Wednesday, November 14, 2007

MALU? no way!!!!!!

sahabat bunda semua..... whuaaaa kangen banget dengan temans semua, dan kangen banget nge-blog lagi, kangen cetingan lagi.... wes pokoke kangen!! Alhamdulillah seluruh rangkaian acara pernikahan nna, berjalan dengan sukses dan lancar... walaupun ada kehebohan disana-sini, tetapi syukur Alhamdulillah bisa teratasi dan tidak menganggu kelancaran acara. tiada kata lain yang terucap selain ribuan puji syukur kepada Allah SWT, atas ijinNYA. Amien.


Hingga hari ini sebenarnya dirumah bapakibu masih banyak tamu, baik yang berkunjung maupun menginap, berkah buat kami sekeluarga.

tetapi, postingan pertama ini setelah bunda hiatus kemaren, bunda belum cerita dulu soal acara pernikahannya nna, ada satu ganjalan di hati bunda dan bunda harus cepet keluarin dulu. jujur perasaan bunda sekarang ini sedang campur aduk, antara senang, sedih dan marah sekaligus sakit hati! plus sakit kepala nyut-nyutan mpe sekarang belum sembuh....

walaupun akhirnya bunda menyadari bahwa ini adalah bagian dari perjalanan hidup bunda yang harus bunda alami dan cepat atau lambat pastinya akan bunda alami juga.

sebagai pengantar cerita, bunda informasiin dulu, kalo balqiz sekarang sudah masuk sekolah, mengikuti program early intervention di SLB Rawinala. balqiz belajar di sekolah 2x seminggu, tiap hari selasa dan kamis dari pukul 10.00 s/d 12.00 wib.

kemarin, selasa 13/11, bunda mengantar balqiz ke sekolah, setelah minggu lalu absen mengantar karena kesibukan acaranya nna, dan ada "sodara" yang ingin ikut mengantar balqiz, kebetulan beliau memang sedang menginap dirumah. bunda dengan senang hati ya ayo aja asal tidak mengeluh bosan atau capek, ya namanya juga nungguin anak sedang sekolah.

di sekolah, setelah balqiz masuk ke dalam kelasnya, berada dalam asuhan Ibu guru Rini dan Ibu guru Ndari, bunda pamit ke "sodara" untuk ngobrol dengan orangtua murid yang lain, karena kebetulan pula ada acara parents support di minggu lalu yang juga tidak bisa bunda hadiri, jadi mau nanya-nanya soal acara itu. bunda masih harus banyak belajar dengan ibu-ibu orantua murid yang lain, karena tentunya mereka sudah lebih dulu mengerti dan berpengalaman dengan anak-anak mereka yang berkebutuhan khusus.

selesai ngobrol,.... rupanya "sodara bunda" sempat menguping, kemudian belio juga rupanya sempat juga berkeliling komplek sekolah dan pastinya akan bertemu dan melihat anak-anak yang juga sedang belajar, beraktifitas sesuai dengan jadwal dan program masing-masing. tiba-tiba sebuah pertanyaan terlontar dari belio....

"Ma!" panggilnya
"Ya?"
"Kamu gak malu punya anak begitu!!!"

duh serasa muka bunda ditampar dan disambar geledek!!
Ya Allah Ya Rabb.......
selama bunda dipercaya menjadi orantua balqiz belum pernah bunda dilontarkan pertanyaan seperti itu..... bunda bingung!! marah... sekaligus sedih..... sampai gak bisa ngomong apa-apa dan bener-bener gak tau juga mau ngomong apa!!! serasa ada air mendidih di kepala bunda.

Gak!!
bunda TIDAK PERNAH MERASA MALU punya anak yang, okelah bahasa kasarnya, BUTA!!
balqiz sama dengan alifah!!
sama-sama anak ayahbunda
sama-sama disayangi ayahbunda
sama-sama dicintai ayahbunda

tidak pernah sedikitpun terbersit dalam pikiran ayahbunda,
bahkan sebuah penyesalan pun tidak pernah terlintas dalam benak ayahbunda.
mungkin memang banyak yang masih malu, jika mempunyai anak yang kebetulan mempunyai kebutuhan khusus, tapi tidak dengan ayahbunda.

