Friday, May 24, 2013

gede adeknya yaaaa







Memiliki alifah balqiz adalah anugrah terbesar dalam hidupku. Sebuah perjuangan panjang dibalik kehadiran mereka. Dan ternyata kehadiran merekapun mempunyai kerja keras dan perjuangan. Hingga di usia mereka sekarang 7, 5 tahun tumbuh kembang mereka mempunyai kisah sendiri. 

Kembar, ya mereka dikandung dan dilahirkan dalam waktu yang bersamaan. Saat mereka masih balita orang dengan mudah menebak bahwa mereka kembar. Namun di masa tumbuh kembangnya sekarang ini, sekilas penampilan mereka hanya tampak seperti kakak beradik. Bukan anak kembar.

Inshaa Allah dari kami, ayah bunda, tidak ada perbedaan kasih sayang, perhatian, cinta kasih, semampu kami memberikan porsi yang sama kepada mereka.

Seiring dengan tumbuh kembang mereka, perawakan badan balqiz terlihat lebih besar dari alifah. Baik dari berat badannya maupun dari tinggi badannya. Sehingga seringkali ditebak bahwa alifah adalah sang adik dan balqiz adalah sang kakak. 

Jujur, perbandingan tersebut terasa mengesalkan bagi alifah. Karena siapapun yang melihat mereka, dan ketika mengetahui bahwa si alifah adalah sang kakak, seketika akan berkomentar ‘gedean adiknya yaaaa’.  

Bagi teman yang memahami psikologi anak, biasanya hanya akan berbisik kepadaku, namuunnnn kebanyakan orang pasti akan segera berkomentar keras.

Ya tidak bisa dihindari memang, terlebih masyarakat kita terbiasa sekali dengan ‘perbandingan’. Tinggal aku yang selalu mengalihkan pembicaraan dan perhatian sehingga bisa menjaga perasaan alifah. Sulit rasanya tidak menerima komentar seperti itu. Jadi ya pinter-pinternya emake aja bagaimana mengalihkannya @_@

Jika Alifah mendengar seseorang berkomentar demikian, biasanya dia memilih diam saja. Nanti setelah kita hanya berdua saja, barulah dia akan ngobrol dengan aku, dia akan bertanya siapa yang tadi kita temui dan apa hubungannya dengan diriku. Diakhir obrolan barulah biasanya alifah akan mengatakan bahwa dia sebel disamain (dibandingkan besar badannya) sama adek :(

Bisa dan sangat memahami apa yang dirasakan oleh alifah, gak nyaman banget memang diperbandingkan, terlebih dengan adik sendiri.



Kenapa bisa tahu? Yaaaaa karena aku sendiri ‘dulu’ juga ngalamin hal serupa. Badanku dibandingkan dengan kedua adikku jauh lebih ‘mungil’ (dibaca : kecil) dari mereka, padahal rentang usia kami berbeda cukup jauh.


Harus diakui alifah memang lebih ‘picky’ terhadap apa yang dia makan. Apabila tampilan dari apa yang tersaji tidak menarik, atau tidak biasa dia lihat atau belum pernah dia rasakan, akan cari aman untuk tidak menyantapnya, kecuali dia sudah melihat aku terlebih dahulu menyantap makanan tersebut. Sementara balqiz yang penting apa yang dia rasakan di lidahnya enak, segala makanan akan mudah masuk. 

Daaaaannnn sebenarnya gak heran juga sih kalo alifah ‘picky’ karena emake alias eikeh juga ‘picky’ banget sama makanan. Sama sekali tidak suka pedas, tidak suka makanan berbumbu/ rempah. 

Ditambah dengan kondisi kesehatan alifah sendiri yang mudah sekali terserang asthma (lagi-lagi warisan emake). Tidak bisa kecapean, kemudian ada sekitar 13 item pemicu alerginya yang harus dihindari. Rasanya baru aja ‘gemukan’ dikit… eee begitu sesak napas 2 harian ajaaaa langsung deh kempes lagi badannya.

Jadi melihat alifah kecil mungil ya serasa melihat diriku sendiri sewaktu kecil dulu ^_*


6 comments:

  1. hmhm...iya..pastinya ga enak ya kk Alifah..
    catetan banget nih buat para orang tua ya, jangan sampai kebawa-bawa ikutan ngebanding-bandingin...soalnya ga jarang ada orang tua yng malah ikutan manas-manasin suasana, meskipun mungkin tendensinya bercanda tapi udah sepatutnya memang kita lebih berempati sama perasaan anak ya mba^^

    thx diingatkan:)

    ReplyDelete
  2. Memang kita harus membiasakan diri menjaga bicara di depan anak2. Karena sering tanpa sengaja kata2 kita melukai hatinya.

    Kunjungan perdana nih mak. Blognya cantik nian :)

    ReplyDelete
  3. pengalaman kita sama mak...
    mestinya orang dewasa ngerti lah ya ..jangan asal ngomong di depan anak2..

    kunjungan pertama ini mak..salam

    ReplyDelete
  4. Putri bungsuku juga tuh. Asma dan banyak alerginya jadi berat badannya sulit naik. Usianya sekarang 7,5 tahun juga tapi beratnya cuma 18 kg. Dan bahkan dia sering disangka anak TK krn sejajar dg sepupunya yg masih usia 5 tahun.

    ReplyDelete
  5. Anak ku yang ke 2 juga kecil bgt bun, 15 kilo sepupunya 24 kilo seumuran...Asma juga Bun..samaan deh kayak kk alifah.

    ReplyDelete
  6. aku ngerti banget rasanya dibanding-bandingkan dengan saudara sendiri
    sedih minta ampun, dan amat sangat gak enak.

    Semoga Alifah kuat ya, gak jadi kecil hati...

    ReplyDelete