Monday, July 14, 2008

sim A

uffffffffff!! malas bener rasanya buat posting, terlebih dengan masih beredarnya para kutu dalam dunia perbloggeran, bikin eneg!! tapi ya sudah, live must go on (apa seh!!), hehehehe,.. semoga para kutu segera disadarkan bahwa dirinya membawa "kerusakan yang parah dalam dunia perbloggeran" Not Sure. Amin,..

awal minggu lalu, bunda perpanjang SIM A, hehehehe SIM yang udah lama cuma ngendon doang di dompet, akhirnya menuntut buat dikasih perhatian alias kudu diperpanjang. sempet nanya-nanya enaknya perpanjangnya dimana ya? rasanya mayan juga kalo kudu ke Daan Mogot sana,.. jauh bok dari pondok gede!!
tapiiiiiiiiii ternyata SIM bunda gak bisa diperpanjang di mobil samsat keliling yang kadang punya jadwal di Masjid At-Tin karena KTP bunda adalah KTP bekasi. trus kudu ke bekasi dong? ternyata kalo perpanjang ke bekasi, kudu dicabut berkas SIM jakarta-nya baru kemudian bikin baru SIM A buat wilayah bekasinya,... yang berarti kudu njalani lagi berbagai macam test keik test tertulis dan test praktek!! wadoh!! kok jadi merepotkan begini ya? yasud, akhirnya Senin, (7/7/2008) bunda meluncur juga ke Daan Mogot sana. hehehehehe, kesana juga akhirnya,..

Alhamdulillah perjalanan lancar, karena masih suasana liburan sekolah jadi jalanan jakarta gak macet-macet amat. sampai disana jam 08.30 wib. langsung nanya-nanya deh ma petugas yang sedang jaga dan ngarahin antrian di PUJASERA. hehehehehe,.. bingung kan kenapa juga antrinya di kantin? Lol

iya ternyata itu antrian buat beli formulir. di loket itu bayar Rp. 10.000,- buat SIM A & C. buat SIM B polos bayarnya Rp. 15.000,- trus diarahkan buat antri test kesehatan aka test mata, masih di kantin juga,.. hehehehe, asli test matanya cuma formalitas banget, mo ngarang nyebut juga lulus kok Bow Down!! dari situ kertas form yg dipegang dicoret coret entah apa artinya, soale coretannya gak berbentuk gitu,.. langsung menuju ke gedung utama.

di teras gedung utama, ada petugas polisi lagi yang ngecek, trus ngasih tahu kalo buat perpanjang langsung aja ke loket pembayaran. hmmmmmmmmm,.. suasana di gedung utama ini agak penuh ya dah gak ada petunjuk yang jelas setelah masuk ke situ kudu ngapain, sempet nanya lagi dimana posisi loket pembayaran, di loket itu ada tulisannya PERPANJANG SIM A Rp. 60.000,- bayar dah. dari situ dikasih formulir dan dapat informasi setelah form diisi, lanjut ke loket pembayaran asuransi. agak bingung pas ngisi form-nya karena gak ada panduannya. dah asal isi dulu dah,.. lanjut ke loket pembayaran asuransi, disuruh ngisi form lagi, waks!!! trus bayar Rp. 15.000,- jadi total semua yang udah dibayar adalah Rp. 85.000,-

dah kelar ngisi semua form, bingung kan mau kemana lagi. nanya lagi deh ma pak polisi yang lagi mondar mandir (gak jelas seh mondar mandir ngapain), disuruh masuk lagi ke ruangan dalam. setelah dicek formulir yang ada ditangan, dikasih tag "tanda masuk" dan dikasih informasi "perpanjang langsung ke loket 21" okeh!!!

tapi......... dimanakah loket 21? hehehehehe,.. gak ada petunjuk arah, alhasil nyari sendiri. ketemu loket 21, sudah ada 2 orang antri di depan bunda,.. e ternyata harus ambil nomor antrian dulu rupanya,.. hehehehe balik lagi dah nyari mesin nomer antrian ada dimana,.. lucu juga seh sempat terjadi perebutan buat mencet nomor antrian itu antara bunda dan 2 orang pengantri sebelum bunda,.. tapiiiiiiii bukan bunda kalo gak gerak cepat!! siplah,.. bunda mencet duluan dapat deh nomor antrian 11,.. waks kok 11 yak!! tapi begitu thu nomer ditarik, langsung deh ada suara "nomor antrian 11 di loket 21" hehehehehe,.. sip sip!! itu nomer bunda kan.

