Monday, October 29, 2007

hotel pelangi - toko oen - jumpa teman lama

setelah dua postingan terakhir bunda yang cukup menguras air mata dan perasaan, kali ini bunda mau cerita seputar pandangan mata selama perjalanan ke malang yang singkat minggu lalu. tak lupa bunda ucapkan terimakasih kepada semua sahabat-sahabat blogger bunda yang sudah memberikan simpati. terimakasih temans, simpati kalian sangat berarti buat bunda.

terakhir ayahbunda pulang ke Malang bulan Januari 2005. wuih udah lama juga ya! masa kecil bunda dulu pernah dihabiskan di kota dingin Malang ini. dulu bunda sekolah di TK PPSP IKIP Malang (model sekolahnya keik model lab school) sampai di pertengahan kelas 1 sd yang kemudian harus pindah ke Solo.

Kita sampai di Malang sekitar pukul 2 siang. langsung menuju ke Dinoyo, rumah Bu Yang-ku. disana kita tinggal sampai selesai acara tahlilan hari pertama. sekitar pukul 20.00 wib kita pamit dengan seluruh keluarga. Insya Allah saat pernikahan murna adikku yang tinggal dua minggu lagi bisa bertemu.

sepanjang ingatan bunda, masih banyak sih tempat-tempat di Malang yang gak banyak berubah. tetapi keik maskot kota yakni Alun-Alun udah banyak banget perubahannya. dulu air mancur di tengah alun-alun senantiasa terus memancur tetapi sekarang keiknya udah gak lagi. trus pinggiran alun-alun sekarang dipasangin pagar pembatas, dan banyak pohon-pohon beringin yang sudah ditebangi.... duh sayang banget sebenarnya. trus di tiap pojokan alun-alun ada kios-kios kecil yang sampai sekarang masih dipertahankan. bentuk kiosnya unik banget. sebenarnya masih banyak hal-hal unik yang ada di seputaran alu-alun, ada Mesjid Agung, kemudian Gereja Katedral, kemudian ada Sarinah pusat pembelanjaan yang juga udah ada sejak bunda masih kecil. trus ada juga bekas kantornya Bapak dulu.... (hehehehe... gak penting banget deh!) trus satu lagi yang unik adalah kantor pos, disana ada sebuah kotak pos yang gede dan tinggi warnanya merah, model kotak pos jadul deh dan sampai kini masih tetap dipergunakan, cuma.... batere kamera bunda udah bener-bener mati waktu itu!! duh menyebalkan sekali...

kalau ke Malang, udah bisa dipastikan deh kita nginepnya di hotel Pelangi. duh ini hotel jadul banget. bentuk bangunannnya sih masih dipertahankan, juga beberapa interior terutama di lobby dan di ruang makannya. untuk kamar-kamarnya udah direnovasi.... tetapi tetep aja kok kesan 'serem' jadul-nya kalo berada di dalam kamar, terutama di kamar mandinya kok tetep terasa ya. tapi anehnya ya itu dia biar berasa serem kok gak kapok juga selalunya nginep disana.

suasana di ruang makannya kerasa jadul karena lantai keramik dan hiasana dinding plus langit-langit masih dipertahankan hingga sekarang. tetapi untuk meja kursi dan peralatan makan sih udah gak. trus pilihan menu-nya saat sarapan ya biasa deh standart banget dan sangat minim pilihan, beda banget dengan hotel-hotel yang modern berbintang.

letak hotel Pelangi ini emang strategis banget, karena berada di depan alun-alun kota, berada di pusat kota Malang. nyontek di mas wiki, hotel ini berdiri sejak tahun 1934. jaman belanda banget kan.

Dan!! wisata kuliner yang tidak pernah dilewatkan kalo berkunjung ke kota Malang adalah restoran Toko Oen. hehehehe..... waktu bune Salma posting belanja kuker buat lebaran dan sempet buka puasa makan steak di Toko Oen Semarang, asli mupeng banget!! slurpppp... eh kok ya ndilalah tiba-tiba saja harus berangkat ke Malang, dan gak melewatkan dong buat mampir ke Toko Oen yang ada di Malang. Toko Oen yang ada di Malang ini berdiri sejak tahun 1930.... gak kalah tua ma hotel Pelangi kan.

Suasana resto toko Oen ini juga jadul banget. model meja kursinya kursi rotan jadul dan juga meja makan kayu-nya juga model udah jadul banget. kalo menurut sang pramusajinya hampir keseluruhan interior masih asli. wuih..... bahkan saat menunaikan panggilan alam, di area rest room-nya juga masih jadul gitu suasananya!! hiasan dindingnya, trus gerendel pintu kamar mandinya juga masih asli... kalo di lock di luar terlihat tulisan BEZET dan kalo lock-nya di lepas tulisannya adalah VRIJ.... hehehehe ada yang ngerti gak artinya dalam bahasa Indonesia? bune salma... tolong titip tanyain ke-papi ya!! hehehe...

Menu andalan toko oen adalah steak dan es krim. macem-macem pilihan steaknya, dias adikku dan ibu pilih tenderloin steak, bapak pilih nasi goreng, dan pilihanku adalah mixed grilled steak. jadi steak campur-campur ada udang, ikan kakap, daging ayam dan daging sapi. soal rasa? hmmmm..... yummy banget!! maknyus kalo kata Bondan Winarno. gak lupa pesan juga es krim Banana Split. soal rasa es krim sebenarnya sekarang ini sudah banyak banget yang lebih lembut dan lebih maknyus dari es krim oen.... tapi karena diembelin nilai historis dan nostalgia... tetep yummy!! masih menurut pramusajinya, pembuatan es krim masih menggunakan resep asli dan bahan-bahan asli plus cara pembuatan yang masih tradisional. ayo ayo..... silahkan ikut menikmati....

