja di samarinda . gak kerasa ternyata sudah 20 tahun lebih waktu berlalu!!


note :
foto smpn 1 dan foto aula hasil kiriman koz yang sudah berbaik hati berkunjung ke smpn 1 dan sholat jumat disana, terimakasih!!
foto preola hasil kiriman dari Olfah, tengkyu ya say!

ket foto kika : erna, olfah, aku, yayuk, linda, veri
foto wanita dayak di upload dari : www.photoimageindonesia.com