Thursday, October 4, 2007

masa remaja

kangen ma adek udah terobati, bunda udah njenguk adek tantri, udah kirim doa, semoga Allah memeluknya dalam kasihsayangNYA memberikan taman bermain yang indah di dalam istanaNYA, dan ini masih cerita soal kangen, akibat ngobrol lewat SB ma koz yang ada di samarinda, akhirnya bikin kangen sama kota samarinda. keiknya emang bener ngkali ya pepatah lama mengatakan "skali minum air mahakam, pasti terkenang slalu"

masa remaja-ku *caila.... remaja!!* sempat berada di kota samarinda, kalimantan timur. pertengahan 1982 hingga pertengahan 1986 (4 tahun) kita sekeluarga berada di samarinda setelah sebelumnya berada di Ujung Pandang aka Makassar selama 3 tahun, saat naik kelas 2 sma aku baru pindah ke jakarta. keberadaanku disana berkaitan dengan tugas bapak yang emang nuntut buat berpindah-pindah. jadi masa kecil dan remaja ku dulu tersebar di beberapa kota (surabaya, malang, solo, ujung pandang, samarinda, jakarta, medan, lhokseumawe) di negeri tercinta ini.

di awal aku tinggal di samarinda masih sepi banget.... aku tinggal di daerah air putih namanya, di Jl Ir. H. Juanda, di pinggir jalan besar sebenarnya tapi asli dalam sehari thu mobil yang lewat di depan rumah bisa dihitung, gak lebih dari jumlah jari tangan dan kaki. persis di depan rumah adalah perbukitan yang masih berupa hutan. jadi temans.... kalo kita duduk di teras masih suka liat ada monyet yang bergelantungan di pepohonan, trus masih suka liat musang, dan serunya lagi beberapa kali kejadian ada ular masuk ke dalam rumah.... waks!! serem bok secara ularnya adalah ular kobra yang kepalanya bisa berdiri gitu.... tapi setelah masuk di tahun ketiga, udah mulai deh rame yang berakibat juga semakin jarang ada penampakan para hewan-hewan tersebut secara semakin banyak rumah-rumah yang dibangun.

air bersih disana susah banget. walaupun samarinda itu berada di tepi sungai Mahakam, airnya payau rasanya apalagi kalo lagi pasang laut naik. jadi yang namanya air bersih kudu hemat banget, tiap 2-3 hari sekali ada mobil tangki yang datang buat isiin air di bak penampungan. keiknya tiap rumah pasti punya.

kotanya tenang, gak terlalu besar diputerin satu jam juga udah kelar, nyaman banget seh rasanya waktu itu. kalo bulan ramadhan keik begini yang bikin kangen adalah pasar wadai aka pasar kue *ada liputannya di sini*, kalo dulu pusat pasar wadai ada di depan halaman mesjid Agung, segala macam rupa kue-kue khas kalimantan ada bahkan ada beberapa jenis yang emang cuma muncul pas bulan ramadhan. gak cuma kue-kue sih yang dijual berbagai lauk buat persiapan berbuka puasa atau sahur juga banyak dijual. seru aja berburu kue di pasar wadai.

waktu itu jembatan penghubung antara kota samarinda dan samarinda seberang belum ada, jadi harus pakai kapal feri buat menyeberang. kalau sekarang buat perjalanan ke balikpapan bisa ditempuh kurang lebih 2 jam, dulu bisa 3-4 jam baru nyampe karena selain harus antri di tempat penyeberangan feri juga kondisi jalan belumlah sebagus saat ini. oya, sebutan mobil angkutan kota disebutnya taksi, hehehe... gaya bener kan pulang pergi sekolah naik taksi.

walaupun judulnya samarinda itu ibukota propinsi Kalimantan Timur, tapi emang gaungnya kalah pamor ma balikpapan. dan keiknya sampai saat ini juga belum ada penerbangan yang langsung ke sana, pasti via balikpapan. lapangan terbang Temindung letaknya berada di tengah kota, udah gak representatif seh sebenarnya keberadaannya. waktu itu landasan pacunya itu membelah jalan raya, jadi keik model kereta api... kalo ada pesawat yang mau landing atau take off palang pintunya dipasang..... werrr lewat deh thu pesawat di depan mata!!

aku sekolah di smp negeri 1 samarinda masuk di kelas 1-9. kelas 1-nya ada 10 kelas. seluruh kelas 1 masuk siang. ceritanya walopun anak baru tapi aku yang SKSD gitu jadi dalam waktu singkat cepet punya temen dan aku sangat sangat kangen sama teman-temanku di samarinda ada Dayang Sylvia Masthora, Rini Syafriani, Norsehan, Farida, Arafat, Etty Yulianti, Sri Rejeki, dan masih banyak lagi.... dimanakah kalian semua saat ini? *kira-kira mereka ada yang baca gak ya ceritaku ini* dan ini neh hehehehe..... yang manis buat diingat adalah..... cinta monyet !!! ups....