rupanya sebelumnya, "sodara" bunda sempat ngobrol dengan salah satu ibu, yang kebetulan adalah seorang pengasuh dari sebuah panti asuhan yang juga sedang mengantar salah satu anak ,sebut namanya "D", yang juga bersekolah di rawinala. "D" ini punya riwayat saat masih bayi dibuang oleh orangtuanya di depan pintu panti asuhan karena "D" adalah seorang anak tunanetra, ya itu tadi mungkin karena malu mempunyai anak yang tunanetra.

kalau saja bunda nurutin emosi dan tidak mengingat bahwa belio ini jauh lebih tua dari bunda....
bunda akan tahu sebuah kata yang akan bunda lontarkan kepada belio
"jangan-jangan kamu yang malu punya sodara buta!!"
syukur Alhamdulillah kata-kata itu tidak keluar dari mulut bunda, masih bisa menahan diri.

sahabat bunda, bunda dari awal sudah menyadari bahwa perjalanan bunda pasti penuh dengan banyak rintangan, dan mungkin ini juga salah satu dari rintangan itu. tidak hanya penilaian positif yang akan bunda terima dan pastinya akan lebih banyak lagi penilaian negatif yang akan bunda terima. ini salah satu pelajaran buat bunda!!

ket foto :
bunda & balqiz, setelah balqiz selesai operasi mata yg ke-2 di ME-S'pore

30 comments:

  1. Campur aduk aku bacanya....jujur emosi ikut naik. Oalaaaa...Mbak, padahal itu sodara.

    Saya jadi mengoreksi diri sendiri, jangan-jangan ada lontaran spontan saya yang melukai banyak orang.

    ReplyDelete
  2. Apapun anak kita pasti gak akan malu....Kemarin aja saudara aku dateng lebaran dia punya anak yg SLB tp kita sambut dia dengan manis malah sempet aku cium dia. sprtnya dia amat sgt bhg :)jd crht

    Sun wat balqis

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah mom... kok bisa gitu ya?. Sabar ya mom...

    Jujur, aku justru pengen lebih deket sama keluarga bunda karna (salah satunya) bunda memiliki seseorang yg istimewa, seorang yg dipilih Allah... tidak semua orang dapat kepercayaan dari Allah untuk bisa mengasuh, mendidik dan membesarkan anak yg berkebutuhan khusus.
    Aku banyak belajar dari bunda yg bisa begitu sabar mendampingi anak²dan salah satunya begitu istimewa.

    Dan suatu saat aku pengen kenal & dekat secara personal dengan Balqiz. Bukan karna mau tau gimana rasanya mempunyai keistimewaan, tapi lebih karena aku pengen dekat dengan org yg istimewa.

    ReplyDelete
  4. Manusia punya kodrat dan jalan hidupnya masing-masing.

    Pasti Balqis bangga punya ayahbunda yang sangat mencintainya.

    Anjing menggonggong kafilah berlalu alias cuekin aja bun...

    ReplyDelete
  5. sebenernya kasian banget Mba kalo ada org punya pemikiran dangkal spt itu, hari gini???? hehe..
    pastinya mba & ayah balqiz bener2 dikasih kepercayaan sama Allah.. semua makhluk diciptakan Allah dalam keadaan sempurna..

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, kok ada orang tega2nya nanyanya kaya gitu? Sabar aja ya mbak.... mudah2an dia dapet hidayah biar gak lagi2 nyakitin orang dengan omongannya....

    ReplyDelete
  7. Sabar ya Mbak.. Tapi klo saya saranin untuk sabar, mungkin Mbak sudah salah satu dari kumpulan orang tersabar dengan semua karunia yang di berikanNya kepada Mbak..
    saya salut dengan triplet's mom :)

    ReplyDelete
  8. aku malah kagum ama mba yg bisa & sabar mendidik anak, Allah memang tau kalo mbak bisa dititipi harta yg paling spesial
    sabar ya mbak... salut deh

    ReplyDelete
  9. sabar ya mom...aku merinding bacanya...
    Emang sangat menyakitkan...tapi aku yakin ayahbunda Balqiz akan terus berpikir positif dengan iman dan cinta...

    ReplyDelete
  10. Yang sabar ya bun, Insya Allah Bunda bisa melewati itu semuwa :-) amien ...

