Monday, December 10, 2007

balqiz sekolah

Alhamdulillah, sejak tanggal 6 November 2007 lalu balqiz udah mulai sekolah, setelah nunggu daftar waiting list selama beberapa bulan, di slb dwituna rawinala. sebenarnya memang agak kurang tepat ya kalo balqiz masuk ke slb rawinala, karena balqiz tidak mengalami apa yang disebut "dwituna" tetapi, mengingat usia balqiz yang masih belia banget dan kemudian slb khusus tunanetra (slb A Pembina) itu letaknya di Lebak Bulus yang nun jauh dari rumah bunda, akhirnya ayahbunda lebih memilih rawinala untuk tempat belajar balqiz di program Early Intervention.

mengenai detailnya rawinala atau slb A Pembina, sahabat bisa langsung liat di situsnya ya. bunda mau cerita aja tentang gimana balqiz disekolah. sampai saat ini balqiz masih bersekolah 2 kali seminggu yakni tiap hari Selasa dan Kamis, pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Insya Allah nanti seiring dengan evaluasi perkembangan belajar balqiz dan pengaturan kelas, intensitas pertemuan akan ditambah.

saat ini dikelas balqiz belajar bersama Dewa (5th), dan dibimbing dengan ibu Rini dan ibu Ndari. sebenarnya jumlah siswanya ada 3, selai balqiz dan dewa ada Teta (4th), namun mungkin karena letak rumahnya yang jauh dan yang mempunyai tugas mengantar adalah neneknya, yang sudah sepuh jadinya Teta jarang terlihat bisa bergabung belajar. sama dengan balqiz, dewa juga mengalami tunanetra sejak lahir. kalau dengan Teta bunda belum tahu banyak karena sampai saat ini baru satu kali ketemu dengannya.
hehehe.... banyak yang bilang kalo dewa dan balqiz thu mirip banget,.... (?)

dan walaupun masih batita, orangtua gak boleh nemani dikelas. jadi ya bunda hanya mengantar balqiz sampai di pintu kelas dan menyerahkan balqiz ke ibu gurunya. selama 2 jam masa belajar ya full dengan ibu guru, termasuk keperluan makan, minum, dll. jadi ya bunda cuma bisa intip-intip aja dari jendela kelas apa seh kegiatannya balqiz.... awal-awal sekolah, balqiz masih suka nangis kalo tiba saat ditinggal dikelas sendirian, tetapi Alhamdulillah setelah pertemuan ke-3 balqiz udah gak pernah lagi terdengar suara tangisannya kalo di kelas. balqiz udah mulai merasa nyaman dan enjoy dikelas bersama teman dan gurunya.


karena balqiz suka musik, lagu, jadi kegiatan pertama balqiz sampai di kelas adalah bermain organ dan bernyanyi. baru setelah terlihat balqiz tenang, mulai belajar. hmmmm.... atau bermain? hehehe.... ya itu deh. balqiz sudah mulai bisa memasang puzzle, sudah bisa memasukkan balok sesuai dengan bentuknya. setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah orientasi lingkungan. jadi balqiz diajak berjalan keliling sekolah. bermain di luar ruangan kelas. setelah orientasi lingkungan, saat makan siang. saat makan ini sebenarnya bunda boleh masuk, tapi.... kalo bunda masuk kelas. yang ada begitu balqiz dengar suara bunda... langsung deh minta gendong bunda dan akhirnya gak mau lepas lagi. jadinya ya bunda memilih tetap jadi "pengintip" saja....

setelah makan siang, belajar di komputer, mendengarkan vcd, pokoke session belajar dengan menggunakan media eletronik. dan tidak terasa 2 jam berlalu, nyanyi lagi deh buat penutupan belajar... dan pulang!!
sesekali bu guru memberikan tema pada pelajaran kelas, misalnya tentang wortel, tentang jeruk, jadi seluruh rangkaian kegiatan belajar ya sesuai dengan tema hari itu. dan balqiz juga diajarin buat belanja ke kantin sekolah. jadi dibekelin uang, dan saat orientasi lingkungan diajak ke kantin kemudian disana ditunjukkan macam-macam jajanan kemudian disuruh memilih apa yang balqiz pengen.


17 comments:

  1. Adaptasi Balqiz termasuk cepet ya. Pinter deh anak bunda...

    Yg rajin ya sayang sekolahnya.

    ReplyDelete
  2. Balqiz, yg rajin ya sekolahnya..

    ReplyDelete
  3. yang rajin sekolahnya yah sayang:)-mutia

    ReplyDelete
  4. yang rajin sekolahnya yah sayang:)-mutia

    ReplyDelete
  5. Sekolahnya nyaman ya Bund ... Balqiz yg rajin sekolah ya sayang .. :)

    ReplyDelete
  6. Balqis udah pinter ya ditinggal sendiri di kelas, cepet tuh adaptasinya

    ReplyDelete
  7. Wah sekolahnya bisa membuat nyaman anak2 ya.. bener2 respect nih dengan ibu2 guru. Moga Balqis jadi tambah pinter dan tambah pede ya...

    ReplyDelete
  8. Bagus sepertinya program di sekolahnya. Balqiz juga keliatannya nyaman. Sekolah yang rajin ya nak, biar tambah pintar.

    Btw, Balqiz di sekolah ngedot ya?

    Dhona
    http://keluargabroto.com

    ReplyDelete
  9. Balqiz yang rajin ya sekolahnya.... TUh udh betah berarti senang banget neh ama sekolahnya...

    ReplyDelete
  10. Selamat ya biuat Balqis sayang yang udah mulai sekolah, moga tambah pinter....

    ReplyDelete
  11. Hebat.. balqis dah belajar banyak ya di sekolah, yg rajin ya sayang sekolahnya biar makin pintar :)

    ReplyDelete
  12. yanti http://celoteh.jalankenangan.netDecember 14, 2007 10:23 AM

    wah pinter ya Balqiz... semoga tetep betah dan rajin ya :)

    ReplyDelete
  13. Alhamdullillah Balqis udah masuk sekolah. Mudah-mudahan sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Banyak temen ya, nak!!!

    ReplyDelete
  14. asssiiikkk balqiz sekolah...tamba pinter ya cayang :)

    ReplyDelete
  15. Balqis pinter yah adaptasinya....yang rajin yah sekolahnya....Main musik yg rajin yah :)

    ReplyDelete
  16. Selamat ya Balqis udah sekolah! Pinter kok ya, huggyy and kiss dari Tante!

    ReplyDelete
  17. Ikut seneng baca postingan ini ..
    Balqiz pinter banget ya, dah berani sekolah, pasang puzzle, maen balok, etc :)

    Balqiz & Dewa emang agak mirip ya, Mbak :)

    ReplyDelete