*ayah utam, maap..... yakinlah ini tidak mengurangi rasa cintaku padamu *

jadi ceritanya, pas udah kelas 2 smp, satu kamis sore saat harus ke sekolah karena kelasku dapet giliran buat ngepel aula yang akan dipakai shalat jumat esokannya, aula sekolahku emang slalu dipake buat shalat jumat selain untuk siswa sekolah juga masyarakat sekitar bahkan hingga saat ini, sama temenku, aku dikenalkan ma kakak kelas singkat kata falling love aka cinta monyet... pacaran yang gaya back street, cuma di sekolah doang.... ya maklum lah namanya juga anak smp gitu loh!! cinta monyet itu berakhir saat aku harus pindah ke jakarta...


*kabar angin di koran mengatakan blio sekarang tinggal di Tengarong, sudah menikah, konon pula merupakan salah satu tokoh masyarakat terkenal di sana! masih ada seh potona blio... tapi demi keamanan dalam negeri disimpen aja didalam kotak gak dipublish*

dan sempet di aula itu kita berdua nulis nama kita di bawah salah satu tiang aula itu...... koz bisa diliat di cek ya masih ada gak thu tulisan? hehehehe.... (note : udah di cek ma Koz, tulisannya udah gak ada lagi... udah diputerin sekeliling aula tiap tiang di periksa... gak ada juga!! tengkyu koz)

penampakan gedung sekolah dan aula-nya saat ini dah beda banget, konon gedung asli sekolah smpn 1 itu dulunya adalah rumah sakit belanda terbukti dengan lorong kelas yang emang keik lorongnya rumah sakit-rumah sakit jaman dulu. dulu jendela kelasnya beasr-besar, dipasangin gorden pulak, kalo guru meleng suka ada yang loncat deh lewat jendela buat bolos.... (daku tidak termasuk lho ya!!), trus aulanya dulu masih plur semen bukan di keramik dan kalo di foto diatas di bagian belangan aula ada lapangan volly, dulunya itu ruang kelas.

lulus smp aku masuk di sma negeri 3 samarinda, waktu itu masih termasuk sekolah baru, pas aku masuk itu adalah angkatan ke-3 dan pas tahun ajaran itu mulai diberlakukan penjurusan model A1-Fisika, A2-Biologi, A3-Sosial, A4-Bahasa setelah tahun sebelumnya penjurusan yang ada adalah IPA & IPS. kali ini sekolahku lumayan deket ma rumah, akhirnya ngerasain juga yang namanya pulang pergi sekolah bisa jalan kaki....

nah pas sma inilah jamannya bikin genk-genk gitu deh, aku punya genk namanya PREOLA, Prima, sri Rahayu, Erna Wulandari, fathiah Olfah Kamberanny, Linda Sondang Debora Sinambela, Anniversary, hingga saat ini personil PREOLA masih saling kontak, aku dan Erna di Jakarta, Veri di Jogja, Olfah di Samarinda dan Yayuk di Balikpapan terkecuali Linda Sondang Debora Sinambela aja yang mpe sekarang tidak ketahuan dimana keberadaannya



*ada teman blogger yang kenal gak ya? kabar terakhir linda dia kuliah di ITB Fak. Teknik Perminyakan Angkatan 88 lulus tahun 1996 data lain smp-nya linda dulu di smp metodhist medan*

trus ada satu cerita unik, saat kelas 1 sma itu, udah pas pertengahan tahun ajaran seh, ada anak baru, pindahan dari salah satu kota pedalaman di kalimantan dan yang bikin berbeda adalah.... blio mempunyai daun telinga yang cukup panjang, bagi masyarakat dayak semakin panjang dan semakin berat/ besar anting yang mereka kenakan menandakan kecantikan dan kemakmuran mereka. sebenarnya saat itu udah sangat jarang kaum muda yang masih melestarikan kebudayaan tersebut, tinggal yang sudah sepuh-sepuh. wah heboh dong satu sekolah... dan akhirnya blio melakukan operasi untuk menghilangkan daun telinga yang memanjang itu.

naik kelas 2 sma berhubung bapak dipindah tugaskan ke jakarta, pindahlah ke jakarta. berakhir sudah kisah remaja di samarinda . gak kerasa ternyata sudah 20 tahun lebih waktu berlalu!!