    Aku pernah baca di Nova ttg cerita Fiersha(Mamamia) disitu disebutkan betapa Mama-nya Fiersha yg semangat banged ngajak Fiersha keluar rumah walopun banyak orang2 seperti "sodara" bunda tersebut ... dan Alhamdulillah skrng Fiersha udah jadi seperti sekarang ... mudah2an Bunda bisa kuat seperti itu yaa

    ReplyDelete
  11. sabar mbak, walaupun kalo kejadiannya terjadi sama daku, aku juga pasti bakalan sakit hati...sumpeh deh!

    biarin aja kali ya bund, mudah2an di sadar sama apa yang udah dia lontarin itu.

    btw, dulu pas anakku lahir, ada juga yang bilang semua bayi itu jelek mukanya pas lahir ya?

    sampe sekarang masih kebayang aja kok....walo dah maafin tetep kagak bisa lupain..:))

    ReplyDelete
  12. Sabar ya, Mbak *hugs*
    Mbak adalah wanita & bunda teristimewa, karena dipercaya Allah menjaga Balqiz :)

    *maap Mbak .. rasanya pengen ngruwes2 njambak nampar sodaramu itu, Mbak*
    Pffffff ... lega ... maaf & terimakasih Mbak *ini opini pribadi, lepas itu sodara Mbak Prima ato bukan*
    Peace!!!

    ReplyDelete
  13. itu ya mbak bagian dari hidup ada yg suka ada yang enggak, gimana kita melewati dan menanggapinya ...

    and pertama aku ketemu mbak prim waktu kopdaran, aku KAGUM banget, ya Allah, mbak prim diberi cobaan tapi tidak tampak sedikit pun dijadikan beban ...

    as always I talk to you sis' I really proud of you ... and selalu aku pengen banget belajar banyak dari mbak prim :)

    Alifbata pasti bangga punya Ibu seperti mbak prim :)

    ReplyDelete
  14. Allah itu menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan...banyak kok orang2 buta jaman sekarang yg bisa lulus kuliah dan kerja sperti orang normal

    ReplyDelete
  15. Teganyaaaa si "sodara" itu!!!
    Kadang memang orang ngomong suka gak mikir (bhs. kasarnya 'gak pake otak') apa pertanyaannya itu bakal nyakitin hati orang lain atau tidak.

    Sabar aja ya Mim. Kisses n hugs 4 AlifBa. Seneng rasanya Balqiz dah masuk sekolah.

    ReplyDelete
  16. sabar yah bun..jangan diambil hati perkataan "sodara" itu..biar aja.

    ReplyDelete
  17. Duh mbak..jadi berkaca2 bacanya nih..dah ga usah dimasukkin ati.. mbak hebat.. You're the supermom..

    ReplyDelete
  18. Aku ngebacanya ikutan campur aduk perasaannya. Masya Allah sodaranya Mbak itu koq bisa-bisanya ngomong seperti itu. Omongan orang yang berfikiran dangkal banget.

    Yang sabar ya Mbak. Cuekin aja anggap angin lalu aja. Aku percaya Allah menitipkan Balqiz ke Mbak, karena Allah yakin Mbak bisa menjaga dan mendidik Balqis dengan baik.

    Balqiz sekolah yang rajin ya nak..

    ReplyDelete
  19. jujur aku lebih sedih drpd marahnya...kok ya gitu komen sodara mbak -maaf ya mbak- hrsnya apalagi sodara apapun bentuknya ya kudu ngedukung mbak maupun balqiz, walau itu hanya dg kata2. dg kata2 kan bisa menyejukkan hati ya mbak....tp jg bisa kbalikannya :( aku cuman bs bilang "sabar ya mbak, moga sodara mbak dibukakan mata n pintu hatinya" cun buat alifah n balqiz

    ReplyDelete
  20. Welcome back dari hiatus nya yang lumayan lama juga. Tapi pas balik postingannya cukup menyentuh! Orang yang berani bicara begitu orang yang hanya bisa melihat rahmat lahiriah saja, dia tidak tau bahwa bahwa banyak rahmat Allah yang tersembunyi yang hanya orang-rang yang disayangi Allah yang dapat merasakannya,orang yang dipercayai Allah yang diberikannya, dan aku yakin bundalah orangnya!

