Friday, September 14, 2007

AlifBaTa part 4

Memasuki masa kehamilan, sudah tidak ada lagi bedanya dengan masa kehamilan temans, yang berbeda mungkin karena hamil lebih dari 1 bayi, cepat sekali berat badanku naik, bawaannya laper mlulu dan maunya selalu minum tehmanis dingin!! Gag doyan minum air putih, langsung mual. Dan karena kehamilan ini adalah high risk, DSOG-ku menyarankan untuk bed rest, alias gag boleh ngeluyur gag boleh banyak gerak. Sempat ngalamin pendarahan memasuki bulan ke-2 yang membuat diri terpasung dengan sukses di RS Haji - Jakarta selama 27 hari.

Pendarahan yang aku alami cukup bikin stress berat aja... ketakutan akan keguguran besar sekali. Sepulang dari Penang, aku usahakan banget emang tetap bed rest di tempat tidur. cuma ya itu dia, ternyata kalo bed rest di rumah, godaannya berat banget ya. beda aja kalo kepaksa bed rest keik waktu di Penang, ato di rumah sakit. karena emang gak ada godaan aja. kalo di rumah kan ada aja alasan "pembenaran" untuk turun dari tempat tidur. yang ada telpon-lah, yang suntuk di dalam kamar-lah, pengen duduk ngadem di teras-lah, yang pengen ke rumah ibu-lah... wes pokoke godaannya banyak banget.

dan sepulang dari Penang itu sempet yang blom mau kontrol ke DSOG, karena rencananya setelah 2 minggu di Jakarta kita mau kontrol dulu terakhir ke Penang lagi. dan yang terjadi adalah.... pas bosen di kamar karena cuma sendirian di rumah, aku bangun dan nyeberang deh ke rumah ibu. waktu itu ibu udah bilang "dah dibawah aja gak usah naik, nti ibu aja yang turun..." dasar gak sabar dan ngerasa "hebad" ya dijabani deh thu tangga, naik juga. ngobrol sana sini ma ibu.... karena tiba-tiba ngerasa badan panas dingin aku pulang.

dirumah, pas ke kamar mandi.... whuaaaaaaaaa seketika nangis bombay karena liat bukan flek lagi tapi bener-bener darah yang keluar. langsung cepet cepet baring dan nelponin semua orang.... tergopoh gopoh lah ibuku datang, kemudian adikku dias, karena liat ibu dan adikku datang tergesa-gesa akhirnya tetangga kiri kanan ikutan pulak datang.... mereka maunya aku cepetan dibawa ke rumah sakit, tapi aku maunya nunggu si abang pulang dulu!! *pembangkangan yang menyebalkan kata ibuku* whuaaa... 1001 macam udah berkecamuk di dalam benak. akhirnya si abang sampai juga dirumah setelah bolak-balik ditelpon oleh orang sekampung *hiperbola banget deh* dan rumah sakit besar yang paling dekat dari rumah adalah RS Haji. wes saat itu udah gak milih lagi mo DSOG-nya siapa pokoke yang lagi praktek saat itu dan yang pasiennya paling sedikit. dan keberuntungan inilah yang mempertemukan aku dengan dr.Setyo Hermanto, DSOG, dokter yang teramat sangat baik hati dan perhatian ke aku. gak ada tawar menawar lagi, kudu bed rest. karena setelah di usg, memang ada robekan di kantung janin-ku.... whuaaaaaaa nangis bombay lagi deh. bukan sekedar bed rest lagi... tapi juga meminimalkan semua gerakan yang gak perlu. jadi bukan berarti aku di tempat tidur trus boleh balik sana balik sini, miring sana miring sini.... alhasil ya itu tadi terpasung di ranjang rumah sakit selama 27 hari!!

bulan ke-3 kehamilan barulah diketahui persis berapa bayi yang menghuni didalam rahimku. keik simlabim aja rasanya. dr.Ng Peng Wa di Penang cuma memprediksi bahwa bayi-ku lebih dari satu dilihat dari jumlah hormon kehamilan yang diatas angka normal. dan saat awal-awal kehamilan yang terlihat memang hanya ada 1 kantung janin saja. sampai masuk bulan ke-2 juga masih sama hingga keluar dari rumah sakit setelah bed rest pun kantung janin yang tampak masih hanya ada 1. barulah di awal bulan ke-3 terlihat ada 2 kantung janin, dan 2 minggu kemudian, wow... ternyata di dalam 1 kantung janin terakhir terdapat 2 janin. sehingga bisa dipastikan bahwa aku akan menimang triplet!! kembar 3!!!! jadi kemungkinan perdarahan yang kemarin aku alami adalah gugurnya 1 janin (ada 4 embrio yang ditanam).

Masuk bulan ke 4, kembali harus bed rest di RS Haji selama 2 mingguan. ada gejala kuning/ hepatitis tapi ternyata Alhamdulillah bukan…kalo menurut DSOG-ku karena hormon kehamilan (bahasa awam) yang ada didalam tubuhku lebih dari jumlah normal makanya aku ngerasain masa mual-mual yang amat sangat hebat. Bener bener gag ada lagi makanan yang masuk karena langsung keluar lagi… sampe akhirnya hampir dehidrasi sehingga membuat kulitku pucat cenderung kuning. itupun sempet aku yang gak mau dirawat gitu, alias rada-rada trauma setelah sempet hampri sebulan di rumah sakit. aku maunya dirawat aja dirumah, gak apa apa kalo kudu diinfus segala tapi tetep dirumah... ya mana bisa!!!