note :
foto smpn 1 dan foto aula hasil kiriman koz yang sudah berbaik hati berkunjung ke smpn 1 dan sholat jumat disana, terimakasih!!
foto preola hasil kiriman dari Olfah, tengkyu ya say!

ket foto kika : erna, olfah, aku, yayuk, linda, veri
foto wanita dayak di upload dari : www.photoimageindonesia.com

18 comments:

  1. wahh.. mom, gak nyangka pernah dilanda cinta monyet juga?! :D

    jadi pengen nebak nih, kira-kira diantara enam prajurit berseragam ituh, mami imoy yang mana yak?! No 3 dari kiri?! *sok tahu*

    ReplyDelete
  2. setelah dibaca sampe bawah, ternyata tebakan sayah tidak meleset.

    ReplyDelete
  3. Nostalgia masa remaja emang ga ada matinya.
    Palagi cinta²an yg back street gitu, buat lebih semangat masuk sekolah kan?

    Duh mom.. imutnya waktu SMA, ga jauh beda kok ma skarang ;)

    ReplyDelete
  4. Bun.. Bunda yg mana tuh di poto nya?? yang paling kiri yaq? jadi nebak nebak hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku paling takut sm ular..hi ngeri. Senang ya mbak kl nostalgia masa kita duduk di bangku sekolah.. Kl bisa ingin membalik mengulang masa-masa itu..

    ReplyDelete
  6. mba prima..kangen ma samarinda ya..ayo ke sini???
    aku ke jakarta tgl 8 okt ini mba..kita ketemuan ya???? minta no. telp nya donk??

    ReplyDelete
  7. Hehe... Medan masuk dalam list-nya ya Mim. Sedikit tidaknya pernah tinggal disana kan.

    Nostalgia SMA yg tak terlupakan. Enak dikenang kembali ya.

    ReplyDelete
  8. Samarinda....
    6 taon om jev sekolah disana Mom, ngekos ama sodara dari SMP ampe SMU (profile)
    kemudian hijrah juga ke MKS. Gak bakal lupa dah.

    Regards

    Jevuska

    ReplyDelete
  9. Bunda ngen-gank juga ya...memori yang indah banget tuh bun.

    Kapan "napak tilas" ke Samarinda lagi?

    ReplyDelete
  10. Duh senengnya yg lagi bernostalgia ampe ada cinta monyet segala lagi :)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hi..hi...asyiknya bernostalgia masa SMA. Remaja tapi msih lucu2 ya mbak kalau dulu itu, nggak kayak anak2 sekarang.

    ReplyDelete
  13. selamat yach mba, akhirnya di posting juga, terima kasih dah masang fotonnya....

    katanya segh masa remaja adalah masa yg paling indah..geto.!

    ReplyDelete
  14. Huaaaaa..... secara Ofa itu tahun 86 baru kelas 4 ato 5 SD :) heheheee... now Samarinda dah macet juga mba... walau gak seperti Jkt, trus now suka banjir kalo' Ujan... hikss... :)
    Mba gak cerita ttg Nasi Kuning dan ketupat sayur kah?????

    ReplyDelete
  15. Mbak dulu nomaden yah? gk kebayang dirmh sering dikunjungin uler..hiii ngeri! tp seru mbak.. foto jadulnya lucu deeeh. mana aku pen liat poto si mantan tea.. psst gk bilang ayah utam koq

    ReplyDelete
  16. critanya seru... lengkap bgt bow!
    ternyata sering diapelin ma cobra yaks... xixixi...

    ReplyDelete
  17. Cerita jaman remaja yah..suit..suit...ada cinta monyet juga ya...

    Mba, mengalami hidup berpindah-pindah juga yaa..senasib dengan diriku dong...asyik bener yaaa...

    Mmhh..fotonya cute juga tuh pas jaman SMA hehehe...

    ReplyDelete
  18. Sepertinya kita satu angkatan waktu SMP 1 Samarinda. Sylvia Masthora sekarang buka cafe di Juanda. Rini Syafriani nikah dengan temanku Arief anak Makassar, sekarang dia tinggal di Balikpapan dan bekerja di BNI. Arafat sudah jadi petinggi ormas (KNPI?). Etty Yuliyanti menikah dengan Sumari, teman SMP dan SMA. Sri Rejeki (Lili), aku pernah ketemu dia di Matahari Dept. Store di Samarinda. Kamu yang mana ya?
    www.friendster.com/fperwiro
    fperwiro.multiply.com

    ReplyDelete