    ReplyDelete
  21. Waduh mabk Prim,yang banyak sabar ya menghadapi karekter banyak orang. Yang penting jalani dan rawat amanah ALLAH dengan niat yang tulus, hati yang ikhlas dan selalu bersyukur atas pemberianNya.

    ReplyDelete
  22. welkambek mb mima...alhamdulillah yaa pnikahan adek sukses.....siapa dulu dalangnya?:))

    iyaaa bund,alhamdulillah mb mima masih bs menahan diri..Allah selalu bersama org2 yang sabar..

    smg BAlqiz tumbuh menjadi wanita yg cerdas dan penerima kebenaran sperti arti nama balqiz itu sendiri...amien..

    ReplyDelete
  23. Love comforts;
    Love hurts.
    True love turns pain into joy.
    Mother's love is true love indeed.

    ReplyDelete
  24. Cuekin aja Bun, ga usah dipikirin omongan sodara.

    ReplyDelete
  25. Iya ngga usah dimasukin hati...anggap aja anjing menggonggong kafilah berlalu..( duu nyambung ga see..)

    Aku ngga nyangka justru omongan itu keluar dari bibir seorang "sodara" yaa...

    btw, apapun keadaan anak kita itulah titipan dari Allah SWT hrs kita jaga dan kita pelihara sebaik2nya...
    Kita masih bersyukur Balqis punya kekuarangan tapi masih bs mandiri, lihatlah anak2 yg lebih parah yg sampai tidak bs bergerak sedkitpun, orang tuanya ngga malu dan menerima dg lapang dada..lha gmn darah dagingnya kan...

    Semoga ini akan jadi ladang amalnya Mba Prima yaa..amiinn...

    ReplyDelete
  26. kalo aku yg digituin mba...aku bisa murka...!!!!...

    kok ya bisa sih bikin gw emosi dipagi hari..huegs...

    ReplyDelete
  27. aku salau sama bunda klo aku ada dalam posisi bunda ga tau dech bisa setegar bunda apa engga....bener banget bunda anak itu amanah dari Allah, bagai manapun kondisi si anak tetep dia adalah anugrah terindah yang kita dapatkan dar Allah.....kita bakal menyayanginya selamanya.....mana mungkin kita malu atau punya perasaan mau menelantarkannya justru kita malah bangga dengan si kecil bayangkan saja gimana repotnya kita saat mengandung dia selama 9 bulan, susah tidur, sudah makan, susah jalan dll belum lagi proses melahirkannya juga lumayan buat trauma *darisudutkacamataakulo* duch ga ga ada pikiran mau menelantarkan si kecil yang ada malah dieman-eman banget *heran aku kok masih ada yang tega ya* ....CAI YO bunda Allah selalu ada buat bunda...ga usah dengeri oarang yang sinis mangnya dia ikut ngurusin gitu??? aku doain semoga putra-putri bunda jadi anak yg soleh dan solehah juga jadi kebanggan bunda dan ayah....dan aku yakin kelak orang yg punya pikiran negatif itu justru akan mengacungkan jempol buat Balqiz...cun sayang buat ananda Balqiz ya bunda

    ReplyDelete
  28. bun sabar ya, tutup kuping aja sm opini orang. Aku salut sm dikau bun, orangnya tegar n penuh smangat! yakin aja Allah sayang sm bunda dan pasti byk hikmah dibalik ini smua.. luv u bun

    ReplyDelete
  29. wah sedih juga dpt pertanyaan bgtu dri 'saudara' sendiri, tp untung mba prima sabar....insya Allah kesabaran itu berbuah di hadapanNya. btw, alifa dan balqiz pa kbr? ais udh sehat mba Alhamdulillah, aku busy...berat juga jd ibu,istri plus student....mohon doanya aja biar semangat terus

    salam sayang

    vera

    ReplyDelete
  30. sabar ya,Jeng..jangan dimasukkan ke hati..kadang2 orang yg gak ngalamin sendiri,suka susah untuk mempunyai empati.

    btw, mau ke sg ya? kontak aku klo dah nyampe sg..sapa tau kita bisa ketemuan :)

    ReplyDelete