Wednesday, February 20, 2008

bunda@skul

hari ini yang skul bukan alifba, tapi bunda....
sudah dua mingguan ini guru kelasnya balqiz, bu rini, dan beberapa guru di rawinala mengikuti pelatihan guru-guru sekolah luar biasa. dan hari ini mereka punya "peer" untuk presentasi mengenai apa yang telah mereka pelajari saat pelatihan. bunda selalu merasa senang dan excited kalau ada acara ngumpul keik begini. bahkan sekedar ngumpul "ngerumpi" saat menunggu balqiz sekolah pun, bunda seneng banget njalaninya. karena saat ngumpul itulah bunda bisa "mencuri" ilmu dari para orangtua lainnya.

bunda sampai di rawinala pukul 08.50 wib.... rada buru-buru jadinya soale pas liat di tempat biasanya ngumpul, kok ibu-ibunya gak ada... duh jangan-jangan udah mulai neh kelasnya. bener aja kan.... nyampe di aula, ternyata udah mulai (perasaan kemaren pengumumannya jam 09.00 wib d?). sempet salam bertegur sapa dengan pak Sigid Widodo, sang kepala sekolah, dan ibu rini, gurunya balqiz. cukup banyak orangtua yang ikutan hadir di pertemuan kali ini, kurleb 20-an deh. beberapa bahkan baru ketemu dan kenal hari ini (ya iyalah... lha balqiz skul cuma selasa-kamis dimaklumi kalo banyak yg belum kenal ).

rupanya bunda ketinggalan satu session, dimana session pertama ini para orangtua diminta untuk mengenakan kacamata hitam Cool yg juga dilapisi oleh tissue sehingga benar-benar gelap, hingga bisa merasakan bagaimana seh rasanya menjadi "buta". session yang cukup menguras emosi hingga titik nol....

mengenai materi presentasi sendiri adalah membuat kotak cerita. jadi proses pembelajaran dan permainan bagi anak tunanetra sebisa mungkin dan sebaik-baiknya menggunakan "real object". jadilah kita belajar bagaimana membuatnya, kali ini kita mau "mencuci sepatu". jika tidak bisa menemukan sebuah buku yang sesuai dengan materi, kita bisa membuatnya sendiri dengan membuat cerita simple dan mengetiknya dengan word, dan alangkah baiknya lagi jika selain dalam huruf latin, juga dalam huruf braille (kapan ya di toko buku sebesar gr*med*a tersedia buku dalam bentuk keik begini?).

di dalam kotak tersebut (kita bisa pakai kotak bekas sepatu) selain buku tersebut, disertakan juga alat-alat pendukung isi cerita didalam buku, ember, sikat, sabun, sepatu. jadi sambil membacakan cerita kepada sang anak, sambil kita rabakan dan perkenalkan alat-alat tersebut kepada sang anak. selain anak mengenal alat-alat tersebut, anak juga merasakan tekstur kasar dari sikat, lubang pada ember, rasa dingin pada air, bentuk sepatu, etc. point penting yang perlu diingat juga bahwa disini juga diperlukan kesabaran yang amat sangat, ditambah kreatifitas mengolah kondisi. semua juga harus dilakukan secara berkelanjutan/continue memang, jadi tidak bisa hanya satu atau dua kali saja.



setelah presentasi yang diramaikan dengan bertubi-tubinya pertanyaan dari para orangtua diwarnai oleh sharing plus airmata Crying, kita lantas dibagi di dalam 3 kelompok dan masing-masing kelompok diberikan tugas membuat kotak cerita dengan 3 cerita yang berbeda. kelompok bunda, kelompok 3 kebagian cerita "peter dan pohon uang"....

whaaaaaaaa...... seru banget, kelompok 3 dikomandoi oleh mama hanif, kita langsung berbagi tugas untuk menyiapkan alat-alat bantu yg diperlukan sesuai dengan isi cerita. karena ada unsur tanah dan daun di dalam cerita tersebut.. jadi ya maap deh bunda terpaksa memotong beberapa lembar daun Palm Tree dari tanaman di halaman sekolah dan mama leli nyerokin tanah deh masukin di gelas aqua. dan bunda sempet hampir salah nempelin stiker braille-nya... maklum dah lama gak berlatih jadinya rada-rada lupa deh ma braille, bunda bacanya dieja dulu (kudu sering latihan lagi neh!!Bow Down) hehehehe... yang ada bunda sempet diketawain Dumb ma temen-temen satu kelompok.... kebetulan di kelompok bunda kebanyakan orangtua yang anaknya low vision & tunarungu, jadi ya dimaklumi karena mereka lebih bisa bahasa isyarat Hand daripada braille.

hehehehe.... sempet lirik-melirik Tongue Out antar kelompok... dan ledek-ledekan mewarnai kesibukan membuat kotak cerita. whuaaaa seru dan rame. gak keik belajar kan jadinya..... session terakhir adalah memberikan feedback dari pelatihan hari ini.

Alhamdulillah kegiatan bunda hari ini mendapat banyak "ilmu" dari pelatihan dan parenting support kali ini. sebuah kegiatan yang besar banget manfaatnya, bukan hanya untuk orangtuanya saja tetapi juga buat para staf pengajar. Insya Allah barokah ya. Amien.


dan..... bukan ibu-ibu namanya kalo gag pake acara belanja-belanja... selesai acara.. entah deh siapa yang nyeletuk.. ada iwan tuh nungguin... whuih.. sebuah kata sakti yang langsung membubarkan para ibu dan membuat bu grace langsung lari keluar dari aula dengan kecepatan 100km/jam. siapa seh iwan itu? iwan itu adalah tukang buah Apple yang jadi langganan para ibu-ibu. dijamin harganya adalah harga "miring" aka murah banget dan yang selalu ditunggu sama ibu-ibu adalah tester-nya.... bisa 1 kg sendiri buah-buahan yg dijadiin tester.


note :
  • baca juga ya KOTAK CERITA diblognya balqiz (another version)
  • pak sigid, tengkyu emailnya....




