Thursday, October 25, 2007

berita duka vs anniversary

hari ini berita duka dan sebuah momen yang cukup berarti terjadi pada bunda. sudah sejak beberapa hari yang lalu bunda punya banyak rencana buat hari ini, tetapi bunda berencana, Allah SWT yang menentukan apa yang harus bunda alami hari ini.

Berita Duka
Pagi tadi skitar pukul 05.30 wib, saat bunda sedang menemani balqiz yang baru saja terbangun, suara telpon berdering, si mbak imah yang angkat telpon dan nyampein pesen kalo kung (bapakku) manggil. ya tanpa firasat apapun ya enteng aja bunda cepat nyeberang ke depan, rumah bapak. tanpa penjelasan apa-apa bapak langsung minta aku nyari tiket untuk berangkat ke Malang, hari ini juga. masih heran kok tiba-tiba amat... apalagi stelah liat koper terbuka yang lagi disusun isinya sama ibu tapi ya nurut aja, aku langsung duduk di komputer dan membuka beberapa situs penerbangan dan mencari tujuan Malang... sambil dimandorin tentunya sama bapak yang kliatan banget senewennya. dengan tenangnya bunda nanya, ada apa seh!! duh bukannya penjelasan yang didapat tetapi omelan panjang... bla.. bla.. bla... wes gak jelas!! rupanya ibu menangkap kebingunganku, blio deh yang menjelaskan bahwa sebuah berita duka baru saja diterima.

Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah nenek-nda tercinta (ibu dari bapakku) subuh dini hari tadi, 25 oktober 2007, di RSAL Surabaya. Dan rencanya jenasah akan dibawa ke Malang untuk dimakamkan berdekatan dengan makam Bapak Kung (mbah kakung-ku).


langsung sontak bunda jadi diam terpaku dan tiba-tiba mbrebes mili (menetes air mata), rupanya inilah jawaban atas keheranan bunda kenapa selama seminggu ini tiap kali bunda buka komputer dan mencari-cari di folder foto kok yang selalu yang ter-klik adalah foto bu yang (begitu aku memanggil blio). dan bunda sendiri sempet seh beberapa waktu lalu juga posting mengenai blio. foto ini diambil saat ayahbunda menjenguk blio di RSAL Surabaya, 7 Januari 2005. terakhir bunda menjenguk blio bulan Juni 2006.

bunda langsung teringat berbagai kenangan bersama blio, terlebih mengingat bunda cukup dimanjakan karena cucu pertama blio, dan di masa kecil bunda pernah diasuh blio saat bapak masih kuliah di Jakarta sementara ibu kuliah di Surabaya, semoga Allah SWT melapangkan kuburnya dan memeluknya dalam dekapan kasih sayangNYA.

setelah search di-internet dan telpon sana sini, akhirnya diperoleh tiket Mandala Airlines buat 4 orang hari ini untuk penerbangan pukul 12.00 wib. Alhamdulillah. ternyata untuk penerbangan tujuan ke Malang hanya ada 1x dalam sehari dengan airlines yang terbatas pilihannya. bersyukur Alhamdulillah kita masih dapat seat, karena setelah adanya kasus lumpur lapindo Sidoarjo, penerbangan tujuan Malang ini laris manis tanjung kimpul, karena banyak orang yang menghindari perjalanan darat Surabaya-Malang yang dalam kondisi normal seharusnya hanya makan waktu tempuh 1- 1 1/2 jam saja namun setelah adanya lumpur tersebut waktu tempuh bisa menjadi 3-4 jam perjalanan itupun dengan catatan jika tidak ada luapan lumpur.

akhirnya gedabak gedebuk menyiapkan ini itu.... termasuk prepare keperluan rumah selama ditinggal bunda pergi, karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan bunda untuk membawa serta anak-anak. akhirnya pukul 09.00 wib pagi aku ber-empat dengan bapak, ibu dan dias adikku nomer 2, berangkat menuju bandara dan sampai di Malang pukul 13.55 wib.

