Sunday, September 16, 2007

AlifBaTa part 6

Sabtu, 17 September 2005, tengah malam, terbangun karena pengen pipis… nimbang nimbang akhirnya aku mencet bel juga manggil perawat buat bantu pasang pispot. Sebenarnya dilemma buat aku kalo pas bedrest begini adalah urusan ke kamar mandi. Kok ada rasa segen gitu ya bolak balik manggil perawat buat urusan pipis…. Tapi mau gimana lagi dong? Gak mungkin juga pake kateter kan!! Berhubung di infus makanya sering juga buat pipis (ada hubungannya gak seh?) nah kalo pas malem-malem begini ini yang bikin aku bingung… segan aja, mau manggil perawat takutnya mereka juga lagi ada kesibukan lain, mau mbangunin abang kasian juga…

pukul 02.00 wib dini hari aku terbangun lagi….pengen pipis (lagi!!) aku lihat abang tidur meringkuk di sofabed, selimutnya udah jatuh ke lantai. Masih sambil mikir mikir… mau ngebangunin abang, atau manggil perawat………. Lagi mikir dan mikir…. Tiba tiba…

Zcessss… keik ada yang meletus dan ngerembes!!
Langsung refleks aku teriak…
“Abang!!” alhasil meloncat dengan sukseslah si abang dari sofabed kaget dengar teriakanku, sekaligus beberapa saat kemudian pintu kamar juga terbuka karena rupanya aku juga refleks memencet bel panggilan ke ruang perawat.

Ada apa.. kenapa?... sakit?” si abang udah keliatan kalo panik
“pecah ketuban!!” aku cuma bisa ngomong gitu karena perutku langsung mules hebat. Kontraksi! Diperiksa sama perawat.. benar pecah ketuban, udah bukaan 5!!

“jangan panik jangan panik….!! Ya im, tenang… jangan panik” Kata abang sembari mondar mandir gak karuan di sisi ku…. Aku sambil nahanin mules mpe ketawa juga liat abang….ngomong “jangan panik jangan panik…” tapi keiknya yang panik dye deh…. Bukan daku! Mau panic gimana kalo daku masih terpasung dengan sukses di tempat tidur begini… kan dye yang sibuk mondar mandir gak karuan sekitaran kamar….. xixixixi…. Sampe akhirnya si abang nyadar langsung deh nyari hp buat nelponin ke rumah ibu.

Sesuai prosedur ngkali ya, sang perawat manggil bidan dari lantai 1, setelah diperiksa lagi sama bidan, baru didoronglah aku menuju ruang observasi untuk persiapan melahirkan di lantai 1. dan gag tahulah dimana si abang, aku udah gag terlalu konsen dengan keberadaannya, mengingat rasa mules dan kontraksi di perutku. yang aku inget sih perasaan gag lama ibu bapakku dianter ma adik iparku tiba-tiba udah datang. Karena gak ada persiapan buat operasi jadinya gak puasa dulu kan… dikasih deh satu sendok milanta, konon katanya biar gak mun*** (bener gak seh?) jadi, aku ngerasain sakitnya double ya temans, mules kontraksi keik mau melahirkan secara normal karena pecahnya air ketuban, plus ngerasain sakitnya abis operasi Caesar. Lengkap!!

Jam 04.00 wib aku masuk ke ruang bersalin. Disana sudah siap menunggu team dokter, yang aku kenali cuma dr. Setyo, DSOG-ku dan dr.Idham Amir, DSA. Kalo gag salah masih ada 2 dokter lagi yang ndampingi dan beberapa perawat.

Nah ini dia… karena aku menjalani proses operasi Caesar, untuk pembiusan kan dilakukan di tulang ekor, disuruh bersila dan kemudian membungkuk. Mana bisa!!! Buat bersila aja susah… apalagi ngebungkuk!! keganjel ma perut yang segede-gedenya itu… pengen rasanya nimpukin dokter anastesinya… soale dia yang rada ngomel ngomel gitu karena aku gak bisa ngebungkuk!! akhirnya sampe kudu dibantuin 3 orang perawat buat ngebungkukin badanku supaya thu jarum suntik obat bius bisa masuk!! Tolong….