16 comments:

  1. Baca ceritanya seru sekaligus mengharukan.... Aku ngebayangin waktu para ortu ditutup matanya dan membayangkan bagaimana rasanya menjadi buta... wuaaa, ber-kaca2 deh mataku... sedangkan aku aja klo mati lampu langsung sesak nafas.... Subhanallah!!! Bagus ya sekolahnya, ortu benar2 diajarkan bagaimana cara mendidik anak2nya yg tunanetra. Cium buat Balqis ya... mudah2an tambah pinter

    ReplyDelete
  2. Iya pastinya mengharu biru ya waktu pakai kacamata hitam dilapisi tissu.

    Ternyata banyak banget ya pelajaran yang dipetik waktu bunda skul kemaren.

    Ibu-ibu gag dimana-mana belanjanya emang no.1 deh ya..

    ReplyDelete
  3. Sebelumnya aku tidak pernah punya or berhubungan dengan kawan2 yg punya kebutuhan khusus.Baru ketika aku ketrima beasiswa & mengikuti pelatihan bahasa di UI Salemba.Satu temenku, Joni, dia blind sejak kls 3 SD, dan satunya Risna, yg kena Polio, jadi pakai kursi roda. Kebetulan mereka berdua satu kos dg aku.Joni sekelas dg aku. Kamarnya pas depanku. Aku banyak belajar dr Joni. Dia ini amazing banget.

    Masalahnya ketika pelatihan berlangsung, buku braile dia sering terlambat. Jadi dia sering join dengan aku. Aku yang bacain buku ke dia. Yang membuat aku kagum, seringkali aku belum selesai baca soal Toeflnya, Joni sudah tahu jawabannya.

    Joni sekarang kuliah S2 di Leads Univ di UK. Anak dan Istrinya sejak 3 bulan lalu udah nyusul ke UK. Dia kalau baca buku2 untuk di kelas. Dia harus scan dulu dan membacanya lewat JOSH. Luar biasa sekali. Oya Joni ini adalah ketua LSM SIGAP yang fokus untuk kawan2 yang diffabel di Jogjakarta.

    TEman satunya lagi, Risna. Dia sudah malang melingtang di beberapa negara. Dia aktif di LSM Talenta SOlo. Dia juga sudah menghasilkan buku. Sekarang dia kuliah S2 di Brandeis Univ Boston USA.

    Jadi Mom. Keep semangat ya.

    Eh salam ke Mas Irwan ya. Dulu suamiku temen seangkatan/sekelas mas Irwan di UIN Jakarta waktu S1.

    salam

    ReplyDelete
  4. wah seru bangeeeed! duh bun prasaanku campur aduk plus salut sama bunda n temen2...

    ReplyDelete
  5. bagus bgt ya mbak ada acara gini....mudah2an berkah buat semua

    ReplyDelete
  6. wah mbak mima hebat..salut aku mbak.btw ntu iwan anget banget yah dikrubutin ibu2..xixi.kecian masa buat tester bisa 1kg sendiri..xixi..

    ReplyDelete
  7. Salut, program nya sangat baik dan bermanfaat. Thx for sharing.

    ReplyDelete
  8. terharu bacanya...
    pengalaman hidup mbak..kan gak semua ibu yg bisa ngerasain pengalaman luar biasa dgn pahal yg sangat besar itu

    ReplyDelete
  9. Ibu satu ini emang mesti diacungin jempol 2. Asik yah mba ngumpul dapet ilmu banyak.

    Apalagi crt pake kcmt hitam dilapisi tissu bener2 terharu...dan kita juga jadi banyak tau deh :)

    ReplyDelete
  10. bnr2 bermanfaat yaa bun skulnya...
    kita yg baca juga jadi nambah ilmu nih bun..

    ayo bun, yg byk bikin kotak ceritanya ,biar balqiz seneng..

    ReplyDelete
  11. Bunda
    Salam buat Balqis ya.
    Mhn maaf soal adek Tantri , saya gak "ngeh "
    Semoga Tantri mendapat tempat yang indah di sisi Nya

    ReplyDelete
  12. Ya Allah, penuh haru biru...
    Semoga semuanya diberi ketabahan & ketegaran, bisa membimbing anak2nya menjadi anak yg cerdas dan pintar :)

    ReplyDelete
  13. Seru ya sekolah bunda.
    Selain dapet ilmu jg bisa berbagi... menyatukan rasa.

    ReplyDelete
  14. emma(mamaben)
    wah seru banget ya mom...
    ada kegiatan sama2 begini...
    top deh ibu2 yang sangat mencintai anak2nya semua nih...
    sangat beruntung anak2nya...

    seoga suses selalu buat triplets mom...

    ReplyDelete
  15. Kuliat Iwan punya salak dan belimbing, jd pengen..

    ReplyDelete
  16. Aku bersyukur banget karena baca blog mbak jadi bener-bener makin mensyukuri nikmat Allah yang udah diberikan buat aku.

    Menurut aku acara macam sekolah bunda itu bagus banget lho karena lebih membukakan mata ortu, tetap semangat yabundaku sayang *kiss*
    Mampir yuk ke rumah Zua, ada cerita tentang Zua dan mobil koin lhoo

    ReplyDelete