Disaat kita masih menunggu waktu boarding dibandara, masuk telpon dari salah satu adik bapak, yang mengabarkan jika jenasah sudah sampai di Malang, dan bapak mengijinkan untuk mensegerakan memakamkan tanpa menunggu kedatangan kita yang dari Jakarta. sehingga sesampainya kita di Malang, langsung menuju ke tempat pemakamanan. karena sudah di sana, sekaligus kita berziarah ke makam Bapak Kung (wafat; 22/12/1983).

setelah itu barulah kita menuju ke rumah duka. disana bertemu dengan sanak kerabat yang jarang sekali ketemunya, sekaligus ber-lebaran kan masih bulan syawal. kita trus nyiapin buat acara tahlilan bada maghrib. oya, berbeda dengan Jakarta, petanda rumah duka jika di Jakarta adalah bendera kuning yang terbuat dari kertas minyak, di Dinoyo - Malang ini petandanya adalah bendera berwarna putih terbuat dari kain yang jika tidak digunakan akan disimpan di mesjid/ musholla. dan usai acara tahlil akan ditutup dengan makan malam yang telah disediakan, malam ini menunya soto ayam, tidak prasmanan tetapi sudah ditantingi (bahasa jawa; diracik) di piring. hingga 7 hari lamanya dan dihari terakhir selain makan malam, juga ada besek yang akan dibawa pulang. selesai acara tahlilan, lanjut beberes dan ngobrol, kita pamit dan menuju hotel. cerita lain yang mengiringi perjalanan bunda ke Malang ini nanti diposting tersendiri ya.






10th ANNIVERSARY; 25101997 - 25102007
Dan hari ini juga, 25 Oktober 2007, Alhamdulillah bunda dan ayah telah menjalani masa pernikahan selama 10 tahun. sebuah rentang waktu yang bisa dibilang sebentar dan juga bisa dibilang cukup lama. dari sebuah pertemuan dan perkenalan di halaman sebuah atm bank di Denpasar-Bali tahun 1995, berlanjut hingga di pelaminan 25 Oktober 1997.

banyak sudah yang ayahbunda alami, dari yang susah, senang, sedih, gembira, sebel, jengkel, menggelikan, manis, pahit, asin, gurih, bahkan berada di sebuah titik nadir 0, terpuruk dalam sebuah situasi yang tidak pernah kita impikan. Alhamdulillah ayahbunda masih bisa menjalani garis hidup yang ditentukan Allah SWT bagi kami berdua.

Ya Allah Ya Rabb
Engkau Maha Tahu bagaimana kami berdua
Ya Allah Ya Rabb
Dengan ijinMU lah hingga detik ini kami berdua masih bersama sejalan
Ya Allah Ya Rabb
Ijinkanlah kami berdua tetap berjodoh hingga di alam akhirat nantinya
Ya Allah Ya Rabb
sujud syukur kami berdua persembahkan kepadaMU

Suamiku, ridhoi aku dengan segala kekuranganku tetap menjadi istrimu.



note :
postingan ini sebenarnya bunda buat tgl 26/10/2007 tetapi tgl diatas bunda mundurkan 1 hari untuk ngepasin momennya.

20 comments:

  1. Mbak, turut berduka cita ya atas wafatnya neneda tercinta. Smoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan bagi kel yg ditinggalkan diberi ketabahan. Juga sekalian mau ngucapin happy anniversary utk 10 tahun perkawinan mbak n hubby, smoga rukun2 n bahagia utk seluruh keluarga.

    ReplyDelete
  2. Aku turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya ibunda/nenekda/buyut tercinta. Semoga arwah beliau diterima disisi Allah. Amin.
    Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah ya.
    Serius amat nih aku.


    Wah 10 tahun ya. Happy Anniversary buat Mima. Sebegitu banyaknya bumbu-bumbu RT yang sudah dilalui. Aku doakan semoga kalian akan terus berbahagia bersama AlifBa (dek Tantri juga yang sudah tentu ada dihati ayah bundanya selamanya).
    Seneng rasanya ngeliat orang bisa bahagia seperti ini. Semoga kalian akan terus menjalankan Anniversary-anniversary selanjutnya! Amin.

    Salam sayank buat AlifBa.

    ReplyDelete
  3. turut berduka cita yaaa mb buat bu yang nya mb.
    smg almarhumah khusnul khatimah...

    n hepi aniversary juga yaaa mba.......

    smg sll mjd keluarga yang sakinah dan penuh keberkahan..

    ReplyDelete
  4. Turut berduka cita mom, smoga arwah beliau diterima disisiNya, Aminnn Ya Robbal Alaminnn.

