Monday, February 2, 2009

ABG vs RARA

bunda sedang mengingat-ingat sembari ngelamun,.... apa seh yang diinget-inget? masa abg alias masa remaja bunda dulu. apa yang bunda lakukan, siapa yang menjadi teman, lingkungan bergaul, sikap orangtua bunda, dlsb,.. kemudian menarik sebuah garis dengan situasi kondisi yang ada di jaman itu. berlanjut menarik garis ke seberang masa,... membandingkan dengan abg jaman sekarang.

ya jaman sudah berubah, situasi kondisi juga sudah berubah,... buat bunda saat ini sudah menjadi jaman uedan, jaman kepala jadi kaki kaki jadi kepala.



duh, ada apa seh bunda kok tiba-tiba begini?
sedang dipusingkan dengan ulah si abg rara,..
rara ini keponakan bunda.

14 januari kemaren usianya 15 tahun. sekarang dia duduk di kelas 3 smpn di bilangan jakarta barat, sedang menjadi abg yang sulit, ato istilah ekstrimnya lagi, si trouble maker. sulung dari 4 bersaudara ini amat kekanak-kanakan, dan entah kemana arah isi otaknya, bunda tidak tahu. salah pergaulan? salah teman? bisa jadi,.... walaupun tidak menutup adanya alasan lain yang menjadi "akar masalahnya".

sedang menjadi anak pembangkang, apa kata teman lebih di dengar daripada apa kata orangtuanya,... berulang kali membolos dari sekolah bahkan tidak pulang kerumah hingga berhari-hari pun dengan senang hati dilakukan,.. amarah, omelan, tangisan orangtuanya bagai angin lalu berdesir keluar masuk telinga tanpa sempat nyantol sedikitpun.

2 bulan lagi akan berlangsung ujian yang menentukan masa depannya pun tidak dihiraukan,.. dikala siswa lain sedang giat-giatnya belajar, dia lebih memilih "menghilang" tanpa pamit,.. Nekad sudah menjadi nama tengahnya saat ini, sebuah teguran sehalus mungkin pun akan bersambut dengan sebuah tantangan darinya.

harus bagaimana bunda? untuk bisa membantunya keluar dari kemelut ini? sebelum semuanya terlambat! sebelum ada kata penyesalan!,..

10 comments:

  1. mungkin didekatin seperti layaknya teman mbak. maaf aku juga gak punya pengalaman seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Duh..iya nih emang aku jg punya anak cowo yg dah teenager...suka deg degan...Mudah2an keponakanmu menghilang sementara aja...susah seh yah ngasih nasehat kalo ngak tau tau seluk beluknya ...hemmm just good luck, hope everything fine :)

    -Yanti Wyant-

    ReplyDelete
  3. smoga cepet diketemukan, sama anak ABG perlu perlakuan khusus mom, kalo di keras mreka akan berontak :D

    ReplyDelete
  4. duhh...menghilang sampe beberapa hari tanpa kabar...ga ngebayangin gimana bingung ortunya ya..
    mungkin ortunya harus lebih sering bicara dari hati ke hati sama rara...dan membuat suasana nyaman di rumah, yang bisa bikin si rara betah...

    *bingung ngasih saran apa, ga punya pengalaman si*

    ReplyDelete
  5. susah-susah gampang emang mbak. Sy juga py adik spt ini. Emang serba salah kadang ngasih tau mereka yg lagi seneng ngebangkang. Paling yang bisa dilakukan adalah sering2 ngajak ngobrol. Walopun terkadang blm tentu di denger.. Maap ya mbak kl kurang membantu

    ReplyDelete
  6. Aduh Rara...
    *ikut prihatin*

    Eman2 Nduk wajah cantikmu kalau sampai salah jalan...

    Mbak, mungkin ada benarnya kalau dia dideketi secara halus, dijadikan teman, diarahkan ke kegiatan2 yang bikin badan dia capek seperti olahraga, pecinta alam, dan sejenisnya...
    Mungkin tadinya terlalu di los/dimanja sama ortunya ?
    Setelah agak susah mengendalikan, ortunya langsung keras?
    Kalau sudah begitu biasanya susah.. pengalaman pribadi nih, iparku plek kayak gitu.. akhirnya ya gitu deh...

    Nggak gampang memang tugas orangtua jaman sekarang...
    Semoga kita semua sukses mengarahkan anak2 kita agar gak keluar jalur ya, Mbak.. Amin...

    ReplyDelete
  7. kalo sama anak ABG terlalu diatur gak mau, terlalu dikekang jg gak mau, kalo dibiarkan takut salah pergaulan... susah2 gampang ngatur anak ABG...

    ReplyDelete
  8. masa2 ABG masi rawan2nya yak..moga2 ga terjerumus lebih dalem lagi.. tetap perhatikan dia aja mba... biar ga kelewat batas.

    ReplyDelete
  9. Duh bun, ponakan sy jg lg dlm kondisi spt itu.. Kmaren pas dia menghilang, untungnya hapenya msh aktif, jd sy coba sms aja, tp bukan minta dia pulang ato nanya dia dimana.. Lbh mencoba jadi aunty yg bsahabat aja.. Ehm, kita ym-an aja yuk.. Bs add sy bun, ym id sy: istantina. Sapa tau kita bs sharing lbh bny..

    ReplyDelete
  10. Hai mom, pa kabar ?
    Sorry agak telat kasih komen secara dah lama gak BW di blogspot. AKu pernah punya pengalaman persis seperti ini. Si ABG juga keponakan aku yg trouble maker. Cuma bedanya dia tuh gak pake menghilang dari rumah, tapi tipu menipu n bohongin ortunya tuh jadi andalan dia. Tapi skrg (udah kuliah semester awal) alhamdulillah dah berubah bgt, karena seluruh keluarga 'merangkul'nya dan berusaha menjadi 'teman' tuk dia....mungkin dari situ dia sadar.

    ReplyDelete