Karena operasiku ini adalah operasi dengan kategori high risk, si abang gak boleh ikutan masuk buat ndampingi. Dan benernya sih jujur aku lega juga si abang gak pake acara ndampingi aku… bisa bisa thu dokter ma perawat sibuk ma si abang yang pingsan dengan suksesnya daripada ngurusin aku…. xixixixi…

Karena pengaruh obat bius, gag terlalu ngeh juga dengan proses operasinya, disamping itu karena gag pake kacamata ya jadi low vision berat aku, minus 6 gitu lho!! padahal samar samar aku benernya bisa liat dari pantulan cermin diatasku apa aja yang lagi dikerjain thu para dokter dengan perutku. Dan sempet juga ngikutin obrolan mereka, sempet denger ada suara lagu lagu tapi gag ngeh juga lagu apa itu. Rada rada ngantuk soale.

Sampai akhirnya terdengar suara tangisan yang ngelengking banget.
“Ibu ini G1*, lengkap”
Alifah Aishah Utami, 04.25 wib, 1010 gr, 35 cm


2 menit kemudian….
terdengar lagi suara tangis yang lebih pelan, seperti suara tersedu sedu
“Ibu ini G2*, lengkap”
Balqiz Baika Utami, 04.27 wib, 920 gr, 34 cm


2 menit kemudian….
tidak terdengar suara tangisan…. selang 1 menit baru terdengar suara tangisan yang lirih...
“Ibu ini G3*, lengkap”
Tantri Tamayanthi Utami, 04.29 wib, 600 gr, 28 cm



*G1 = gemili 1 = kembar ke 1
*G2 = gemili 2 = kembar ke 2
*G3 = gemili 3 = kembar ke 3



d'n

10 comments:

  1. Salaam kenal,

    Seru deh baca ceritanya Alifbata, ditunnggu part 7 nya :)

    ReplyDelete
  2. Subhanallah mba.......aku baca sambil deg2an mba, apalagi waktu liat dej tantri yg beratnya 600gr, dulu zidan ma lukman aja 1900gr 40 cm udh yg keciill bgt, apalagi alifbata ini......Subhanallah.....

    ReplyDelete
  3. Mom, aku bener² menitikkan air mata dan merinding baca part 6 ini.
    Mommy emang bener² hebat, perjuangan yg tidak sia²...

    Se... eh belom yah, tapi udah gatel aja nih pengen ucapin selamat, hiks.

    ReplyDelete
  4. Happy Birthday Alifah dan Balqiz,sehat selalu dan selalu dalam lindunganNya.Kamu hebat Mima mengatasi perjuangan itu.Andai aku jadi kamu nggak ngerti mo gimana lagi.Skrg mo proses yg ketiga kayaknya udah nyerah...hikshikshiks.
    Oh ya aku nulis di SB-mu ttg ICSI...hihihi...ternyata salah pengertian tuh aku ttg ICSI yah....beginilah kalo orang awam rak mudeng,apalagi diterangkan pake bhs Jerman...*halahh**...wis wis nyerah wae.

    ReplyDelete
  5. Perjuangan yang hebat nih Mum...sekalinya melahirkan 3 anak sekaligus.

    Gimana mau nambah anak ke 4 gag? Didoakan secepatnya..

    ReplyDelete
  6. Speechless aku Mim!
    Besar nian perjuanganmu sebagai seorang ibu. Banyak sekali tantangan yg mengandung hikmah dan membawa hikmah. Walaupun dek Tantri tidak bisa bersama kita hari ini, tapi Mima berbahagia dengan AlifBa. Dek Tanri juga sudah berbahagia disisiNya.

    ReplyDelete
  7. allahuakbar....ikutan deg2an saat alifbata mo keluar...

    subhanallah, maha suci ALlah yang memberi kehidupan...

    *masih takjub*

    ReplyDelete
  8. aku bener2 kagum sama mbak prima...bisa sabar n kuat ngeleatin semuanya...salut bgt :)

    ReplyDelete
  9. Geli aku baca saat2 suruh membungkuk .. piye toh, Dok ?!
    Pengen nimpuk dokternya gak sih, Mbak .. hahaha ..

    Subhanallah .. 3 makhluk kecil mungil itu ...

    ReplyDelete
  10. Subhanallah mba perjuangannya bener2 harus diacungin jempol...klo aku jadi mba keknya ga kuat dech
    Aku bener2 ternganga nich baca proses kelahirannya AlifBaTa.....

    ReplyDelete