    Selamat 10 th ya mom, moga menjadi samawa... langgeng, bahagia n pe akhir hayat, penuh berkah n ridhoNya. Aminnn

    ReplyDelete
  5. ya mbak..kabar yang berlawanan rasa yaa.. Turut berduka cita yah mbak, mudah2an arwah nenek mbak diterima Allah disisi-Nya, trus hepi anniversary semoga bahtera yang dibagun makin kukuh sampe ajal memisahkan amiiinn..

    mauuuu es krimnya Oen mauuuuu...:((

    ReplyDelete
  6. ikut berduka cita ya mbak...semoga almarhumah mendapat tempat yg mulia di sisi Allah Swt.

    met anniversary..moga tambah rukun, awet n bahagia...amien :)

    ReplyDelete
  7. Semoga almarhumah dilapangkan kuburnya, diampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di tempat yang sangat baik disisinya. Amin..

    Selamat wedding anniversary bunda, semoga perkawinannya langgeng sampai maut memisahkan. Insya allah.

    ReplyDelete
  8. Innalillahi`wa innailaihi wainnailaihi.. rojiun... moga almarhumah diberikan tempat trindah-Nya,,, Amin..

    Happy 10th anniversary yaa Bunda, moga kluarganya langgeng slamanya ;)

    ReplyDelete
  9. Ikut berduka cita sedalam2nya, jeng Prima.

    Tapi sekaligus ikut berbahagia dan mengucapkan selamat hari ultah pernikahan ke 10, semoga sehat sekeluarga dan banyak rejeki.

    ReplyDelete
  10. Innalillahi wainna ilaihi raajiuun ikut berduka cita yah buat ibu bapaknya mbaprim....aku bisa merasakan pengalamn kek gitu.
    Trus buat mba prima dan suami,happy belated anniversary semoga makin rukun dan langgeng sepanjang usia....selalu barokah dikehidupan selanjutnya...amiin

    salam sayang buat alfia dan balqiz

    ReplyDelete
  11. Turut berdukacita ya mbak atas meninggalnya ibu dr bpk mbak Prima. Kebayang deh perasaan mba Prima yg campur aduk.

    Happy belated anniversary semoga langgeng dan bahagia hingga akhir hayat, amin.

    ReplyDelete
  12. Mbak, aim bekkkkk :D

    Turut berduka cita atas berpulangnya Bu Yang ..
    Semoga diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.. Amin ...

    Happy Anniversary juga :)
    Semoga semakin dilimpahi kasih sayang, rejeki, berkah, kebahagiaan ...

    Oh, dulu tinggal di Denpasar ya, Mbak?
    Aku juga .. dari 1998-2002, terakhir kos di IB Oka Gg. Kujang *duh, kangeeeeen deh ama suasana kuliah dulu :)*

    ReplyDelete
  13. Ikut berduka cita sedalam-dalamnya mbak atas meninggalnya mbah.. Selamat ultah perkawinan ke 10 semoga langgeng sm jd kakek nenek.

    Aku nyesal mbak tdk beli terjemahannya Anne Frank, gara 2 banyak pertimbangan..

    ReplyDelete
  14. Innalillahi wa innailaihi rojiu'un, ikut berduka cita ya mbak, semoga amal ibadah almarhumah di terima Allah Swt.

    Yang kedua, Selamat atas anniversarynya, semoga langgeng sampai akhir hayat.

    ReplyDelete
  15. hepi eniverseri ya mbak...maaf telat juga nih, turut berduka cita juga...semoga almarhumah diterima segala amal ibadahnya, diampuni segala dosa dan kekhilafannya..amin

    ReplyDelete
  16. Mbak Prim, aku turut berduka cita atas kepergian eyang :(
    Semoga amal ibadah blio diterima disisi NYa. amiin

    En Hepi belated eniperseri ya ..tambah langgeng sampe nanti.amiin

    ReplyDelete
  17. Mbak Prim, aku turut berduka cita atas kepergian eyang :(
    Semoga amal ibadah blio diterima disisi NYa. amiin

    En Hepi belated eniperseri ya ..tambah langgeng sampe nanti.amiin

    ReplyDelete
  18. Mbak Prim turut berduka ya, mudah2an amal ibdah beliau diterima, diampuni dosa2nya dan dilapangkan kuburnya.Amin.


    Dan juga hepi eniperseri, langgeng, rukun, saling setia dan saling cinta hingga maut memisahkan dan hingga kita dibangkitkan kembali.Amin.

    ReplyDelete
  19. turut berduka cita bunda....semoga amal ibadahnya diterima yaa...

    and happy aniversari....bun photonya langsing nian lho...

    ReplyDelete
  20. Happy belated anniversary ya bunda&ayah...maap telat...hihihi

    ReplyDelete