Setelah bepergian biasanya gak klop kalo gak punya oleh-oleh, karena udah di toko Oen, dan emang udah gak ada waktu lagi buat kemana-mana, udah malam plus besok paginya juga sudah harus kembali ke Jakarta, ya kita beli aja kue kering andalan toko Oen, sebenarnya banyak juga pilihan cuma karena jenis-jenis kuker yang lain juga cukup biasa keik nastar, kastengel, coklat dll, jadi pilihan kita kali ini adalah lidah kucing dan spekulas.







bunda juga sempat ketemu dengan teman lama. capri dan arief. sebenarnya mereka aslinya adalah teman ayah utam. tepatnya capri adalah teman kuliahnya ayah utam di Desain Grafis Universitas Udayana Angkatan 1990. mereka sudah lama bersahabat ya sejak sama-sama menjadi mahasiswa baru dan sama-sama menjadi anak kost. capri berasal dari Batu-Malang.

yang unik dari pasangan capri, biasa aku panggil Icha, dan arief adalah mereka pacaran sudah sejak dari jaman masih jadi anak kelas satu smp!! dan Alhamdulillah awet hingga menikah dan sudah dikaruniai 2 orang anak cewek, Raisa 9 tahun dan Mutia 2,5 tahun. dan sejak bunda pacaran dengan ayah utam yah otomatis jadi kenal dan akhirnya akrab dengan mereka. hingga kini kita masih menjalin tali silaturahim dan jika ayahbunda datang ke Malang atau mereka yang sedang berkunjung ke Jakarta, pasti disempatkan buat ketemu.

walaupun cuma sebentar tapi pertemuan ini menyenangkan sekali dan seru dengan berbagai cerita. pasangan capri dan arief punya usaha sendiri di bidang seni keramik, dengan merek matahati, jadi buat teman-teman yang pengen pesan souvenir atau pernak-pernik terbuat dari keramik bisa memesan kepada mereka di capriarief@yahoo.com


15 comments:

  1. Mba'..maaf niy br mampir lg jd ketinggalan berita...

    Hepi belated aniversary ya..moga langgeng selamanya..

    Turut berduka cita juga ya Mba'.. al fatihah buat nenek..

    ReplyDelete
  2. Toko Oen emang ga ada matinye deh... kita menikmati poto nih Mba? hehehe...

    ReplyDelete
  3. Iya tuh toko oen sini juga seremmm... aku pernah udah kebelet tp sampai rest roomnya keluar lagi inget suster ngesot hahaha

    Bezet artinya terisi mom, kalo vrij (prei) keknya libur hahahah.

    Asik ya ke Malang, selain ketemu keluarga & temen juga bernostalgia.

    ReplyDelete
  4. sekalian reunian dan bernostalgia ya mbak...:)

    ReplyDelete
  5. aduh toko ama hotelnya udah lama banget yak... tapi itu toko oen menggoda banget, jadi pengen banana splitnya
    eh mba... ikut berduka cita atas meninggalnya mbah ya... al fatihah..

    ReplyDelete
  6. Turut berduka buat neneknya Mba Prima ya..semoga amal ibadah blio diterima Alla SWT dan diampuni dosa2nya amin..

    Jalan2 di Malang ya asyik tuh, saya pernah sekali ke Malang itupun jalan2 ma temen2 hehe..kota asyik emang kok.

    Wah temennya Mba Prima awet bener temen sejak SMP smpe nikah sekarang punya anak dua waaahhh apa ngga bosen ya hehe...

    ReplyDelete
  7. Asik juga ke tempat2 jadul kaya gitu, jadi sekalian ber nostalgia...

    ReplyDelete
  8. Teman lamanya pacaran sejak satu smp..wadaw gaul amat ya mereka.

    Borong apa aja bunda disana?

    ReplyDelete
  9. Critanya jalan2 sambil nostalgia nih.. mana nih oleh2 dr malang koq gak nyampe ke x-malang nih.. :)

    ReplyDelete
  10. Aku lom pernah ke Malang Mim. Pengeeen banget. Kok pohon beringin ditebangin ya, kan sayang. Pohon bisa ngurangin polusi.
    Hotel jadul selalu keliatan serem, napa ya? Mungkin mata kita udah penuh ama pandangan yg modern.
    Toko Oen masih nyimpan suasana antik, kayaknya itu emang harus dipertahankan.
    Masih ingat restoran Tip Top di Medan daerah Kesawan gak Mim, ya sama juga resto jadul. Masih jalan terus tuh Tip Top.
    Gak aci Mim, masa' aku cuma dioleh-olehin photo, kukernya juga donk! Hehehe...

    ReplyDelete
  11. wah..kangen malangg...ke pulosari ga mbak prim??

    ReplyDelete
  12. sekalian jalan-jalan ya jeng...mmm..ntu tenderloin bikin ngiler yaaa

    ReplyDelete
  13. hiks aku yg bolak balik k semarang mlh gak tau n belum pernah k toko oen. pokoke nanti pas k smg lg mau mampir...ingetin ya mbak :D

    ReplyDelete
  14. wah mbak.. jadi kangen Malang ni... dah 10 tahun gak nengok MAlang

    ReplyDelete
  15. Halo Mbak,
    Resto OEN itu cabangnya yang di Semarang juga ya? Atau beda? Koq sama-sama OEN gitu ya?

    Salam dari RIO, Jakarta

    ReplyDelete