Tuesday, October 7, 2008

@manila, part 2

Hari ke-2 @Manila, 26 September 2008

dari jadwal yang dibagikan ke kita semalam, kegiatan hari ini adalah registrasi peserta mulai jam 09.00 pagi mpe jam 14.00. Alhasil dari perjalanan kemaren, baru terbangun jam 08.00 pagi!!! whuaaaa mpe gak ngeh kan. Hasil diskusi ma ayah utam, akhirnya diputuskan tidak puasa. judulnya "jadi musafir". sempet foto-foto dulu pemandangan sekitar hotel dari jendela kamar. oiya, semalam kita dikasih kamar sendiri-sendiri, tapi hari ini kudu pindah, jadi sekamar berdua, dan aku bakalan sekamar ma bu atty,..



segera mandi dan turun ke lobby lantai 8. dapat tanda peserta plus berbagai macam kit. kemudian ada pengumuman dari panitia kalo buat delegasi undangan akan diantar city tour walopun waktunya gak banyak.



whuaaa kesempatan neh buat liat-liat suasana kota di saat "siang hari". gak banyak yang ikutan karena sebagian lebih milih buat istirahat di hotel. kita diantar sama Janet. whuaaa sebelnya, mah dianterin ke mall. halah kalo mall mah sama aja isinya!! dannnnnn bukannya sombong bukannya congkak, tapi rasanya pas liat mallnya masih bagusan mall mall yang ada di Jakarta deh. ya sudah karena berombongan gak bisa komplain banyak banyak. akhirnya cuma liat liat aja, asli gak ada hasrat buat bela beli, walopun akhirnya pas liat supermarket ikutan masuk buat beli air mineral, roti dan buah potong. balik lagi ke hotel.



karena ragu-ragu dengan makanan yang ada, bunda, bu atty, pak yahya dan bu ufa akhirnya keluar hotel dan kita makan di McD yang letaknya bersebelahan dengan hotel.

oya, delegasi dari Indonesia ada 4 orang. 2 dari Jakarta yakni bunda dan bu atty, kemudian 2 lagi dari Banyuwangi yakni bu ufa dan pak yahya. keberangkatan bunda, bu ufa dan pak yahya sama-sama di sponsorin oleh Perkins, sementara bu atty disponsori oleh HKI. bu ufa ini guru slb sementara pak yahya adalah orangtua.

akhirnya jam 18.00 kongress resmi dibuka. ada beberapa sambutan dari penyelenggara, dari pemerintah Philippines, sambutan dari sponsor dll. kemudian ada juga penampilan dari anak-anak pavic's.



dilanjutkan dengan jamuan makan malam. selain delegasi dari Indonesia, delegasi tamu lainnya Malaysia, Singapore, India, Oakland-USA. saat jamuan makan malam ini, delegasi tamu berada dalam 1 meja. nantinya akan diatur secara acak sehingga memudahkan buat menjalin komunikasi dan diskusi. dari teman satu meja, segera berkenalan, mereka dari Malaysia juga 4 orang dimana yg 2 orang adalah orangtua, 1 guru dan 1 kepala sekolah.




hmmmm, bagian ini neh yang bikin bunda selalu ragu ragu, yakni bagian "makan" secara menu-nya gak jelas dan pas waitress-nya ditanya ternyata gak bisa bahasa inggris,.. jadilah serba ragu buat menyantap hidangan yang tersaji. yakin seh kalo melihat wujudnya adalah ayam, tapi buat menu yang lainnya,... wes embuh. juga buat sup yang disajikan,.. sempet dah liat-liatan antara kita ber-4, ya sudah akhirnya Bismillah aja,.. acara baru selesai pukul 22.00.

dan bener kan feelingnya!!! dapat teman baru, namanya Michele; orang pilipina dan dia termasuk panitia sebenarnya, trus lantai kamarnya termasuk lantai yang "no smoking" sementara lantai kamar bunda berada di lantai "can smoking" jadilah pas acara dah kelar, dia ngikut ke kamar dan numpang ngerokok deh, bareng ma bu atty,.. kan iseng nanyain soal menu jamuan makan tadi,.. ternyata sup-nya ada "B"-nya juga salah satu hidangan lauknya. whuaaaa langsung bunda eneg banget dan pengen "mun-mun". secara bunda sempet makan sup-nya sesendok!! soale pas ngerasain supnya emang aneh rasanya. Sick

langsung bunda dan bu atty komplain Mad ke Michele, mumpung dia juga panitia!! Alhamdulillah seh Michele orangnya baik banget dan ramah, bisa ngertiin komplainnya kita, dan jadi bahan evaluasi panitia.

oya, satu lagi. bukan bunda kalo gak pake acara kopdar!! hahahahaha,
jadi beberapa minggu sebelum keberangkatan bunda ke manila, udah sempet ngublek jagat blogger. barangkali aja nemu sesama blogger di ranah manila sana, sempet ngobrol beberapa kali juga ma putlie dan irien yang pernah tinggal di manila. tapi gak nemu juga sesosok blogger yang dikenal berada di manila sana. sampai akhirnya, pas lagi onlen di YM! ngeliat pak didi tarsidi juga sedang onlen, akhirnya bunda sapa pak didi, mengingat blio juga baru saja pulang dari Geneva menghadiri World Blind Congress, waaa pastilah pak didi punya kenalan yang berasal dari manila, bener aja. langsung bunda dikenalkan sama Tina Medina, akhirnya rajin deh bunda ber-YM! dengan tina sebelum keberangkatan, apalagi tina juga bakalan hadir di congress. whuaaa gak sabar pengen bisa ketemu dengan tina. oiya, tina ini penyandang tunanetra, mempunyai seorang putri berusia 11 tahun, single parent, dan guru disebuah slb. bunda juga udah nyiapin oleh-oleh kecil buat tina, taraaaa,...



selain Tina, juga sudah berkenalan dengan beberapa peserta yang lain. ada Janet, ada Leony, ada Edna, ada Belinda, ada Luz, dan entah siapa lagi, lupa namanya,... hehehehe. belum ngobrol serius, baru sekedar say hallo dan ngobrol hal ringan.

5 comments:

  1. Met Lebaran ya mbak. Maaf lahir batin atas semua kata+laku.
    Salam buat semuanya.... (ditunggu cerita Lebarannya). ^_^

    ReplyDelete
  2. Lho ada orang Banyuwanginya tho? kan berarti satu kab dengan aku bun. Btw, mumpung masih lebaran, Happy Ied Mubarak ya dan mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  3. Mana lebih bagus, Jakarta atau Manila?
    Kalau saya pikir pasti Jakarta.
    Saya pernah punya rumah di Bekasi tapi sekarang pindah ke Ciledug.
    Salam dari Barcelona(Spain).

    ReplyDelete
  4. Seru Mbak :)
    Apalagi kopdarnya .. kapan ya giliran kopdar ama aku? :D
    Sepertinyaaa, aku mampir Jakarta nih Mbak.. 26-28 nanti.. cuma belon tau nginep dimana hehehe...

    ReplyDelete
  5. wuah tau2 udah di manila nih... :)
    masi sempet kopdar yak di negeri orang..wuah seru juga yak :)

    ReplyDelete