Thursday, July 26, 2007

celoteh si kembar

terkadang lucu mendengar celoteh alifah yang mulai bisa ngomong.
walopun masih tercampur dengan bahasa planet yang ajaib,
beberapa kata sudah mulai jelas diucapkan.
dan blom bisa manggil "bunda"
masih susah ngkali ya xixixi...

bahkan pernah ditinggal berdua ma balqiz di kamar, pas aku intip mereka ternyata lagi ngobrol dengan bahasa planet mereka...
entah apa yang diobrolin...
gak ngerti!!


mau = mau
asik = asyik
iya = iya
naik = berlaku buat naik & turun
esi = sisir
tuya = itu ya
mam = maem/ makan
mik = mimik/ minum
ucu = susu
uci = kucing
ayah = ayah & ayam (xixixi... ayahnya ternyata disamain ma ayam)
iti = titi (nenek)
weti = davi (sepupu-nya)
mba = mbak Ida atau mbak Imah
cus = suster yanti
ga-au = gak mau
atu = sepatu
nda = awalnya kirain "bunda" ternyata maksude = sandal!!
agur = anggur

apa lagi ya.....???? dengan alifah memang sudah mulai mudah untuk berkomunikasi, karena dia sudah mengerti apa yang kita maksudkan dan kita juga sudah mulai mengerti apa maksud "kata-kata" ajaib-nya.

untuk balqiz, masih harus bersabar dulu keiknya. terkadang dia bisa diajak untuk menirukan kata-kata yang aku ucapkan. dan sebenarnya dia bisa ngucapinnya keik :

mam = maem/ makan
iya = iya
yah = ayah & iya (masih rancu)
mba = mba Ida
engga = bunda (awalnya aku pikir adalah "nggak" ternyata maksude "bunda!")

hanya ya itu, perlu kesabaran yang tinggi karena cepet banget keilangan mood. rasanya walopun kosakata yang dikuasai masih minim, balqiz sudah mengerti maksud yang kita utarakan.

perkembangan tiap anak adalah unik. boleh mengambil sebuah standarisasi menurut berbagai literatur tetapi tetap saja yang berlaku adalah "tiap anak adalah seorang pribadi yang unik" sehingga tiap anak mempunyai perkembangan masing-masing. sepanjang masih dekat dengan garis standarisasi ya masih oke-lah.
benar begitu para ibu-ibu??

20 comments:

  1. Aku gag bisa dengerin pas on er, spikerku rusak, lah gimana. he..he... Yang penting sukses ya?
    Senangnya kalo anak bisa mengucapkan kata-kata pertamanya. Tentang bahasa planet ini, dulu Ghazy dan sepupunya Fachri juga begitu. Fachri lahir dan besar di Padang. Ghazy gag bisa omong Padang dan Fachri gag bisa ngomong Basa Indonesia. Pi mereka maen dan cerita nyambung aja. Kita yang liat jadi ngakak. ha...ha...ha..

    ReplyDelete
  2. Tambah pinter nih Alifah..
    Balqis juga, semangat ya nak..., itu rambut Balqia ya yg njigrak keatas? hihi lucu banget sih.

    ReplyDelete
  3. yup. aku sepakat deh kalo setiap anak punya keunikan. jadi 1000 anak = 1000 keunikan. keik mottonya SALAM nih hehe...

    nah... ini bisa jadi bahan buat nulis lho mbak... ;)

    ReplyDelete
  4. Emang benar ya Mbak tiap anak adalah pribadi yang unik. Jadi tiap anak itu beda-beda nggak usahlah saling dibanding-bandingkan. Senangnya Alifah udah banyak kosa katanya. Balqis juga yang semangat ya sayang..

    ReplyDelete
  5. kebayang deh ngobrol ber2 seru juga ya he... pintelnya alifah & balqiz:)

    ReplyDelete
  6. bahasa planet anak kecil itu yang gak akan keulang hehe...

    ReplyDelete
  7. Setuju Setiap Anak itu Unik....Makanya Ayah najwa selalu bilang walow najwa hdgnya gak mancung ky bunda ;n ayahnya dai blg mukanya unik he...he...

    Najwa juga lama tuh manggil bundanya he..he..malah duluan ayah ;)

    ReplyDelete
  8. perkembangan tiap anak adalah unik. boleh mengambil sebuah standarisasi menurut berbagai literatur tetapi tetap saja yang berlaku adalah "tiap anak adalah seorang pribadi yang unik" sehingga tiap anak mempunyai perkembangan masing-masing. sepanjang masih dekat dengan garis standarisasi ya masih oke-lah.
    benar begitu para ibu-ibu??
    **setuju*** rayga jg masih sedikit kosakatanya..agak sedih jg klo compare ama anak2 lain yang seumuran tp baca kalimat diatas jadi tenang..

    ReplyDelete
  9. betuuullll....hehehhe walau kembar sekalipun ya mbak, tetep masing2 ada keunikan...yg penting alifah n balqiz makin pinternya :)

    ReplyDelete
  10. Mom you are a superwoman.. seneng deh bisa kenal sm dikau. Alifa n Balqiz tambah pinter yaaaaa... ntar kapan2 ngobrol ma Alel yah

    ReplyDelete
  11. Duuuh akurnya yang dua itu...
    Kiss n hug tuk Balqiz n Alifa ya.
    Met wiken ya Mim, punya rencana blom wiken ini?!

    ReplyDelete
  12. betul...

    btw...lucu banget yah...punya kembar triple lagi....hidup jadi variasi ya mom....

    kebayang pas bayi banget gimana nanganinnya ya mom...waduh salut deh....

    sun2 buat triple yah...dari adek ben

    ReplyDelete
  13. Lagi lucu-lucunya nih..@Balqis goodluck ya...

    ReplyDelete
  14. Asyiknya punya anak kembar...jadi inget adik iparku dan sepupuku yang juga kembar.
    Balqis sama Alifah kini sedang lucu2nya ya mbak, belajar bicara, lalu merangkai kata. duh masa yang paling indah.
    Sun sayang buat si kembar dan met week end

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah kak balqiz & alifah tambah pinter.. pasti lucu ndengerin si kembar ngobrol ya,bun? dilihat dr fotonya mereka berdua kelihatan rukun banget.. DUh..senengnya...

    ReplyDelete
  16. duh coba ya kita mengerti bahasa yang mreka gunakan
    lucu kali yah ;)

    ReplyDelete
  17. hehe jadi inget ade Liez

    kalo bilang liez malah jadi wis
    L=W hehe :D

    salam buat de balqis ya bunda dari ateu :) have a nice weekend

    ReplyDelete
  18. Dulu aku juga pengen dipanggil bunda. Tapi kayaknya susah, jd mama ajah. Huahaha ^_^

    Trus, yup! Sekarang aku merasakan tiap anak itu unik loh. Tapi say, kdg kita ada batas2 di mana kita gak sabar. Spt aku liat Nikki diem ajah, sementara temen2 laennya mau nyanyi+nari. Pengen marah sih. Tapi aku akhirnya bilang dlm hati keras2: Tiap anak itu unik, tiap anak itu beda. Hehehe :D Suatu saat kamu akan mengalami. Tp teteb yakin yaaaaaa.... ;)

    ReplyDelete
  19. waaah..sama kayak syifa dulu ngomong ayah juga jadinya ayam atau ayap hehehe

    ReplyDelete