di loket 21 diperiksa lagi deh kelengkapan formulir bunda, nah... karena sempet asal isi thu form ada beberapa yg dibetulkan, makasih ya pak!! disini diminta fotocopy KTP dan SIM A yang asli. trus disuruh nunggu katanya nanti dipanggil lagi. okeh pak!!

mayan juga nunggunya, ada skitar 10-15 menit deh baru dipanggil lagi, dikasih sobekan kecil ma tanda terima pembayaran yang udah distempel trus disuruh ke loket 25, buat identifikasi sidik jari dan foto. duh kenapa ya kalo foto buat SIM itu fotonya gak pernah bagus, secara pas kita duduk langsung di jepret gak pake ditata dulu. kelar foto dan sidik jari, bunda disuruh ke loket 30. okeh,..

pas diloket 30, SIM A bunda ternyata udah jadi!!! whuaaaa Alhamdulillah. trus dapat informasi lagi, kartu asuransinya diambil di loket tempat bayar. segera dah keluar menuju loket asuransi sambil ngembaliin tag "tanda masuk". ambil kartu asuransi. Selesai!!

jadi buat yang mau perpanjang SIM A
total waktu yang dihabiskan adalah 50 menit!!
total biaya Rp. 85.000,-

whuaaaaaaaaa seru aja rasanya, karena bunda gak pake calo, urus sendiri!! harga resmi!! hehehehe,.. patut diajungkan jempol Thumbs Up buat kepolisian Indonesia yang udah semakin bebenah dalam urusan perSIM-an ini,.. walo neh, ya pak polisi, ibu polisi,... ada juga seh yang masih kudu dibenahi, terutama buat informasi tahapan-tahapan yang harus dilalui, trus... kudu ontime juga seh masa disitu ditulis loket dibuka jam 07.30 e petugasnya baru datang jam 08.30 dah gitu gak langsung kerja pulak.... entah apa yang dilakuin di dalam loket Confused!!

9 comments:

  1. Suit suit, jadi dah punya SIM baru neh? jalan2 yuuuk.... maksiber lagee...hue eh he...
    Kutu mah cuekin aja, coz live must go on... tul tul...

    ReplyDelete
  2. Kutu? di peditox aja... tapi kalo udah pake 'kupret' di getok hihihi.

    Puas & (heran?) ga sih kalo ngurus apa2 lancar dan sesuai harga... rasanya kek bukan di Indo hahaha...

    ReplyDelete
  3. Udah ngider kemana aja neh? He he he.... gak ada sim aja ngider, apalagi ada sim ya...

    ReplyDelete
  4. slamat udah punya SIM baru, kirain mau bikin SIM B2...heuheuheu..kan wonderwoman

    memang di tangerang juga perpanjang SIM cepat , murah dan mudah
    bikin SIM baru ya ujian ujiannya yang banyak yang gagal, memang seharusnyaa begitu kan ?

    bravo kepolisian, sudah reformsi ya...

    ReplyDelete
  5. wah ternyata ngurus sim sekarang mudah ya.. selamat aja deh dengan sim A-nya.

    ReplyDelete
  6. hepi besdey bunda...:)
    yuksss jalan2 yuks...btw emang ada kutu yah, ihhhh gateeelll xixixi...

    ReplyDelete
  7. waduh..kirain mo cerita kalo bikin SIM-nya bakal susah.. ternyata gampang dan tidak berbelit2 yak.. bagus lah :)

    ReplyDelete
  8. Gpp bun bebenah dikit demi dikit yang penting lama-lama bisa perfect.

    Susah kan bun dari yang jelek langsung bagus..pake tahapan donk..sabar ya..

    Mungkin didalam petugasnya ngopi dulu kali...he3

    ReplyDelete
  9. kalo perpanjangan kabarnya mang lebih mudah ya mba, tp kalo bikin baru...oh no...ujian prakteknya susah amaattttt hahaha
    *terbukti ga lulus padaku*

    ReplyDelete