Kondisi badanku baru mulai nyaman setelah kandunganku masuk bulan ke-5. mulai deh sempet beberapa kali pergi ke mall, bahkan kita sempet berlibur nginep agak ke luar kota. ceritanya seh dalam rangka ulang tahunku, bapak ngasih hadiah rame-rame jalan-jalan dan nginep.

Masuk bulan ke-6 badanku sudah teramat sangat besar sekali, membuat aku dah gag bisa leluasa buat bergerak lagi. Bisanya cuma tiduran aja di tempat tidur. Disamping itu aku semakin sering ngerasain kontraksi yang membuat DSOG ku teramat sangat kuatir. Sampai akhirnya blio dengan sangat berbaik hati memberikan semua nomer telepon baik handphone, maupun telpon rumah, beserta alamat rumahnya lengkap dan jadwal blio dalam satu minggu ber-praktek dimana saja, supaya jika terjadi sesuatu kita bisa segera menghubungi blio. Dan dengan berat hati pula blio menyarankan agar kita berganti rumah sakit. Karena di RS Haji fasilitas untuk ruang ICU bayi belum ada, sementara blio sudah bisa memastikan bahwa nantinya bayi-bayi-ku memerlukan ICU begitu dilahirkan. Dan blio juga sudah bisa memastikan bahwa bayiku akan terlahir premature dengan berat badan lahir yang rendah. sebuah resiko yang sering terjadi pada kehamilan lebih dari 2. Alhamdulillah blio juga ber-praktek di RSIA Hermina-Jatinegara yang mempunyai salah satu ruang ICU bayi terbaik di Jakarta. Jadi kita hanya berganti rs saja tidak berganti dokter.


tobe continued..

10 comments:

  1. Sensitif banget ya bun kehamilannya, mana kembar 3..luar biasa deh perjuangan waktu itu.

    Ditunggu lagi kelanjutannya...

    ReplyDelete
  2. Baca ceritanya Mima, aku betul² bisa ngerasakan perjuangan seorang ibu.
    Bisa dibukukan nih ceritanya Mim.

    Ma'af Mim selama ini aku sibuuuuuk banget, jadi gak sempet mampir.
    Salam chayank buat AlifBa dr tante Vie ya.

    ReplyDelete
  3. wah baru bisa baca cerita selagi sahur nih mom...Subhanallah yah perjuangannnya.
    Klo di Denmark, ada progam bayi tabung ini,yg mana diberi 3 kali kesempatan secara GRATIS utk mencoba.
    Setelah itu biayanya harus ditanggung sendiri,mahal sekali.

    Semoga dgn perjuangan ini,semakin mengukuhkan Mom dan ayah utk mendidik Alifah dan Balqiz mjd putri yg sholehah yah.

    Salam sayang,

    ReplyDelete
  4. Ikut deg²an..
    Duh baca ceritanya aku ga bisa ngebayangin kalo dulu aku jadi 'ambil' juga. hihihi.

    Perjuangan mommy emang hebat!, Suatu hari Alifba bakal tau bagaimana bundanya menginginkan mereka..
    Insyaallah Alifba menjadi anak yg sholeha, Amin.

    ReplyDelete
  5. Subhanallah mbak aku br baca postingan ttg usaha mbak n suami pen ngedapetin anak, ternyata melalui proses yg panjang dan berliku, Alhamdulillah akhirnya dapet juga. Mdh2an Alifba sehat n bs baca tulisan ini, pasti mereka terharu... salut aku bun!

    ReplyDelete
  6. aku baca alifbata part 2..disitu ada cerita tentang tki/tkw..suamiku juga TKI tapi gak disuruh masuk terminal 3 tuh..hehehe...
    btw. ICSI itu kepanjangan dari Intra Cytoplasmic Sperm Injection, sepanjang yang aku tau Bayi Tabung itu namanya ilmiahnya IN Vitro Fertilition, Kalo ICSI sendiri adalah teknik dalam Program IVF itu sendiri...sorry neh mom aku coba bantu jelasin aja coz aku juga pernah ikut program Bayi Tabung Di Rumah Sakit BUNDA...
    btw, met puasa yah mom n maap kalo ada salah2 kata...

    ReplyDelete
  7. Hi mbak, salam kenal. Sampai merinding baca "perjuangan" mbak buat punya anak. Aku juga kembar mbak :-).

    ReplyDelete
  8. Hebat mbak prim ..perjuangan mu itu ... :) wah SALUT deh .... :)

    ReplyDelete
  9. to> bintang,
    terimakasih tambahan informasinya.

    ReplyDelete
  10. Mbak, dikau ada bakat "bandel" juga yah .. hueheheheee .. dasar!!
    Ngeri juga membayangkan pendarahan ... duhhh ..

    ReplyDelete